-->


Tips Memilih Laptop Desain/Content Creation + Rekomendasi Tahun 2020

- 11:19 PM
Tips Memilih Laptop Desain/Content Creation + Rekomendasi Tahun 2020

PortalSoho - Dalam memilih laptop untuk keperluan desain, editing video, membuat animasi 3D, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan content creator, maka kamu tidak bisa asal pilih. Kebanyakan, orang awam akan memilih laptop untuk gaming sebagai laptop untuk content creation juga. Namun ternyata, keperluan content creation tidak lah sama dengan game.

Laptop untuk keperluan desain atau editing video mengharuskan terjadinya proses rendering, dan proses-proses lainnya. Itu artinya kita perlu memerhatikan spesifikasi yang tepat. Tidak cuma prosesornya saja yang tinggi, RAMnya yang gede, atau bagian lain yang mencolok,

Agar memudahkan kamu, di sini kami susun beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin memilih laptop untuk keperluan content creation.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Laptop

1. Prosesor

Software animasi 3D pada umumnya akan jauh lebih lancar jika dijalankan pada laptop yang memiliki prosesor dengan core yang banyak. Selain untuk multitasking dengan berbagai macam aplikasi yang terbuka secara bersamaan. Software editing tersebut pada dasarnya juga bekerja dengan menggunakan core yang banyak pula. Makin banyak corenya, proses editing juga makin lancar.

Untuk jumlah core pada sebuah prosesor yang direkomendasikan (dengan asumsi didukung GPU yang mumpuni juga), minimal menggunakan 4 Core dengan 8 Thread.

Adapun rekomendasi prosesor yang biasanya sudah tertanam di laptop, yakni : Core i5-9300H (4Core/8Thread), Core i7-9750H (8Core/12Thread), Core i9-9880H (8Core/16Thread).

Ketiga prosesor tersebut, dalam pengujian menggunakan Cinebench R15 memiliki multicore score secara berurutan yakni 850 point, 1290 point dan 1633 point.

Selain itu, ada juga bagian di dalam prosesor yang tidak kalah penting, yaitu cache memory. Ini adalah memory spesial yang ada di dalam prosesor. Cache memory sangat berguna sekali saat proses editing. Hal tersebut dikarenakan dalam pengerjaannya, banyak sekali perintah-perintah berulang, sehingga jika menggunakan cache memory yang besar, data yang berulang akan disimpan dan menghemat beban kerja perangkat.

Kami menyarankan agar cache memory ini minimal 8MB.

2. RAM

Item selanjutnya yang wajib dipertimbangkan adalah kapasitas RAM. Dengan RAM yang besar, proses editing video, desain grafis, dan atau lainnya akan lebih cepat. Jumlah data berjalan selama proses laptop bekerja menjadi pertimbangan utamanya. Kapasistas minimal yang disarankan adalah 16GB, lebih besar lebih bagus.

3. GPU/ Kartu Grafis

Pada dasarnya, kita membutuhkan laptop yang mendukung kartu grafis tambahan. Karena, beberapa laptop yang beredar di pasaran, walaupun sudah memiliki kartu grafis yang mumpuni, tapi akan jauh lebih cepat jika menambahkan kartu grafis eksternal juga. GPU ini sangat penting perannya ketika proses rendering.

Pemilihan GPU sangat tergantung dari software yang digunakan untuk pembuatan konten. Misalnya untuk Adobe, blender dan 3D studio max, penggunaan GPU Nvidia Geforce sudah sangat cukup. Namun jika memakai aplikasi profesional tertentu, yang butuh akselerasi khusus seperti Siemens NX, kamu wajib menggunakan GPU Quadro.

Adapun untuk yang menggunakan Geforce, seri minimal yang kami sarankan adalah GTX, atau lebih bagus lagi jika menggunakan seri RTX.

4. Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang terlalu kecil akan menyebabkan lag yang parah pada laptop. Untuk itu perlu memakai storage yang gede dan mumpuni. Kami sarankan untuk memilih laptop yang menggunakan SSD. Selain karena lebih cepat dari HDD, sistem SSD juga jauh lebih tahan terhadap guncangan. Hal ini sangat penting untuk laptop yang notabene sering dibawa kemana-mana.

Bagaimana jika hybrid? menggunakan SSD untuk sistem dan HDD untuk penyimpanan file?

Itu bisa saja, tapi untuk saran terbaik tetap menggunakan full SSD.

5. Display

Dalam desain atau 3D editing, seringkali kita membutuhkan keakuratan warna yang baik. Untuk itu, pilihlah laptop yang mendukungnya. Disarankan menggunakan minimal panel IPS,

6. Cooling System

Proses editing adalah pekerjaan yang seringkali membutuhkan sumber daya laptop maksimal. Sehingga, menjaga suhu agar tetap normal adalah suatu kewajiban. Selain itu, untuk beberapa proses editing juga terkadang membutuhkan waktu yang lama, hingga berjam-jam.

Disarankan untuk memilih laptop dengan sistem pendinginan yang baik. Biasanya menggunakan minimal dua kipas di dalamnya. Atau jika dirasa belum cukup, kamu juga bisa memakai cooling pad sebagai pendingin ekstra.

Rekomendasi Laptop Content Creation Terbaik Untuk Tahun 2020

1. Acer

Acer ConceptD 5 Pro
Acer ConceptD 7

2. HP

OMEN By HP 15
OMEN X 2S

3. Lenovo

Legion Y545
Legion Y740

4. MSI

MSI GS75 Stealth 9SG
MSI GE65 RAIDER 9SF

Demikian beberapa tips memilih laptop untuk keperluan desain, editing video, 3D making, dan content creation lainnya yang bisa jadi pertimbanganmu. Termasuk beberapa pilihan laptop rekomendasi yang cocok untuk kamu beli dengan mempertimbangkan spesifikasi di atas. Semoga bermanfaat.
Penulis: Noval Irmawan Gambar : UdemyCom

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search