olNGIb4NkK5r2x7x4oG3GpEzizVpnY6KNCck9cym

5 Fitur Keamanan Telegram Ini Kunci Chat Rahasia Kamu

5 Fitur Keamanan Telegram Ini Kunci Rahasia Chat Kamu

Telegram adalah platform perpesanan berbasis aplikasi yang populer berkat fitur keamanannya yang paling aman. Selain itu, fitur-fitur Telegram juga lebih mudah kita custom ketimbang pesaingnya seperti WhatsApp.

Lalu, kira-kira apa saja fitur keamanan Telegram yang sangat berguna untuk menjaga kerahasiaan isi chat penggunanya. Berikut kami ulas di bawah ini:

1. Fitur Lock Chat

Risih jika isi chat kamu ada yang ngintip? Atur fitur Lock Chat dengan cara pilih Setting => Privacy and Security => Passcode and Touch ID => Pasang PIN atau Touch ID. Dengan demikian, isi chat kamu dapat secara otomatis terkunci ketika aplikasi Telegram tidak kamu gunakan dalam beberapa menit. Jika sudah mengatur PIN atau touch ID, selanjutnya kamu langsung bisa tekan tombol lock chat di bagian atas layar untuk mengaktifkan fitur kemanan Telegram kapanpun.

2. Secret Chat

Fitur secret chat yang ada di aplikasi Telegram pada dasarnya merupakan end-to-end encrypted yang juga ada pada WhatsApp maupun Signal. Jadi, fitur Secret Chat menjadikan tidak akan ada pihak ketiga yang dapat mengintip pesan kamu bersama orang lain, termasuk pihak Telegram sendiri. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya cukup buka kontak orang yang akan kamu kirim chat, lalu klik namanya, setelah itu klik Start Secret Chat pada ikon more.

3. Two-Step Verification

Apabila kamu mengaktifkan fitur ini, aplikasi Telegram akan mengharuskan penggunanya memasukkan password setiap hendak login ke dalam akun. Baik menggunakan perangkat baru ataupun perangkat lama. Password tersebut juga wajib kamu masukkan sebagai pendamping pengaman OTP (one-time password) yang bakal keluar saat pengguna login ke akun Telegram pada perangkat anyar.

4. Server Proxy

Telegram juga mendukung server proxy. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP address dengan cara mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus. Pada dasarnya, cara kerja fitur ini sama seperti VPN Connection.

5. Hapus Pesan

Di Telegram kamu bisa menghapus pesan yang sudah terkirim kapan pun dan tanpa ada batas waktu. Jadi, kalau kamu ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, kamu masih bisa melakukannya.

Baca juga

Berita Terkait

Posting Komentar