var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Turn off AdBlock on the browser to view the content of this site.' }, slider: { pakai: false, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Selanjutnya', prev: 'Sebelumnya', latest: 'Ini Terbaru', oldest: 'Ini Terlama' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Cara Cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id Dengan Mudah

Cara Cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id Dengan Mudah

Cara cek bansos bisa melalui link cekbansos.kemensos.go.id. Pada laman tersebut kamu bisa memeriksa apakah data yang kamu masukan termasuk ke dalam penerima Bantuan Sosial (bansos) Tunai (BST) yang pemerintah berikan atau tidak.

BST hadir dengan tujuan untuk sedikit meringankan beban hidup masyarakat yang tergolong sebagai warga miskin. Mengingat tekanan ekonomi di masa pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini.

Sebagaimana kita ketahui, proses penyaluran bansos tunai yang memiliki besaran Rp 300.000 per bulan tertunggak selama dua bulan hingga saat ini ketika berlangsung PPKM Darurat tahun 2021. Sehingga pemerintah melalui Kementerian Sosial bakal menggelontorkan bansos sekaligus untuk periode Mei dan Juni pada bulan ini, Juli 2021.

Dengan begitu, masyarakat yang termasuk ke dalam penerima bansos tunai akan menerima uang total sebanyak Rp 600.000. Dalam data yang ada, jumlah penerima BST adalah sebanyak 10 juta penerima. Adapun untuk masyarakat yang merupakan keluarga penerima manfaat (KPM), dapat melakukan pengecekan statusnya di link cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id

Pendistribusian bansos tunai akan melalui PT Pos Indonesia. Sementara untuk penerima PKH bantuan akan dilakukan melalui Bank Himbara, seperti Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank Mandiri.

Berikut kami rincikan cara cek bansos melalui link cekbansos.kemensos.go.id:

  • Buka situs web https://cekbansos.kemensos.go.id.
  • Jika sudah masuk, pilih lokasi penerima, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan, serta desa/ kelurahan.
  • Ketikan data nama penerima sesuai yang tertera pada KTP.
  • Masukkan kode verifikasi berupa dua kata yang tertulis dalam kotak kode.
  • Jika sudah benar, tekan tombol pencari data.
  • Maka data penerima bansos tunai akan tertampil.

Cara cek bansos tunai di laman cekbansos.kemensos.go.id dapat kamu lakukan menggunakan HP maupun komputer.

Bantuan Sosial Selama PPKM Darurat 2021

Selain berupa bantuan tunai sebesar Rp 600.000, kementerian sosial juga memberikan paket sembako berupa beras sebanyak 10 kg. Bantuan sembako ini juga berlaku untuk kamu yang memiliki status sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Bagi keluarga penerima manfaat PKH akan mendapatkan bantuan tunai yang besarnya tergantung pada kondisi keluarga yang bersangkutan. Untuk keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil dengan anak di usia dini, makan akan memperoleh bansos tunai sebesar Rp 3 juta.

Sedangkan bagi keluarga yang di dalamnya terdapat anak di usia sekolah SD. Makan akan menerima uang tunai sejumlah Rp 900.000. Adapun keluarga dengan anak yang sekolah SMP akan menerima uang sebesar Rp 1,5 juta. Sementara untuk keluarga dengan anak sekolah tingkat SMA akan mendapatkan uang sebesar Rp 2 juta. Lain lagi bagi keluarga yang yang di dalamnya terdapat anggota dengan disabilitas serta lansia, akan menerima Rp 2,4 juta.

Seperti itulah cara cek bansos tunai di tautan cekbansos.kemensos.go.id. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kehidupan kembali normal. Sehingga kita tidak lagi harus berharap pada bantuan pemerintah untuk bisa merasa bahagia. Karena harusnya kitalah yang berkontribusi untuk negeri tercinta ini.

Berita Terkait

Posting Komentar