Ini Daftar Nama Staf Khusus Presiden Jokowi, Semuanya Milenial

- 10:16 PM
Ini Daftar Nama Staf Khusus Presiden Jokowi, Semuanya Milenial

PortalSoho.com - Presiden Joko Widodo menunjuk staf khusus Presiden yang baru pada Kamis (21/11/2019), di beranda Istana Merdeka, Jakarta. Penunjukan ini sekaligus prosesi perkenalan kepada publik, dimana kesemuanya berasal dari kalangan milenial.

"Sore hari ini saya ingin mengenalkan staf khusus Presiden yang baru, yang tugas khususnya nanti untuk mengembangkan inovasi-inovasi di berbagai bidang". kata Jokowi sekaligus membuka acara perkenalan tersebut.

Berikut nama-nama staf khusus Presiden Joko Widodo:

1. Adamas Belva Syah Devara
Belva merupakan pemuda berusia 29 tahun lulusan S2 Harvard University dan Stanford University. Saat ini Belva bergerak di bidang pendidikan sebagai pendiri sekaligus CEO Ruang Guru.

Prestasi Belva di antaranya masuk menjadi salah satu dalam daftar Forbes 30 Under 30 tahun 2017. Selain itu, Belva juga pernah mendapatkan medali emas dari Lee Kuan Yew saat lulus sarjana di Nanyang Technological University Singapura.

2. Putri Indahsari Tanjung
Putri Tanjung adalah anak salah satu konglomerat Indonesia, yakni Chairul Tanjung. Usianya saat ini 23 tahun, merupakan yang termuda di antara ketujuh stafsus Presiden yang diperkenalkan.

Putri Tanjung adalah lulusan dari Academy of Art San Francisco. Saat ini Putri bergerak di bidang kewirausahaan sebagai pendiri sekaligus CEO Creativepreneur Event Creator. Selain itu Putri juga aktif menjadi pembicara di sejumlah acara yang bertemakan anak muda dan kewirausahaan.

3. Andi Taufan Garuda Putra
Andi adalah lulusan Harvard Kennedy School yang saat ini berusia 32 tahun. Andi adalah pionir penggerak fintek di Indonesia. Merupakan pendiri sekaligus CEO Amartha Mikro Fintek.

Amartha Mikro Fintek merupakan start up yang bergerak di bidang keuangan mikro. Ini adalah aplikasi peer to peer (p2p) lending yang menyalurkan pendanaan modal usaha mikro kepada kaum perempuan wirausaha di pedesaan.

4. Ayu Kartika Dewi
Ayu adalah perempuan yang saat ini berusia 36 tahun, merupakan pendiri dan mentor Gerakan Sabang Merauke: Seribu Anak Bangsa Merantau Untuk Kembali. Misinya adalah menanamkan nilai toleransi kepada anak-anak Indonesia, dan mendorongnya menjadi duta perdamaian di daerahnya masing-masing.

5. Gracia Billy Yosaphat Membrasar
Billy adalah putra tanah Papua lulusan ANU (Australian National University). Saat ini ia juga sedang menyelesaikan studi di Oxford University. Selain itu, Billy juga berencana akan mengambil S3 di Harvard University.

"Billy adalah talenta hebat tanah Papua yang kita harapkan ke depan berkontribusi dengan gagasan positif," kata Jokowi.

6. Angkie Yudistia
Angkie adalah penyandang disabilitas tunarungu yang aktif di bidang sosiopreneur. Ia merupakan pendiri Thisable Enterprise. Saat ini aktif sebagai anggota Asia-Pacific Federation of the Hard of Hearing and Deafened (APFHD) Person, serta anggota International Federation of Hard of Hearing Young People (IFHOHYP).

7. Aminuddin Ma'ruf
Aminuddin adalah mantan ketua Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Presiden meminta ia, yang notabene dekat dengan kalangan santri, untuk menebar gagasan inovasi-inovasi baru di lingkungan pesantren.
Penulis: Noval Irmawan Gambar : KompasCom

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search