var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Turn off AdBlock on the browser to view the content of this site.' }, slider: { pakai: false, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Selanjutnya', prev: 'Sebelumnya', latest: 'Ini Terbaru', oldest: 'Ini Terlama' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Fakta! Orang Indonesia Pengguna HP Terlama Kedua di Dunia

Orang Indonesia Pengguna HP Terlama Kedua di Dunia

Sedikit sekali yang menyedari bahwa faktanya orang Indonesia adalah pengguna HP harian terlama kedua di dunia. Hal ini mengkonfirmasi bahwa pandemi COVID-19 menjadikan screen time pemakai smartphone naik tajam.

Sebuah laporan dari perusahaan analitik App Annie mengungkapkan bahwa pada kuartal dua 2021, pengguna ponsel di Indonesia telah menghabiskan waktu selama 5,3 jam per hari. Perusahaan tersebut mendata pemakaian HP di seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia.

Angka screen time warga +62 tersebut naik 35% dari kuartal kedua tahun 2019 lalu. Ini artinya bahwa seiring kebiasaan berkegiatan di rumah, smartphone menjadi salah satu alat yang paling sering bersentuhan dengan orang Indonesia.

Pengguna HP Terlama Kedua di Dunia

Berdasarkan data tersebut, negara Indonesia menempati peringkat kedua penggunaan HP harian terlama di bawah Brasil. Negara di benua Amerika tersebut sedikit lebih unggul dengan screen time smartphone selama 5,4 jam per hari rata-rata. Meningkat sebesar 30% jika dibandingkan dengan tahun 2019 di kuartal yang sama.

Sementara itu, negara-negara Asia yang juga menjadi pengguna HP harian terlama yakni India (4,9 jam), Korea Selatan (4,8 jam), Turki (4,5 jam), Jepang (4,4 jam) dan China (3,1 jam). Orang Indonesia cenderung menghabiskan waktu dengan bermain smartphone. Apakah itu untuk menghabiskan waktu luang maupun untuk pekerjaan.

Dalam data yang sama juga menyebutkan untuk pertumbuhan durasi screen time aplikasi smartphone paling pesat yakni negara Rusia dan Turki. Durasi pemakaian smartphone di Rusia naik 45%, dan di Turki naik 40%.

Nilai Belanja Online Juga Naik

Selaras dengan semakin lamanya durasi screen time aplikasi, nilai belanja online yang melibatkan aplikasi tersebut juga naik. Secara keseluruhan, kegiatan belanja online di toko aplikasi di seluruh dunia mencapai angka USD 34 miliar pada kuartal dua tahun 2021. Naik drastis berbanding kuartal pertama di tahun yang sama, di mana angkanya hanya USD 2 miliar saja.

Untuk wilayah Asia Pasifik, tingkat kepopuleran aplikasi yang menyediakan fitur toko dan pembelian cukup beragam. Mulai dari aplikasi dalam kategori utilitas seperti Google Classroom dan Fast Cleaner, lalu ada aplikasi food delivery seperti McDonald's China, maupun aplikasi berita online seperti SmartNews.

Adapun aplikasi Mobile Game terpopuler di kawasan Asia Pasifik ada Ni no Kuni: Cross Worlds. Game tersebut paling banyak di mainkan di negara seperti Jepang dan Korea Selatan. Ni no Kuni adalah mobile game dengan genre RPG yang memiliki gaya permainan mirip seperti Studio Ghibli dalam Nintendo DS tahun 2010.

Berita Terkait

Posting Komentar