var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Turn off AdBlock on the browser to view the content of this site.' }, slider: { pakai: false, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Selanjutnya', prev: 'Sebelumnya', latest: 'Ini Terbaru', oldest: 'Ini Terlama' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Xiaomi Rilis Mix Fold, Ponsel Lipat yang Penuh Kemewahan

Xiaomi Rilis Mix Fold, Ponsel Lipat yang Penuh Kemewahan

Xiaomi mengenalkan ponsel layar lipat mereka yang disebut dengan nama Mix Fold. Pengenalan gadget baru ini bersamaan dengan peluncuran Mi 11 Ultra. Adapun lini baru mereka ini dimungkinkan untuk bersaing dengan brand yang sudah lebih dulu hadir, yakni Samsung Galaxy Z Fold series.

Di awal debutnya ini, Mix Fold menawarkan ketangguhan dan kemewahan kepada penggunanya. Salah satu yang paling ketara adalah dengan penggunaan Gorilla Glass yang bertekstur keramik pada bagian belakang Mix Fold versi standar. Ada pun untuk edisi khususnya menggunakan keramik hitam dengan ukiran laser, serta penggunaan emas pada bingkai tengah dan tombol volumenya.


Menjanjikan Pengalaman Audio Visual Premium

Konsep yang diusung hampir sama dengan saingannya itu, yakni menggunakan layar di masing-masing sisinya. Pada bagian luar, Mix Fold menggunakan layar berukuran 6,52 inci dengan panel AMOLED yang memiliki resolusi 840 x 2.520 pixel. Layar ini memiliki aspek rasio 27: 9.

Sementara bagian dalamnya, yakni layar utama untuk ponsel lipat ini menggunakan panel AMOLED dengan ukuran 8.01 inci. Ukurannya penuh dengan bentuk lebih mengotak. Aspek rasionya 4:3 yang memiliki resolusi 2.480 x 1.860 pixel. Ponsel ini sudah mendukung HDR10+ dan Dolby Vision.

Dalam upaya memaksimalkan potensi layar besarnya untuk penggunaan pemutaran video, Mix Fold dibekali dengan empat speaker Harman Kardon. Xiaomi mengklaim speakernya itu memiliki kualitas 40% lebih bagus dibanding Mi 10 Pro.

Lebih lanjut, Xiaomi juga membangun algoritme audio spasial 3D untuk ponsel ini. Dimana itu menawarkan pengalaman mendengarkan audio yang lebih imersif.


Kamera Kelas Atas

Xiaomi menyematkan tiga buah kamera pada bagian luar Mix Fold. Kamera utamanya menggunakan lensa 108 MP. Lensa kedua, yakni lensa ultra-wide dengan resolusi 13 MP. Dan kamera ketiganya yang cukup unik, yakni menggunakan lensa liquid 8 MP yang dapat berfungsi sebagai kamera telephoto 30x atau pun kamera makro.

Ketiga kamera tersebut dapat menghasilkan gambar dengan kualitas kelas atas karena didukung oleh chip pemprosesan gambar yang disebut Xiaomi dengan nama Surge C1. Chip tersebut adalah hasil pengembangan yang dilakukan oleh Xiaomi sendiri.

Surge C1 akan berjalan dengan menerapkan algoritma tiga proses otomatisasi, yakni Fokus Otomatis, Pencahayaan Otomatis, dan Keseimbangan Putih Otomatis. Xiaomi menyebut chip ini tidak akan memakan banyak sumber daya.


Dibekali Prosesor Snapdraggon 888

Mix Fold ditenagai oleh Snapdragon 888 yang diracik dengan RAM LPDDR5 hingga 16 GB. Memori internal yang disediakan 256 GB dan 512 GB.

Diberikan sistem pendingin Butterfly yang mengombinasikan ruang udara yang besar, gel termal dan lapisan lembaran grafit. Secara keseluruhan, Mix Fold menawarkan total area pembuangan panas seluas 22.583 mm persegi.

Sementara untuk mendukung performa ponsel lipat itu, Mix Fold menggunakan baterai 5.020 mAh dengan teknologi pengisian cepat 67W. Menjanjikan baterai terisi penuh hanya dalam waktu 37 menit saja.


Harga Xiaomi Mix Fold

Xiaomi Mix Fold mulai dijual perdana di negeri asalnya China pada Selasa (30/3/2021) dengan metode pemesanan awal. Adapun unit pertamanya akan tersedia mulai 16 April 2021.

Berikut daftar harga Xiaomi Mix Fold:

- Mix Fold 12 GB / 256GB harga 9.999 yuan (Rp 22,2 juta)

- Mix Fold 12 GB / 512GB harga 10.999 yuan (Rp 24,4 juta)

- Mix Fold 16 GB/ 512GB harga 12.999 yuan (Rp 28,8 juta)

Sebagai informasi, harga Xiaomi Mix Fold tersebut jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 2 yang diluncurkan Samsung beberapa waktu lalu. Galaxy Z Fold 2 dibanderol seharga Rp 33,888 juta untuk pasar Indonesia.

Author : Noval Irmawan
Image : dok. Xiaomi

Berita Terkait

Posting Komentar