Kenali 7 Faktor Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda

- 7:32 PM
Setiap orang bisa dipastikan akan mengalami tumbuh uban atau rambut putih di akhir usianya. Namun apa jadinya jika di usia yang masih muda kita sudah dibuat risih dengan adanya uban yang mulai tumbuh banyak.

Beberapa hal ternyata dapat menjadi faktor penyebab kenapa itu bisa terjadi. Hampir sebagian besarnya bahkan adalah gaya hidup kita sendiri yang menjadi alasannya.

Agar kamu tidak penasaran lagi, berikut adalah faktor penyebab yang dapat membuat rambut kamu seperti sudah kakek-nenek.

1. Rambut Beruban Bisa Jadi Karena Ada Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan adalah salah satu penyebab kenapa rambut kita terdapat uban, bahkan di usia muda. Jika sudah demikian, mungkin kita hanya bisa menghela napas karena tidak bisa berbuat apa-apa selain pasrah.

Terdapat sebuah penelitian yang menguatkan pernyataan ini. Diterbitkan dalam 'Nature Communications' disebutkan bahwa terdapat satu genetika dari enam ribu orang Amerika Latin memiliki kemungkinan besar untuk memiliki uban di usia muda.

Tumbuhnya uban yang dipengaruhi oleh faktor keturunan ini dapat disamakan dengan kebotakan yang juga dapat diturunkan dari orang tua.

2. Penyakit Atau Kondisi Autoimun Dapat Membuat Rambut Beruban

National Alopecia Areata Foundation (NAAF) menjelaskan bahwa orang-orang dengan penyakit kulit autoimun atau alopecia areata akan memiliki rambut seperti uban.

Kondisi ini terjadi karena terdapat bercak-bercak kecil, bulat dan halus di kulit kepala yang bisa merusak rambut. Akibat terparahnya, rambut di kepala kamu bisa rontok. Bahkan rambut di bagian tubun lain juga bisa habis.

"Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, membuat rambut kamu rontok. Ketika tumbuh kembali, yang tumbuh adalah warna putih." jelas Day sebagaimana dikutip dari Kompas, Sabtu (23/5).

3. Polutan dan Racun yang Mempercepat Penuaan, Termasuk Uban

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa bahan kimia menghasilkam radikal bebas-atau stres oksidatif. Polutan ini dapat merusak sistem produksi melanin. Akibatnya dapat mempercepat penuaan rambut. Jika sudah tua, maka muncullah yang namanua uban.

4. Stres dan Genetik Jadi Perpaduan yang Pas Cepatnya Rambut Beruban

Selain hanya karena faktor genetik, tingkat stres seseorang ternyata menjadi pengaruh yang sangat besar terhadap tumbuhnya uban di usia muda. Dengan tidak mengelola stres, seorang dengan genetik uban akan lebih lebih cepat memperolehnya.

Walaupun pernyataan ini masih diperdebatkan. Namun menurut Day, perpaduan genetik uban dan orang yang tidak pandai mengelola stres akan mempercepat tumbuhnya uban.

5. Merokok Bisa Sebabkan Tumbuh Uban di Usia Muda

Dalam sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2013, disebutkan bahwa orang yang merokok memiliki peluang 2,5 kali lebih besar tumbuh uban di usia muda. Temuan ini diyakini karena aktivitas merokok menghasilkan jumlah banyak radikal bebas.

6. Perubahan Hormon Sebabkan Perubahan Rambut

Seiring bertambahnya usia, hormon dalam tubuh manusia juga berubah. Proses tersebut dapat terlihat jelas ketika berada di usia 30 tahunan.

Hormon ini kemudian dapat mempengaruhi perubahan pada rambut. Mulai dari tekstur, kepadatan, hingga warnanya.

7. Alasan Munculnya Uban Paling Utama, Tentu Saja Usia

Manusia tidak akan selalu muda, begitu pun dengan rambut. Ada pepatah mengatakan "sepandai-pandainya menyimpan rambut muda, pastilah tua juga".

Setiap dekade setelah berusia 30 tahun, maka kemungkinan kamu akan memiliki uban meningkat 10 hingga 20 persen. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi melanin oleh tubuh.


Penulis : Noval Irmawan
Gambar : disktrend(dot)com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search