Beranda / Gaya Hidup / Pertanian / Tanaman Kangkung Ditanam di Tanah vs Hidroponik

Tanaman Kangkung Ditanam di Tanah vs Hidroponik

Tanaman Kangkung Ditanam di Tanah-Darat vs Hidroponik

Tanaman Kangkung Ditanam di Tanah vs Hidroponik – Untuk orang Indonesia siapa yang tidak tahu dengan kangkung. Kangkung telah jadi santapan tiap hari untuk orang Indonesia maupun asia serupa Cina serta Malaysia. Kangkung merupakan salah satu tipe tumbuhan tropis semi- akuatik. Tumbuhan kangkung ini di ketahui mempunyai rasa serupa sayur-mayur bayam.

Kangkung di ketahui dengan tumbuhan yang mempunyai anggaran perawatan rendah. Kalian cuma butuh jumlah air yang banyak serta pupuk yang bagus buat menanam tumbuhan satu ini. Bila kalian mau menanam kangkung di rumah pasti saja mampu. Ikuti tulisan di dasar ini guna mengenali lebih dalam tentang kangkung serta metode menanam kangkung di rumah.

Apa Itu Tanaman Kangkung?

Apa Itu Tanaman Kangkung

Kangkung ataupun Ipomoea aquatica merupakan tanaman yang berkembang di air ataupun di tanah yang lembab. Tanaman kangkung ditanam di tanah yang sedikit berair atau basah. Kangkung umumnya mempunyai batang dengan dimensi kurang lebih 2-3 meter ataupun lebih.

Tumbuhan ini mempunyai pangkal serabut dan dapat mengapung. Daun kangkung umumnya berupa serupa kepala panah, tetapi terdapat pula yang berupa lain. Daun kangkung sanggup mempunyai panjang 5-15 centimeter dengan lebar 2-8 centimeter.

Tumbuhan kangkung mempunyai bunga yang berupa semacam terompet dengan diameter 3-5 centimeter serta bercorak putih dengan warna ungu muda di bagian tengahnya.

Asal Usul Tanaman Kangkung

Asal usul dari tumbuhan air ini sesungguhnya tidak begitu jelas, tetapi banyak ilmuwan yang menyepakati kalau kangkung berasal dari wilayah Asia Tenggara. Sebagian mengatakan kalau Cina ialah posisi domestikasi tumbuhan kangkung ini.

Tetapi, terdapat pula yang berkomentar kalau India ialah posisi dari asal usul tumbuhan air ini. Adapun yang jelas tanaman kangkung ditanam di tempat yang basah. Tidak hanya itu terdapat pula riset yang membuktikan kalau tumbuhan air ini asli dari Afrika. Riset ini mendatangkan perdebatan apakah kangkung memanglah flora asli dari afrika ataupun tumbuhan ini di perkenalkan oleh pelaut Tiongkok bernama Zheng He.

Tumbuhan kangkung sangat banyak kita temukan di wilayah Asia Timur, Asia Selatan serta Asia Tenggara. Kangkung tumbuh secara natural di saluran air serta memerlukan perawatan yang sedikit.

Hidangan Dari Kangkung

Tidak cuma Indonesia saja, kangkung pula sebagai kudapan tiap hari di wilayah semacam Malaysia, Cina, Thailand, Vietnam, Filipina serta juga Kamboja. Sepanjang Jepang menduduki Singapore kala Perang Dunia II, kangkung berkembang dengan sangat produktif di bermacam wilayah serta jadi tumbuhan yang terkenal pada masa peperangan.

Masakan Kangkung

Tidak cuma di wilayah Asia saja, tanaman kangkung ditanam di Australia serta Amerika Serikat juga. Wilayah Amerika Serikat yang membudidayakan kangkung yakni California, Hawaii, texas, serta Florida.

Kangkung mempunyai kemampuan yang bagus buat kita budidayakan di wilayah yang mempunyai hawa sedang. Bila di wilayah non-tropis, tumbuhan air ini dapat Anda tanam dalam wadah yang memiliki lumayan air dengan posisi yang menemukan cahaya matahari dengan pas.

Budidaya Kangkung

Kangkung ialah tumbuhan yang sangat sensitif terhadap hawa dingin. Temperatur yang bagus buat perkembangan kangkung di antara temperatur 23- 29 derajat celcius. Bila temperatur menggapai 10 derajat celcius, maka tumbuhan kangkung tidak dapat berkembang serta bakal rusak.

Perihal yang wajib digaris bawahi dalam menanam kangkung ialah, kangkung memerlukan tanah yang lembab. Umumnya, para petani bakal merendam benih kangkung hingga berkembang kecambah guna menentukan apakah benih tersebut bagus ataupun tidak.

Umumnya, tanaman kangkung ditanam di tanah maupun hidroponik siap panen kurang lebih 45-50 hari sesudah pembibitan. Guna memanen kangkung pilihlah tunas paling atas, tinggalkan kurang lebih 2 inchi dari batang dasar guna menekan perkembangan kangkung baru yang dapat dipanen lagi nanti. Panen kangkung sebelum mekar lagi sehingga dapat memperoleh mutu kangkung yang baik.

Mengkonsumsi Kangkung

Pada saat dijual di pasaran, biasanya kangkung banyak ditemui dalam wujud bundel dengan bermacam dimensi. Buat memilah kangkung yang bagus di pasaran, memilih yang berdaun besar serta hijau agak tua sebab kangkung ini mempunyai aroma yang lebih harum dibanding kangkung yang berdaun kecil.

Seikat Kangkung Dijual

Jangan gunakan daun yang bercorak kuning ataupun layu. Jauhi pula memilah kangkung yang telah rusak ataupun tidak fresh. Guna melindungi kesegaran kangkung, simpan di ruangan yang sejuk. Kalian dapat menyimpannya di lemari es dengan sayur- mayur hijau yang lain.

Sebelum komsumsi sayur- mayur ini, alangkah baiknya untuk mencuci kangkung dengan air bersih mengalir, kemudian rendam dengan air garam kurang lebih 20- 30 menit guna menghilangkan telur- telur parasit ataupun cacing air.

Cara ini berguna sebab tanaman kangkung ditanam di perairan yang biasanya terdapat banyak bakteri. Sehabis itu, kalian dapat keringkan dengan kain lembut ataupun tisu dapur. Potong batang yang keras, batang yang lembut pastinya dapat pula dimasak.

Kangkung mempunyai rasa yang manis serta lembut. Sebab tumbuhan ini berkembang produktif di wilayah perairan, tekstur kangkung jadi sedikit berair. Kalian dapat memasak sayur- mayur ini dengan metode kukus sehingga dapat menghadirkan rasa yang kontras antara batang yang renyah serta daun kangkung yang empuk serta fresh.

Tidak hanya metode kukus, kangkung pula dapat Anda masak dengan metode tumis bersama bumbu-bumbu yang lain semacam bawang putih serta bawang merah. Lebih baik membeli kangkung di tempat yang bersih ataupun bisa jadi kalian dapat menanamnya sendiri di taman rumah belakang guna melindungi mutu kangkung.

Tanaman Kangkung Ditanam di Tanah atau di Darat

Tanaman Kangkung Ditanam di Tanah

Kangkung merupakan salah satu sayur- mayur yang sangat gampang buat ditanam. Tidak memerlukan perawatan yang mahal asalkan tanah yang digunakan senantiasa lembab. Kalian malahan dapat mengawali menanam kangkung di dalam wadah. Yakinkan buat memperoleh sinar yang lumayan dan serta air. Menanam kangkung dapat dicoba sepanjang tahun sebab Indonesia ialah wilayah tropis. Berikut metode menanam kangkung yang dapat kalian praktekkan di rumah.

1. Memastikan Lokasi

Lokasi Menanam Kangkung

Perihal awal yang wajib kalian jalani saat sebelum menanam kangkung yakni memastikan letak buat menanamnya. Yakinkan posisi buat menanam kangkung memperoleh sinar cahaya matahari yang baik. hal ini di perlukan sebab kangkung ialah tumbuhan yang memerlukan sinar matahari buat berkembang dengan baik. Menanam kangkung di pinggiran kolam ikan yang terserang cahaya matahari juga dapat Anda jadikan opsi.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Media Tanam Kangkung

Tanaman kangkung ditanam di tanah yang kaya akan isi organik akan menjadikannya lebih produktif. Saat sebelum mempersiapkan tanah, alangkah baiknya kalian juga mempersiapkan konten- konten organik sebanyak yang kalian dapat. Meningkatkan pupuk kandang ataupun pupuk kompos buatan sendiri sangat baik buat mendukung perkembangan kangkung.

3. Membeli Bibit

Bibit Kangkung

Tumbuhan kangkung dapat Anda tanam mulai dari bijinya ataupun dengan metode stek. Kalian dapat membeli bibitnya di toko tumbuhan ataupun secara daring. Kalian juga dapat mengawali menanam kangkung dengan stek.

4. Penanaman

Menanam Kangkung

Tumbuhan kangkung sangat gampang berakar dari stek. Menanam dengan metode stek ialah metode termudah dalam menanam kangkung. Bila kalian mau menanam kangkung dari benihnya, rendam benih kangkung sepanjang 24 jam sebelum penyemaian guna meningkatkan cabang kangkung dari bijinya.

Perendaman ini bakal menolong biji berkecambah lebih kilat dan tanaman kangkung ditanam di tanah akan cepat tumbuh. Bila telah menunggu sepanjang 24 jam, taruh benih di media tanam yang telah kalian siapkan. Butuh Anda ingat, menanam bibit kangkung dengan jarak 6 inchi bakal lebih bagus buat perawatan nantinya.

5. Perawatan Kangkung

Merawat Tanaman Kangkung

Sesungguhnya, tumbuhan kangkung tidak memerlukan perawatan yang berlebihan. Tetapi, perawatan ekstra buat tumbuhan kangkung bakal sangat baik buat perkembangan kangkung. Kalian cuma butuh air yang lumayan sehingga tumbuhan kangkung dapat berkembang dengan produktif. Berikan pupuk ekstra sesungguhnya tidak wajib. Tetapi bila ingin kalian dapat memperbanyak pupuk organik ke dalam tanah.

Biasanya, tanaman kangkung ditanam di tanah yang basah, sehingga menyiramnya secara teratur pastinya bakal memberikan hasil yang baik buat pertumbuhannya. Jangan lupa buat mengatur gulma yang terdapat pada tumbuhan kangkung. Gulma dapat melenyapkan sebagian besar nutrisi dari tanah sehingga dapat membatasi perkembangan kangkung.

6. Panen

Memanen Kangkung

Tumbuhan kangkung berkembang dengan sangat kilat. Kalian dapat memanen kangkung sehabis 4- 6 pekan sesudah masa penanaman. Kalian dapat memanen daunnya ataupun keseluruhan kangkung. Bila kalian memotong batang kangkung serta menyisakan beberapa inchi bakal menolong tumbuhan kangkung berkembang kembali.

Tanaman Kangkung Ditanam di Media Hidroponik

Tanaman Kangkung Ditanam di Hidroponik

Tidak hanya memakai media tanah, menanam kangkung pula dapat Anda coba secara hidroponik. menanam kangkung secara hidroponik pula mempunyai mutu yang lebih baik daripada kangkung yang biasa di tanam dengan memakai tanah. Saat sebelum menanam kangkung secara hidroponik, butuh Anda ketahui pemilihan bibit yang baik. Berikut merupakan metode menanam kangkung secara hidroponik.

1. Mempersiapkan Perlengkapan

Peralatan Menanam Kangkung Hidroponik

Sebagian peralatan yang wajib di siapkan saat sebelum menanam kangkung secara hidroponik yakni, benih kangkung yang dapat kalian beli di toko tanaman ataupun marketplace, baskom berjaring, baskom ataupun ember, dan air.

2. Pilih Benih Kangkung

Benih Kangkung Hidroponik

Sebelum menanam kangkung, alangkah baiknya buat menyeleksi benih kangkung yang bagus ataupun yang kurang baik. Metode menyeleksi benih kangkung yang bagus dapat di coba dengan rendam benih yang telah di beli serta di seleksi dalam wadah serta biarkan sepanjang 24 jam. Bila terdapat benih yang mengapung, buang. Benih yang senantiasa tenggelam menunjukkan benih tersebut mempunyai mutu yang bagus dan tanaman kangkung di tanam di media hidroponik akan maksimal. Sehabis itu jalani proses penyemaian.

3. Menyemai Benih

Menyemai Kangkung Hidroponik

Bila kalian telah menyeleksi benih kangkung dengan baik, langkah berikutnya merupakan penyemaian. Letakan baskom yang berlubang di atas baskom biasa. Isi air sampai air menyentuh permukaan baskom berlubang. Butuh di ingat buat menaburkan benih secara merata serta jangan begitu banyak menempatkan benih sangat banyak dalam satu wadah. Bila hal tersebut telah di lakukan, jemur di dasar cahaya matahari langsung.

4. Perawatan selanjutnya

Perawatan Tanaman Kangkung Ditanaman di Media Hidroponik

Memberikan nutrisi dapat dicoba buat memacu proses perkembangan kangkung. Kalian dapat memberikan 5ml kombinasi nutrisi dengan 1 liter air. Pada saat telah 2 pekan lamanya, tambahkan nutrisi semacam sesi awal. Kalian dapat meningkatkan 10 ml nutrisi ke dalam 1, 5 liter air. Jalani secara teratur sampai waktu panen datang.

5. Memanen Kangkung

Memanen Kangkung Hidroponik

Tanaman kangkung ditanam di media hidroponik dapat di panen kala berusia 21- 25 hari semenjak penanaman. Bila kalian terlambat memanen kangkung, bakal muncul rasa pahit pada batang serta daun kangkung. Kalian dapat mencabut langsung ke pangkal ataupun memotong sebagian batang kangkung.

Rekomendasi Berita Terbaru