8 Aplikasi Android Jual-Beli dan Investasi Emas Aman Terpercaya

- 6:38 PM
8 Aplikasi Android Jual-Beli dan Investasi Emas Aman Terpercaya

PortalSoho - Sampai saat ini, emas masih menjadi barang yang banyak dicari orang. Baik untuk keperluan investasi yang sifatnya jangka panjang, atau hanya untuk sekadar diperjual-belikan dalam waktu singkat. Tujuan orang membeli emas pun dipengaruhi oleh bentuknya, ada yang tersedia dalam bentuk batang, seperti yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam), ada pula yang sudah bentuk jadi, seperti perhiasan.

Dalam hal tujuan untuk keperluan investasi, ternyata emas juga masih menjadi pilihan utama, jika dibandingkan dengan bentuk investasi lain seperti deposito, saham, reksa dana, maupun properti. Alasannya beragam, mulai dari nilainya yang cenderung lebih stabil, bahkan selalu naik, serta kemudahan untuk mendapatkannya.

Di era yang serba mudah seperti ini, bahkan kamu juga dapat membeli emas dengan cara mencicil atau menabung. Artinya, untuk memulai investasi, kamu tidak perlu menunggu memiliki uang banyak terlebih dahulu.

Selain itu, kemajuan teknologi internet juga mempermudah kamu untuk mendapatkan emas. Kamu tidak perlu lagi mendatangi toko emas konvensional secara langsung, pergi ke Pegadaian, atau membeli di kantor Antam. Dengan hanya berbekal smartphone dan koneksi internet, saat ini kamu sudah bisa bertransaksi emas. Bisa membeli kapan saja, menabung kapan saja dan di mana saja, serta jika sedang memiliki kebutuhan mendesak, kamu juga dapat menjualnya kapan saja.

Berikut kami sajikan 8 aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk jual-beli emas dan atau berinvestasi yang dijamin aman dan terpercaya.

8 Aplikasi Android Jual-Beli dan Investasi Emas Aman Terpercaya

1. INDOGOLD

Aplikasi Indogold, jual-beli dan investasi emas

Aplikasi IndoGold beroperasi di bawah naungan PT Sinar Rejeki Handal. IndoGold juga bekerjasama dengan ecommerce ternama di Indonesia, yakni Bukalapak. Selain dapat secara langsung bertransaksi emas di aplikasi IndoGold, kamu juga dapat menggunakan fitur BukaEmas di Bukalapak. Pengguna Bukalapak bisa langsung membeli emas dengan fitur BukaEmas, namun semua transaksi tetap dilakukan oleh IndoGold.

IndoGold tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inovasi Keuangan Digital dengan nomor S-102/MS.72/2019 dan memperoleh izin penyimpanan OJK dengan nomor KEP-50/NB.1/2018.

Adapun beberapa fitur yang tersedia di IndoGold di antaranya: Tabungan Emas, Cicilan Emas, Gadai Emas, dan Jual Beli Emas.

Download IndoGold di Google Play

2. ORORI

Aplikasi Orori, jual-beli dan investasi emas

Jika IndoGold bekerjasama dengan Bukalapak, maka ORORI bekerja sama dengan salah satu ecommerce terbesar di Indonesia lainnya, yakni Tokopedia. Pada dasarnya, ORORI lebih berfokus pada penjualan perhiasan emas, batu berlian dan logam mulia lainnya. Namun, kamu juga dapat membeli emas Antam.

Produk yang disediakan ORORI seperti cincin kawin, cincin tunangan, cincin pria, cincin wanita, kalung, gelang, gelang kaki, anting wanita, liontin, liontin huruf, hingga pembersih dan kotak perhiasan. ORORI juga melayani pemesanan custom-made jewelry (desain sendiri). Tidak hanya itu ORORI juga menyediakan logam mulia ANTAM, serta batu permata bersertifikat GIA untuk kamu yang ingin berinvestasi.

Download ORORI di Google Play

3. Tamasia

Aplikasi Tamasia, jual-beli dan investasi emas

Tamasia adalah salah satu platform tabungan dan jual-beli emas yang menerapkan konsep syariah. Perusahaan dengan nama terdaftar PT Tamasia Global Sharia ini memiliki fitur jual-beli emas, transfer emas, cetak emas, dan tabungan emas.

Download Tamasia di Google Play

4. Pluang

Aplikasi Pluang, jual-beli dan investasi emas

Pluang ialah aplikasi teknologi finansial yang berada di bawah PT PG Berjangka yang berlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) juga terafiliasi dengan PT Celebes Artha Ventura yang diawasi oleh OJK.

Dalam aplikasi Pluang, kamu dapat mengecek harga emas terkini sekaligus bertransaksi jual-beli emas dalam nilai nominal awal yang cukup rendah, hingga 0,01 gram emas. Jika tabungan kamu sudah cukup, maka dapat ditukar dengan sejumlah emas fisik (emas Antam).

Pluang juga telah terkoneksi dengan dompet digital GoPay untuk mempermudah penggunanya dalam bertransaksi.

Download Pluang di Google Play

5. E-Mas

Aplikasi E-Mas, jual-beli dan investasi emas

Sejak tahun 2014, E-Mas fokus pada penjualan dan pembelian emas secara online. Sadar akan pertumbuhan minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap investasi emas setiap tahunnya, E-Mas kemudian menghadirkan sebuah platform yang menawarkan kemudahan untuk menjual dan membeli emas secara online sebagai jawaban atas kebutuhan investasi tersebut.

Download E-Mas di Google Play

6. Pegadaian

Aplikasi Pegadaian, jual-beli dan investasi emas

Mengikuti perkembangan zaman, Pegadaian juga menghadirkan aplikasi demi mempermudah nasabah yang ingin berinvestasi emas secara digital.

Melalui aplikasi bernama Pegadaian Digital Service yang diluncurkan sejak April 2018, perusahaan pelat merah itu akan melayani nasabah dan calon pelanggan yang ingin mendapatkan informasi produk-produk Pegadaian, termasuk membuka tabungan emas.

Pegadaian per Januari 2019 juga menggandeng Tokopedia dan menghadirkan fitur Tokopedia Emas. Di mana pengguna bisa melakukan jual beli dan menabung emas mulai dari Rp500. Fitur tabung emas di Tokopedia pun sepenuhnya dikelola oleh Pegadaian.

Download Pegadaian di Google Play

7. Lakuemas

Aplikasi Lakuemas, jual-beli dan investasi emas

Lakuemas adalah salah satu anak Perusahaan dari PT Central Mega Kencana (CMK). Perusahaan ini punya beberapa brand superti Mondial, Frank n Co., Miss Mondial, dan The Palace. Lakuemas adalah platform jual beli emas yang juga menyediakan jasa penyetakan sertifikat dengan pecahan terkecil mulai dari 10 gram.

Untuk bertransaksi di Lakuemas minimum pembelian emas sebesar Rp50.000. Mereka juga punya fitur Laku Tunai untuk penjaminan serta Laku Titipan untuk menyimpan emas.

Download Lakuemas di Google Play

8. Treasury

Aplikasi Treasury, jual-beli dan investasi emas

Treasury adalah situs perdagangan dan penyimpanan Emas batangan dan perhiasan secara daring, melalui website dan aplikasi mobile. Selain emas Antam, kamu juga bisa membeli emas keluaran UBS dengan sertifikasi ISO. Saat ini Treasury juga sudah mencatatkan diri di OJK.

Download Treasury di Google Play
Penulis: Noval Irmawan Gambar : Google Images

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search