7 Tips Mengelola Uang untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anda

Jalan menuju keuangan yang lebih baik dimulai dengan mengubah cara mengelola uang Anda. Tak perlu gaji besar atau punya warisan banyak untuk sejahtera
Tips Pengelolaan Uang untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Anda tidak harus punya pekerjaan dengan gaji tinggi atau harus dapat warisan dulu untuk bisa meningkatkan kesejahteraan. Pengelolaan uang yang lebih baik adalah kunci utamanya. Pengelolaan uang yang baik bisa mengurangi pengeluaran bulanan, meningkatkan kemampuan untuk berinvestasi dan menabung, serta mencapai tujuan keuangan yang sebelumnya tampak mustahil.

Bahkan jika saat ini Anda sedang merasa keuangan pribadi terjebak di tempat yang buruk tanpa jalan keluar sekalipun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan situasi yang lebih baik di masa depan. Berikut adalah tujuh tips yang bisa Anda lakukan untuk memulainya.

1. Lacak Pengeluaran Anda

Jika Anda tidak tahu apa dan di mana Anda menghabiskan uang setiap bulannya. Kemungkinan besar kebiasaan belanja pribadi Anda tidak terlalu baik.

Pengelolaan uang yang lebih baik dimulai dengan kesadaran akan pengeluaran. Gunakan aplikasi pengelolaan uang untuk melacak pengeluaran di semua kategori, dan lihat sendiri berapa banyak yang Anda belanjakan untuk hal-hal yang tidak penting. Seperti makan di luar, hiburan, dan bahkan untuk membeli makanan kecil sekalipun. Setelah Anda mendidik diri sendiri tentang kebiasaan ini, Anda dapat membuat rencana untuk meningkatkannya.

2. Buat Anggaran Bulanan yang Realistis

Gunakan kebiasaan pengeluaran bulanan Anda, serta gaji bulanan Anda, untuk menetapkan anggaran yang Anda tahu dapat Anda gunakan.

Tidak ada gunanya mengatur anggaran yang terlalu ketat dan menimbulkan perubahan drastis. Seperti tidak pernah makan di luar atau ngopi bersama teman dan kerabat, yang padahal Anda memerlukannya. Buat anggaran yang realistis dan tetap memerhatikan diri Anda. Anda tetap boleh melakukan gaya hidup dan kebiasaan belanja Anda seperti sebelumnya, namun harus realistis. Hitung dan lakukan sesuai dengan kemampuan yang Anda bisa.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk melihat anggaran sebagai cara untuk mendorong kebiasaan yang lebih baik. Seperti makan di rumah lebih sering bersama keluarga, membuat makanan ringan sendiri di rumah. Selain akan lebih hemat, Anda juga akan punya waktu yang lebih berkualitas.

3. Tingkatkan Tabungan Anda—Meskipun Butuh Waktu

Siapkan dana darurat yang dapat Anda gunakan ketika berada pada keadaan tak terduga. Sekalipun mungkin Anda hanya menyisihkan sebagian kecil setiap bulan. Namun dana tersebut dapat menyelamatkan Anda dari situasi berisiko, seperti ketika tidak mampu membayar tagihan bulanan tepat waktu. Anda dapat menghindarkan diri dari meminjam uang dengan suku bunga tinggi.

Selain itu, Anda juga harus menyisihkan uang untuk dimasukan ke tabungan masa depan. Agar dapat memperkuat keamanan finansial Anda jika saja terjadi kehilangan pekerjaan, misalnya. Gunakan aplikasi autodebet agar sekaligus membiasakan diri untuk menyimpan uang.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan tepat waktu adalah cara termudah dalam mengelola uang dengan bijak. Kebiasaan ini dapat membantu Anda menghindari biaya keterlambatan, serta melatih diri untuk memprioritaskan pengeluaran yang bersifat penting. Riwayat pembayaran tepat waktu yang kuat juga dapat meningkatkan skor kredit Anda dan meningkatkan suku bunga Anda.

5. Kurangi Biaya Berlangganan yang Jarang Digunakan

Apakah Anda berlangganan layanan yang tidak pernah Anda gunakan? Seperti layanan streaming atau aplikasi seluler misalnya. Layanan seperti ini bisa membebani rekening bank Anda, yang bahkan Anda tidak menggunakannya secara rutin. Tinjau pengeluaran Anda untuk tagihan seperti ini, dan pertimbangkan untuk membatalkan langganan yang tidak perlu untuk menyimpan lebih banyak uang setiap bulan.

6. Biasakan Membeli Secara Tunai

Jenis pinjaman dan cicilan tertentu dapat membantu Anda saat melakukan pembelian barang, seperti gadget, perabotan, atau bahkan kendaraan dan rumah. Tetapi untuk jenis pembelian barang non produktif dan non esensial, metode pembayaran tunai adalah pilihan paling aman dan paling murah.

Ketika Anda membeli secara tunai, Anda menghindari untuk membayar bunga dan menciptakan utang yang membutuhkan waktu berbulan-bulan—atau bahkan, seringkali, bertahun-tahun—untuk melunasinya. Sementara itu, jika uang tersebut Anda simpan dalam sarana investasi, bisa lebih menguntungkan karena adanya imbal hasil yang bisa Anda peroleh.

7. Mulai Strategi Investasi

Sekalipun kemampuan Anda untuk berinvestasi terbatas, menyisihkan sebagian kecil uang ke akun investasi dapat membantu Anda menggunakan uang hasil kerja keras untuk menghasilkan uang lain yang lebih banyak.

Cari tahu jenis investasi apa yang bisa Anda masuki dengan dengan dana terbatas. Kemudian pilih yang memiliki imbal hasil paling tinggi dan masih masuk akal. Hindari iming-iming investasi dengan kedok imbal hasil yang tinggi dan instan, namun tidak masuk akal.

Kesimpulan

Jalan menuju keuangan yang lebih baik dimulai dengan mengubah kebiasaan Anda sendiri. Beberapa dari perubahan ini akan terasa lebih mudah untuk dikerjakan daripada yang lainnya. Tetapi jika Anda tetap berkomitmen pada transformasi ini, Anda akan mendapatkan keterampilan pengelolaan uang yang hebat dan akan membantu Anda sepanjang hidup ke depannya. Hingga akhirnya, Anda akan memiliki lebih banyak uang dalam tabungan.