-->


10 Langkah Makeup yang Baik & Benar Untuk Pemula

- 2:42 AM
10 Langkah Cara Makeup yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Pekerjaan makeup, meskipun sering dianggap hal wajib untuk setiap perempuan, namun terkadang ada yang masih suka salah terkait langkah-langkah cara makeup yang baik dan benar. Ini karena tidak setiap wanita menggunakan makeup setiap hari. Atau bahkan justru, yang masih salah-salah ini adalah adek-adek remaja yang baru belajar makeup atau pemula.

Bagi teman-teman yang masih pemula atau jarang makeup-an secara sempurna terkadang masih sering bingung dengan langkah demi langkah makeup yang baik dan benar. Nah, mulai sekarang, agar tidak salah-salah lagi saat mencoba makeup penuh, kamu bisa membaca langkah demi langkahnya di bawah ini. Kamu juga bisa menyimpan laman ini, barangkali besok-besok butuh lagi.

10 Langkah Makeup *Khusus Pemula


1. Membersihkan Wajah

Langkah 1 Makeup - Membersihkan Wajah

Langkah pertama sebelum memulai rangkaian makeup adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Ini adalah step yang sangat penting, pastikan kamu tidak melewatkannya. Alasannya karena, jika sampai tidak membersihkan wajah lebih dulu dan wajah kamu dipenuhi dengan debu dan minyak. Salah-salah nanti muka kamu bisa timbul jerawat atau penyakit kulit lainnya.

Cucilah wajah kamu dengan sabun cuci muka yang biasa kamu pakai atau cari yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

2. Memakai Pelembab/ Skincare

Langkah 2 Makeup - Memakai Skincare atau Pelembab

Penggunaan skincare sebelum memulai makeup yang sesungguhnya sama pentingnya dengan mencuci muka. Memakai pelembab atau skincare akan membuat kulit menjadi lebih siap sebelum di makeup. Sehingga walaupun kamu menggunakan makeup, namun kulitmu akan tetap terawat dan tidak rusak.

Tahapan memakai skincare yang perlu kamu ikuti adalah toner, lotion, eye cream, serum, dan moisturizer. Tahapan ini sebenarnya tidak mutlak harus kamu lakukan semua, bisa disesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu. Jika kamu memiliki kulit berminyak maka pastikan menggunakan pelembab dengan siat oil-free. Sehingga nantinya tidak akan membuat kulit terlihat semakin berminyak.

3. Gunakan Corrector dan Concealer

Langkah 3 Makeup - Memakai Corrector dan Concealer

Step ke 3 dalam langkah demi langkah makeup yang baik dan benar ini akan berfungsi untuk menutupi kekurangan yang ada pada kulit wajahmu. Penggunaan concealer dan corrector ini misalnya diaplikasikan pada bagian bawah mata yang terlihat lebih gelap. Gunakanlah concealer untuk membuat bagian tersebut terlihat lebih cerah.

Sebelum menggunakan concealer pada bagian bawah mata, kamu juga bisa menggunakan corrector berwarna orange terlebih dahulu agar setelah pengaplikasian concealer, bagian bawah mata tidak akan menjadi abu-abu. Sedangkan jika kamu memiliki noda kemerahan pada kulit, kamu juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan corrector berwarna hijau terlebih dahulu baru setelahnya aplikasikan concealer.

4. Gunakan Foundation/ BB Cream

Langkah 4 Makeup - Gunakan Foundation atau BB Cream

Di langkah ke empat makeup ini, kamu akan disuruh memilih untuk memakai foundation atau BB cream. Pilihlah salah satu sesuai dengan kebutuhan makeupmu. Misalkan kamu butuh makeup untuk pergi kondangan yang sumpek dan panas seharian, kamu akan membutuhkan makeup yang lebih berat, high coverage, dan tahan lama. Maka pilihannya adalah kamu dapat memakai foundation.

Sedangkan jika kamu menginginkan tampilan yang lebih ringan untuk pemakaian makeup sehari-hari, maka pilihlah BB cream.

Pastikan kamu memilih warna foundation atau BB cream yang sesuai dengan warna kulitmu. Jangan sampai kamu salah pilih karena hal ini dapat mempengaruhi hasil akhir dari makeupmu nanti.

5. Memakai Bedak

Langkah 5 Makeup - Memakai Bedak

Urutan makeup lengkap yang kelima adalah bedak. Sebelum memilih dan memakai bedak, sebelumnya kamu harus menentukan dulu jenis kulit yang kamu miliki. Apakah termasuk kulit berminyak atau tidak.

Untuk kulit berminyak akan lebih disarankan untuk menggunakan bedak tabur, karena bedak tabur bisa lebih menahan minyak di wajahmu.

Sementara untuk pemilik wajah kering atau normal, kamu bisa menggunakan bedak padat. Atau bahkan disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakan bedak agar hasil makeupmu tetap terlihat glowing.

6. Memakai Blush On

Langkah 6 Makeup - Memakai Blush On

Penggunaan blush on dimaksudkan agar wajahmu tidak terlihat pucat dan lebih terlihat segar. Gunakanlah blush on pada bagian pipi. Disarankan untuk mengaplikasikan powder blush on. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulitmu.

Untuk pemilik kulit berwarna terang, kamu bisa memilih warna merah muda, sedangkan bagi pemilik kulit sawo matang, kamu bisa memilih warna oranye.

Kamu juga bisa menggabungkan dua warna blush on untuk membuat pipi terlihat lebih tirus. Caranya adalah dengan menyapukan warna blush on yang lebih gelap pada bagian luar pipi dan blush on dengan warna lebih terang di bagian dalam pipi.

7. Menggambar Alis

Langkah 7 Makeup - Menggambar Alis

Mulailah menggambar alis sesuai dengan bentuk wajahmu. Sebisa mungkin untuk memilih warna yang senatural mungkin dan jangan yang terlalu pekat.

Pada dasarnya, bentuk alis cenderung tebal di bagian dalam dan akan semakin menipis menuju bagian luarnya. Kamu bisa memulainya dengan menggambar bingkai alis terlebih dahulu setelahnya baru isi dengan warna yang sesuai.

8. Memakai Eyeshadow

Langkah 8 Makeup - Memakai Eyeshadow

Tidak beranjak jauh dari alis, langkah makeup selanjutnya adalah mengaplikasikan eyeshadow untuk meriah bagian mata.

Untuk kamu yang ingin memberikan kesan santai dan natural, gunakanlah eyeshadow dengan warna-warna nude. Disarankan juga hanya menggunakan satu warna eyeshadow saja.

9. Gunakan Eyeliner

Langkah 9 Makeup - Memakai Eyeliner

Masih di sekitaran mata dan dalam rangka merias mata. Langkah makeup selanjutnya adalah menggunakan eyeliner.

Sesuai dengan namanya, pengaplikasian eyeliner adalah untuk membuat garis di mata. Sehingga mata terlihat lebih tajam dan besar. Namun perlu diingat bahwa, jangan sampai terlalu tebal saat membuat garis dengan eyeliner, karena hal tersebut justru akan membuat penampilan kamu terlihat menyeramkan.

Disarankan juga untuk menggunakan maskara, agar bulu mata terlihat lebih tebal dan juga lentik.

10. Memakai Lipstik

Langkah 10 Makeup - Memakai Lipstik

Langkah terakhir dalam melengkapi seluruh rangkaian makeup wajah yang baik dan benar adalah memakai lipstik. Penggunaan lipstik sangat pentik untuk melengkapi penampilan kamu.

Untuk acara malam kamu bisa memilih warna-warna lipstik yang lebih bold, seperti warna maroon. Sedangkan untuk acara di siang hari kamu bisa memilih warna-warna yang lebih natural seperti merah muda, dan warna-warna nude.

Agar bibir tidak terlihat kering, kamu juga bisa menggunakan lip balm terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik pada bibirmu.

Demikian sepuluh langkah makeup yang baik dan benar untuk pemula agar penampilanmu bisa pas di setiap kegiatan sehari-hari. Sepuluh langkah tersebut pada dasarnya hanya dilakukan keseluruhannya jika dibutuhkan saja. Artinya untuk kegiatan santai sehari-hari, banyak perempuan yang hanya mengaplikasikan beberapa yang penting saja.

So, kamuu juga bisa menyesuaikan makeupmu sesuai dengan kebutuhanmu ya guys. Semoa bermanfaat.
Penulis: Noval Irmawan
Editor: Noval Irmawan
Sumber : Wolipop
Gambar : Istimewa

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search