var config = { lazyads: false, navigasi: 1, navigasi_nomor: { tampilan_per_halaman: 6, tampilan_tombol_navigasi: 3, }, adblock: { pakai: true, text: 'Turn off AdBlock on the browser to view the content of this site.' }, slider: { pakai: false, kecepatan: 3, tinggi: 360 }, halaman_berjudul: { pakai: true, next: 'Selanjutnya', prev: 'Sebelumnya', latest: 'Ini Terbaru', oldest: 'Ini Terlama' }, related_post_tengah: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w75-h56-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, related_post_bawah: { jumlah: 6, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' }, middlebar: { jumlah: 4, image: true, noimage: 'https://1.bp.blogspot.com/-msLPy2sUgRs/XsaanLh7hdI/AAAAAAAAIjQ/sMfL_VE-30MWP5PI9at8dzKtZW0igRHDgCK4BGAsYHg/w250-h167-p-k-no-nu/igniplex-noimage.png' } };

Pixel 6 Bakal Gunakan SoC Buatan Google Sendiri

Pixel 6 Bakal Gunakan SoC Buatan Google Sendiri

Sudah setahun sejak kabar awal menyebar di internet bahwa Google bekerjasama dengan Samsung untuk mengembangkan SoC miliknya sendiri. Dimana kemungkinan besar akan diproyeksikan untuk jajaran perangkat Pixel dan Chromebook.

Hingga akhirnya pada saat ini terdapat laporan langsung dari 9to5 Google yang menyebutkan bahwa SoC buatan Google tersebut segera memulai debut pertamanya pada perangkat Pixel. Yang mana sudah santer diberitakan terkait peluncuran Pixel 6 dan Pixel 6 XL.

Pada seri-seri Pixel sebelumnya memang Google menggunakan chip buatan Qualcomm. Namun kali ini, raksasa internet itu akan membuat gebrakan baru dengan chip buatannya sendiri.

Baca juga: Mengintip Laboratorium Tester Smartphone Honor di Cina


Whitechapel, SoC Baru Buatan Google

Kabar yang beredar, Google akan menamai chip buatannya itu dengan sebutan Whitechapel. Yang mana SoC memiliki kode GS101. Inisial GS di awal kode itu banyak diperkirakan oleh para analis teknologi sebagai singkatan dari Google Silicon.

Dalam beberapa dokumentasi yang sudah resmi, nama Whitechapel memang sudah digunakan berkaitan dengan kode ‘Slider’ yang terdapat pada aplikasi Google Kamera. Dengan kata lain, ‘Slider’ bisa disebut sebagai salah satu hasil proyek kerjasama antara Google dan Samsung.

Baca juga: 5+ Kamera Ponsel Terbaik Tahun 2021

Salah satu proyek terbesar dari kerjasama kedua raksasa teknologi dunia itu tentu saja adalah lahirnya SoC Whitechapel. Hal ini tidak bisa dinafikan karena muncul banyak sekali istilah itu di beberapa proyek lain yang terkait dengan SoC Exynos bikinan Samsung.

Selain itu, dokumen yang bocor ke publik itu juga menyebutkan bahwa chip Whitechapel baru ini sedang dikembangkan di divisi System LSI (Large Scale Integration) Samsung. Jelas ini adalah sebuah petunjuk yang kuat bahwa prosesor ini akan memiliki banyak kesamaan dengan jajaran chip Exynos.

Author : Noval Irmawan
Image : NewsCombo

Berita Terkait

Posting Komentar