-->


Dijamin Bangun Pagi Lebih Awal, Lakukan 5 Hal Ini

- 8:34 AM

Bangun pagi atau lebih awal seringkali menjadi hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Terutama untuk mereka yang telah terbiasa memulai istirahat tidur di larut malam, atau bahkan dini hari.

Idealnya, manusia dewasa beristirahat tidur selama 7-8 jam sehari. Jika kurang, badan biasanya akan terasa lemas dan malas untuk melakukan berbagai hal.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba mulai bangun pagi lebih awal di esok hari. Kamu bisa melakukan 5 hal berikut ini.

1. Kurangi Beraktivitas di Malam Hari

Terbiasa untuk banyak melakukan aktivitas di malam hari akan sangat mempengaruhi pola tidur kamu. Selain karena akan membuat waktu tidur semakin larut, tenaga yang banyak dikeluarkan pun akan membuat kamu menjadi lelah ketika bangun.

Untuk itu, kurangilah berbagai aktivitas yang biasa kamu lakukan di malam hari. Jika itu harus dilakukan, coba atur waktunya agar bisa dikerjakan saat masih siang.

Sehingga, di esok hari kamu bisa bangun pagi lebih awal dan badan menjadi segar kembali.

2. Gunakan Sore Hari Untuk Aktivitas yang Melelahkan

Seirama dengan tips yang pertama, hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah beraktivitas berat di sore hari. Misalnya, kamu bisa olah raga, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Dengan melakukan hal ini dan tidak banyak beraktivitas di malam hari. Pola tidur kamu akan lebih sehat. Tubuh akan terasa lelah di malam hari, sehingga kamu bisa segera tidur.

Selain itu, tidur lebih awal juga dapat menjaga waktu istirahat tetap cukup.

3. Hindari Makan Makanan Berat Sebelum Tidur

Selain karena tidak baik bagi pemcernaan, makan makanan berat sebelum tidur juga akan mengurangi kualitas tidurmu. Tubuh akan dipaksa bekerja di saat seharusnya ia beristirahat.

Cobalah biasakan untuk makan sekitar 3 jam sebelum tidur.

4. Letakan Gadget Ketika Sudah Waktunya Tidur

Bermain gadget seperti HP, Laptop dan sebagainya sembari rebahan akan membuat kamu lupa waktu. Ingat, hindari banyak beraktivitas di malam hari, termasuk bermain media sosial, menonton film, bermain game dan lain sebagainya.

Kurangnya waktu yang cukup menjadi alasan utama kenapa kamu tidak bisa bangun lebih awal. Hal lainnya, melepaskan semua gadget saat sudah waktunya istirahat juga dapat menenangkan pikiran kamu.

Membuat semuanya rileks juga menjadi salah satu terapi untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Letakan Alarm di Tempat yang Jauh Dari Jangkauan Tangan

Memasang alarm merupakan salah satu solusi untuk bisa membangunkanmu di pagi hari. Tetapi jangan letakkan alarm terlalu dekat dengan dirimu.

Karena dengan demikian, kamu dapat dengan mudah mematikannya dan akhirnya melanjutkan tidur.

Oleh karena itu, letakkan alarm di tempat yang sulit untuk kamu jangkau. Sehingga secara tidak langsung kamu akan beranjak dari tempat tidur untuk mematikan alarmmu yang selalu berbunyi dan menganggu tidurmu.


Penulis : Noval Irmawan
Gambar : sleepscore(dot)com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search