var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Turn off AdBlock on the browser to view the content of this site.' }, slider: { pakai: false, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Selanjutnya', prev: 'Sebelumnya', latest: 'Ini Terbaru', oldest: 'Ini Terlama' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Tips Foto Produk Dengan HP Agar Terlihat Keren Untuk Promosi

Tips Foto Produk Dengan HP Agar Terlihat Keren Untuk Promosi

Mengambil foto produk dengan HP tidak selalu hasilnya lebih jelek ketimbang menggunakan kamera profesional. Apalagi mengingat di zaman sekarang, sudah banyak sekali brand smartphone yang mengeluarkan tipe gawai dengan kamera beresolusi tinggi serta fitur berlimpah. Hal ini memungkinkan penggunanya bisa memotret sebuah produk dengan hasil yang bagus dan keren.

Foto produk, baik itu berupa makanan, baju atau pakaian, serta barang-barang lainnya, sangat berguna untuk keperluan promosi. Terutama yang berkaitan dengan media sosial. Yang mana pemilik produk harus secara rutin memperbarui status dan foto produknya setiap hari. Jadi akan sangat merepotkan jika si pemilik usaha harus menggunakan kamera besar, hanya untuk foto produk yang sederhana.

Table of Content:

  1. Memotret Dengan Resolusi Tinggi
  2. Gunakan Alat Tambahan Seperti Tripod
  3. Pilih Background yang Sesuai Dengan Produk
  4. Pastikan Pencahayaan Cukup dan Sesuai
  5. Gunakan Fitur Editing Sebaik Mungkin Untuk Foto Produk dengan HP
  6. Penutup

Tips Foto Produk Dengan HP Agar Terlihat Keren Untuk Promosi Untuk Promosi di Media Sosial

Agar kamu bisa mendapatkan hasil foto produk yang keren dengan hanya bermodalkan kamera HP. Bisa mengikuti tips dan trik sederhana di bawah ini. Tidak harus memiliki keahlian khusus layaknya fotografer profesional. Tapi cukup dengan memanfaatkan fitur yang ada pada kamera HP kamu saja.

1. Memotret Dengan Resolusi Tertinggi

Tips Foto Produk Dengan HP Memotret Resolusi Tertinggi

Foto produk dengan HP bisa terlihat keren dan bagus untuk keperluan promosi di medsos jika kamu memotret menggunakan resolusi tertinggi. HP era saat ini seringkali terdiri dari beberapa lensa untuk kamera utamanya. Silahkan switch atau pilih ke lensa dengan resolusi paling tinggi di smartphone kamu. Hal ini akan mempermudah kamu untuk melakukan pemrosesan gambar produk di tahap selanjutnya.

Selaras dengan itu, hindari untuk penggunaan fitur zoom atau memperdekat objek produk. Karena ketika resolusinya terlalu rendah, maka meski angel foto produk kamu bagus. Itu akan mengurangi detail dan menjadikannya tidak menarik, serta terkesan seadanya. Usahakan juga untuk tidak menggunakan filter tambahan dan biarkan tampak original.

2. Gunakan Alat Tambahan Seperti Tripod

Tips Foto Produk Dengan HP Menggunakan Alat Tambahan Seperti Tripod

Mengambil foto produk dengan HP seringkali terkendala dengan fokus yang tidak terlalu baik. Sehingga memakai perlengkapan tambahan seperti tripod dan alat lainnya akan sangat berpengaruh. Memotret hanya dengan tangan kosong dapat menjadikan hasil gambar dari produk kamu tidak jelas. Karena itulah penggunaan tripod akan sangat berguna untuk membuatnya stabil.

Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, tidak harus membeli tripod atau alat lain untuk mendukung proses pemotretan. Kamu bisa mengakalinya dengan cara menyandarkan HP ke suatu barang atau tempat. Intinya penggunakan harus bisa memastikan bahwa kameranya tidak goyang saat sedang memotret produk.

3. Pilih Background yang Sesuai Dengan Produk

Tips Foto Produk Dengan HP Memilih Background yang Sesuai Produk

Foto produk dengan HP akan tampak lebih bagus jika kamu bisa memadupadankan antara objek utama dan backgroundnya. Memilih background yang terlalu ramai dan kompleks akan mengganggu pandangan dari produk utama. Sementara background yang terlalu sederhana juga bakal mengesankan ketidak menarikannya. Silahkan cari dan pilih latar belakang yang pas untuk foto produk kamu, agar tetap tampak keren namun tidak berlebihan.

Pemilik usaha bisa mengambil background dengan warna terang untuk lebih menonjolkan produknya. Tambahkan sedikit pemanis yang berkaitan dengan produk itu sendiri. Tata sedemikian rupa dan perhatikan sisi artistiknya. Jika kamu pintar dalam menyusunnya, tidak akan ada yang menyangka bahwa kamu hanya memotretnya menggunakan kamera HP saja.

4. Pastikan Pencahayaan Cukup dan Sesuai

Tips Foto Produk Dengan HP Pastikan Pencahayaan Cukup dan Sesuai

Satu hal yang juga penting untuk foto produk dengan HP adalah pencahayaan. Kita tahu bahwa kamera HP seringkali agak susah untuk kita ajak memotret di tempat gelap. Meski tentu saja sekarang sudah banyak fitur-fitur canggih seperti night mode, namun itu tidak cukup bagus. Kamu juga tidak bisa menggunakan terlalu banyak cahaya, karena hal itu akan berpengaruh terhadap kualitasnya.

Usahakan menggunakan lampu khusus juga punya, atau memanfaatkan cahaya matahari. Kami tidak menyarankan kamu hanya memanfaatkan cahaya lampu biasa yang ada di rumah. Karena biasanya tidak terlalu terang untuk bisa menampilkan produk yang hendak kamu foto. Hindari juga menggunakan objek foto yang memantulkan cahaya. Kecuali jika memang kamu memiliki tujuan tertentu.

5. Gunakan Fitur Editing Sebaik Mungkin Untuk Foto Produk dengan HP

Gunakan Fitur Editing Sebaik Mungkin Untuk Foto Produk dengan HP

Layaknya para fotografer profesional, mereka tidak mungkin mengambil secara mentah hasil jepretannya. Ada proses editing yang perlu dilakukan untuk memberi kesan tersendiri terhadap hasil gambarnya. Apakah sudah sudah sesuai dengan konsep yang kita inginkan atau belum. Serta memperbaiki beberapa bagian yang mungkin saja kita anggap kurang bagus.

Hal semacam itu juga berlaku untuk kamu yang mengandalkan kamera HP untuk memotret produk. Manfaatkan pengaturan kecerahan dan kontras adalah salah satu yang paling dasar. Atau jika ingin membuatnya lebih keren, kamu bisa menggunakan filter atau efek yang biasanya ada secara default di setiap HP. Jika terasa masih kurang, kamu juga bisa menginstal aplikasi foto editing yang banyak tersedia di toko aplikasi.

Penutup

Tips Foto Produk Dengan HP Agar Terlihat Keren Untuk Promosi

Itulah beberapa tips dan trik mengambil foto produk dengan HP agar hasilnya terlihat bagus dan keren. Kamu mencobanya untuk unggah di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau langsung ke platform marketplace. Jika ada yang kurang dan perlu kamu tanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Penulis & Editor : Noval Irmawan
Gambar : Istimewa

Berita Terkait

Posting Komentar