Ingin Cetak ID Card? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

- 2:37 AM
Ingin Cetak ID Card Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Di zaman yang semakin maju, ID card pasti sudah tidak asing lagi. Sudah banyak tempat yang menggunakan ID card, baik di sekolah, kampus, dan juga perusahaan. Secara umum, ID card merupakan kartu nama yang akan berfungsi sebagai tanda pengenal. Untuk itu, banyak juga yang menyediakan jasa cetak ID card.

Tahukah Anda bahwa selain sebagai tanda pengenal, ID card memiliki fungsi lainnya? Pertama, adanya ID card bisa memberikan seseorang akses untuk memakai fasilitas tertentu atau menggunakan sebuah ruangan tertentu.

Kedua, menambah kesan formal dan kerapian. Ketiga, menjadi pembeda antara yang karyawan dan non karyawan. Bagi Anda yang mempunyai sebuah perusahaan, sudahkan menggunakan cetak ID card?

Sebelum melakukan cetak ID card, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar kartu nama cenderung tidak asal-asalan. Simpel tapi bagus. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Identitas Sebuah Perusahaan

Kartu ID juga memiliki fungsi sebagai sarana promosi. Untuk itu, ID card Anda harus mewakili perusahaan tersebut. Anda bisa meletakkan logo perusahaan pada ID card dengan posisi yang mudah dilihat. Anda bisa membuat desain yang simpel agar logo tersebut bisa terlihat dengan jelas.

Selain itu, jika Anda ingin keamanan pada ID card, Anda bisa memasang hologram agar menghindari terjadinya pemalsuan ID card.

2. Bahan Pembuatan Kartu

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah bahan yang terbuat untuk cetak ID card tersebut. Biasanya bahan yang paling banyak digunakan adalah bahan PVC atau bahan KTP. Alasannya karena bahan jenis ini akan membuat kartu bertahan selama 5 tahun. Selain itu, perusahaan juga akan menjadi hemat dalam pengeluaran percetakan kartu ID.

3. Bentuk Kartu

Selanjutnya, yang harus Anda perhatikan adalah bentuk kartu. Ada dua jenis bentuk yang bisa Anda pilih, yaitu vertikal dan horizontal. Ternyata pemilihan bentuk kartu juga sangat penting, lho. Pasalnya, Anda harus mempertimbangkan penggunaan kartu tersebut saat digunakan. Apakah cocok menggunakan horizontal atau vertikal. Banyak yang menganggap hal ini kecil sehingga hanya memikirkan preferensi saja.

4. Pengkodean

Hal yang harus Anda perhatikan keempat adalah masalah pengkodean. Ada banyak jenis ID card yang bisa menyimpan data ID card tersebut, salah satunya adalah kartu magnetik. Dengan adanya data pengguna tersimpan dalam kartu ID maka membantu perusahaan untuk menjaga keamanan. Anda bisa memilih jenis kartu yang cocok dengan keamanan perusahaan Anda.

5. Desain

Hal kelima yang harus sangat Anda perhatikan adalah masalah desain. Jangan menganggap sepele desain. Nyatanya, desain bisa mencerminkan sebuah perusahaan Anda, lho. Buatlah desain yang menarik sehingga membuat orang yang memakainya juga senang dan suka. Bayangkan saja jika desainnya asal-asalan. Pasti karyawan Anda tidak akan betah memakainya.

Anda bisa membuatnya menarik dengan membedakan warna pada satu divisi dengan divisi lainnya. Jangan lupa juga untuk memasukkan data yang singkat, seperti nama, foto, logo, dan informasi lainnya yang sekira penting dan mudah terlihat. Selain itu, buatlah desain yang simpel tapi elegan. Jangan yang berwarna-warni sehingga membuat mata sakit.

Jika perusahaan Anda tidak memiliki tim desain khusus untuk mencetak kartu ID, Anda bisa menggunakan jasa ist.co.id. Mereka menyediakan jasa untuk cetak kartu sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Nah, itulah 5 hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan cetak ID card.
Penulis: Purwanto
Editor: Noval Irmawan
Gambar : Istimewa

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search