-->


Fitur Hibernasi Android Bakal Kurangi Ukuran Aplikasi yang Jarang Dipakai

- 6:26 AM
Fitur Hibernasi Android Bakal Kurangi Ukuran Aplikasi yang Jarang Dipakai

Dalam pembaruan mendatang Android akan meluncurkan fitur baru yang dinamakan Hibernasi. Salah satu fungsi dari fitur ini adalah untuk mengurangi penggunaan memori dari aplikasi yang ada di smartphone, terutama yang jarang dipakai oleh pengguna.

Perlu diketahui, saat ini fitur Hibernasi masih dalam tahap awal pengembangan. Tapi tidak menutup kemungkinan bakal masuk dalam Android 12. Memang belum diketahui kapan tanggal rilis resminya, namun yang jelas sudah muncul dalam Pratinjau Pengembang Android 11.

Kegunaan Fitur Hibernasi Android

Hibernasi memungkinkan pengguna yang memilih untuk menghibernasi aplikasi di dalam smartphonenya, untuk menghapus cache aplikasi tersebut. Dengan demikian ssecara otomatis akan mengosongkan sedikit ruang di memori.

Adapun aplikasi yang dihibernasi berbeda dengan aplikasi yang dihapus secara permanen. Namun lebih kepada mengompres penggunaan ruang aplikasi untuk menghemat ruang memori. Ini sama seperti  pembersihan cache pada umumnya.

Lalu bagaimana jika aplikasi dibangunkan kembali dari hibernasi? Maka kemungkinan besar aplikasi tersebut bakal tidak lagi dikompresi. Sebagai catatan, fitur hibernasi dari Android ini sama sekali berbeda dari fungsi hibernasi yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi dan modul xposed.

Baca juga: Konten 8K Youtube Kini Dapat Dinikmati Pengguna Android TV

Author : Noval Irmawan
Image : androidpolice

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search