Cara Jitu Untung Berlimpah Dari Bisnis Dengan Banyak Pesaing

- 5:22 AM

PortalSoho - Salah satu cara agar bisnis kamu bisa lebih unggul, jika dibandingkan dengan bisnis lain yang menawarkan layanan atau produk serupa adalah menghadirkan produk yang niche (menyasar lebih spesifik terhadap pasar tertentu).

Selain itu, tawarkan pula produk atau jasa yang belum banyak digarap perusahaan rintisan lainnya. Walaupun mungkin dalam hal ini memerlukan usaha lebih, karena semua pasar hampir terisi semua, dan tentu saja, menemukan produk baru bukanlah yang sepele, perlu riset dan kerja keras.

Namun dengan strategi yang efektif, maka kamu akan dapat memperoleh product market fit dan meraup keuntungan yang besar dibandingkan para pesaing kamu. Nah, agar lebih jelas, berikut kami rangkum beberapa cara jitu mendapatkan untung berlimpah dari bisnis yang memiliki banyak pesaing.

1. Buatlah Bisnis Kamu Sebagai Solusi Pasar

Jika dalam bisnis yang kamu jalankan terdapat banyak pesaing, sudah hampir dipastikan bahwa pasar yang ada juga cukup gemuk. Artinya ada lahan keuntungan di situ.

Dengan begitu, menawarkan produk atau jasa dengan cara seperti biasa tidak akan pernah efektif menarik perhatian. Ujung-ujungnya malah akan terjadi perang harga, yang mana ini sangat merugikan sekali bagi para penjual.

Untuk itu, cobalah memikirkan satu solusi yang bisa menguntungkan banyak pihak, baik itu kita sebagai penjual maupun pembeli. Bagaimana pun, pembeli adalah raja, jika dia merasa mendapatkan solusi atau pelayanan yang baik, maka soal harga bukan lagi masalah.

Sebagai contoh, berikan konsumen garansi toko untuk produk yang kamu jual, walaupun produk tersebut tidak memiliki garansi resmi dari distributor. Jangka waktu untuk garansi ini bisa tujuh hari, tiga puluh hari, atau sebagainya. Tergantung dari produk apa yang kamu jual.

Jika diterapkan, contoh garansi tersebut akan lebih menguntungkan jika dibandingkan harus perang harga karena banyak pesaing. Toh, kamu juga bisa mengkalkulasi, mana produk yang cepat rusak dan yang tidak. Hal ini untuk menghitung jangka waktu garansi. Memberikan solusi seperti ini akan sangat efektif untuk menarik konsumen.

Baca juga : Ingin Jadi Jutawan Sebelum Usia 25 Tahun? Lakukan 3 Hal Ini!

2. Fokus ke Kebutuhan Konsumen

Terdapat beberapa kategori konsumen yang wajib diketahui. Masing-masing memerlukan pendekatan yang berbeda, terutama jika bisnis kamu menawarkan produk yang hampir mirip dengan banyak pesaing.

Mulai dari konsumen yang sangat tertarik dengan layanan atau produk, mereka yang tergolong hanya memanfaatkan produk atau layanan karena diskon atau promo, hingga konsumen yang gemar memberikan feedback positif hingga negatif terkait dengan pengalaman mereka saat memanfaatkan produk.

Lakukan pendekatan yang relevan ke konsumen tersebut, yang nantinya akan berpengaruh ke produk atau layanan yang dimiliki.

3. Memberi Value

Definisi di sini adalah bagaimana layanan atau produk yang dihasilkan bisa memberikan value bagi orang banyak dan bisa menjadi produk yang lebih baik dibanding yang ditawarkan pesaing kamu.

Untuk itu ciptakan model bisnis yang efektif, agar nantinya konsumen tetap loyal menggunakan produk atau layanan kamu dan enggan berpaling ke produk lainnya.

4. Adaptasi dan Pivot

Hal yang satu ini wajib untuk diterapkan semua bisnis. Ketika model bisnis yang dimiliki dinilai tidak mampu untuk berjalan secara positif, ada baiknya bisnis tersebut untuk beradaptasi dan segera melakukan pivot (mengubah strategi bisnis namun tetap mempertahankan visi bisnis itu sendiri).

Meskipun terlihat cukup menyulitkan dan terkesan mengubah konsep bisnis, namun melakukan pivot terkadang bisa memberikan hasil akhir yang lebih baik, karena telah belajar dari kesalahan sebelumnya.

5. Bentuk Tim yang Solid

Banyak pendiri bisnis yang menyebutkan bahwa talenta merupakan aset atau investasi yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis.

Upayakan kamu memiliki orang yang bisa dipercaya sejak awal dan memiliki skill yang relevan. Ketika bisnis makin berkembang, rekrut talenta yang tepat dan bisa mengerti visi dan misi perusahaan, agar bisa maju bersama mengembangkan bisnis tersebut.
Penulis: Noval Irmawan Gambar Ilustrasi

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search