Catat! Ini 5 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

- 3:40 AM
Manfaat Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

Mangga, salah satu buah yang paling gampang sekali ditemui di bumi nusantara ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat. Buah yang manis dan lezat ini mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Buah mangga mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Selain itu, mangga juga termasuk ke dalam golongan buah yang memiliki jumlah kalori yang rendah. Sehingga sering kali buah ini dijadikan salah satu kudapan hidangan diet seperti smoothies atau hidangan lainnya.

Dari berbagai macam kandungan nutrisi di dalamnya, menjadikan mangga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut berbagai macam manfaat mangga bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah mangga diketahui memiliki kandungan zat fitokimia yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Sehingga mangga sangat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan tubuh manusia. Selain itu, dapat membantu mengurangi peradangan dalam kondisi seperti colitis ulserativa.

Di sisi lain, buah mangga juga memiliki serat dan air yang sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan diare. Buah mangga yang dikonsumsi secara rutin juga sangat baik untuk tetap menjaga kesehatan pencernaan kita.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mangga diketahui mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi baik di dalamnya. Hal tersebutlah yang menjadikan buah ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Pertama, buah mangga banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk dapat membantu melawan jika terjadi infeksi di tubuh kita. Kedua, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam mangga sangat membantu dalam memproduksi sel darah putih. Sel darah putih ini diketahui dapat melawan bakteri penyakit dan meningkatkan pertahanan kulit manusia.

Selain itu, masih banyak kandungan nutrisi dalam buah mangga yang sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Seperti folat, vitamin K, vitamin E, dan juga vitamin B yang bermanfaat meningkatkan imunitas seseorang.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Mangga memiliki banyak kandungan yang mendukung kesehatan mata. Di antaranya antioksidan lutein dan zeaxanthin yang memiliki fungsi sebagai tabir surya alami. Zat tersebut dapat membantu menyerap kelebihan cahaya serta melindungi mata dari paparan cahaya biru yang berbahaya.

Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin A seperti yang sudah disebutkan di atas. Vitamin A dapat menghindarkan dari mata kering dan kebutaan di malam hari.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terdapat pada mangga memiliki manfaat baik bagi kesehatan rambut. Kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk memproduksi sebum yang berfungsi menjaga kelembaban rambut.

Vitamin A pada dasarnya sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan semua jaringan yang ada di tubuh, termasuk kulit dan rambut. Sementara itu, vitamin C berperan sebagai pemicu terbentuknya kolagen yang berfungsi menjadikan kulit menjadi kenyal dan membantu memperlambat terjadinya kerutan.

5. Meningkatkan Kesehatan Hati

Kandungan magnesium, potasium, vitamin, dan antioksidan mangiferin pada mangga menjadikannya buah yang dapat membantu mempertahankan denyut nadi sehat dan pembuluh darah manusia menjadi rileks. Kedua fungsi tubuh manusia ini sangat penting dalam kesehatan hati.

Selain itu, kandungan dalam mangga yang disebutkan juga dapat meningkatkan tingkat tekanan darah. Manfaat lainnya adalah meningkatkan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan zat lain yang berguna untuk mengurangi risiko hipertensi.

So, jadi kesimpulannya buah yang berasal dari India dan Asia Tenggara dan sudah dibudidayakan lebih dari empat ribu tahun yang lalu oleh masyarakat ini mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Kamu bisa menikmati mangga dalam bentuk olahan makanan apapun, atau bahkan memakannya dalam bentuk buah segar akan lebih baik. Karena, selain rasanya yang lezat, buah mangga juga memiliki ratusan jenis varian yang tersebar dan berbeda di setiap daerah di Indonesia. Masing-masing memiliki rasa, bentuk, ukuran, dan warna yang unik, kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera.
Penulis: Noval Irmawan
Editor: Noval Irmawan
Sumber : Healthline
Gambar : CookingLight

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search