Tips dan Cara Mudah Agar Anak Tak Rewel Saat Perjalanan Mudik

- 3:48 AM

PortalSoho - Melakukan perjalanan mudik menjadi keniscayaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia ketika menyambut hari raya idul fitri. Salah satu alasannya adalah karena hari lebaran umat Islam ini menjadi satu momen yang tidak boleh terlewatkan untuk bisa berkumpul bersama keluarga tercinta. Khususnya bagi mereka, kaum urban yang hidup sehari-harinya berada di kota besar dan meninggalkan kampung halamannya.

Untuk mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki buah hati, melakukan perjalanan mudik yang cukup jauh kadangkala menjadi kecemasan tersendiri. Apakah sang anak akan baik-baik saja di dalam kendaraan cukup lama? Apakah mereka akan menjadi sangat rewel karena merasa tidak nyaman?

Ya, jarak tempuh yang jauh dan waktu perjalanan yang tidak sebentar, membuat anak-anak cepat bosan dan lelah, apalagi di dalam kendaraan. Hal itu tak jarang membuat anak-anak rewel. Mereka akan merengek bahkan menangis, yang membuat orang tua serta penumpang lain dalam kendaraan terganggu.

Hal ini diamini oleh Ratih Zulhaqqi, seorang psikolog sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com. "Jadi sebenarnya, mau mudik atau tidak, dalam perjalanan yang lama, anak-anak akan merasa tidak nyaman dan membuat mereka rewel. Biasanya yang terjadi, orang tua akan meminta mereka untuk diam,"

Lebih lanjut, Ratih mengatakan justru permintaan diam yang dilakukan orang tua akan membuat anak semakin rewel. Padahal, rasa bosan pada anak saat berhadapan dengan situasi seperti itu, adalah hal wajar. Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua?

Tips dan Cara Mudah Agar Anak Tak Rewel Saat Perjalanan Mudik

1. Persiapkan Ruang yang Nyaman dan Menarik Untuk Anak

Jika kita menggunakan mobil pribadi untuk kendaraan mudik, usahakan sebelum berangkat agar mendekorasi ulang ruang di dalam mobil. Sebagai contoh, kita bisa melipat kursi mobil dan menggantinya dengan kasur sang buah hati. Hal tersebut akan memberikan kesan lega di mobil dan memberikan rasa nyaman untuk anak.

Adapun jika kita menggunakan kendaraan umum atau bahkan sepeda motor untuk mudik, bawa dan persiapkanlah barang-barang yang simpel namun tetap memberikan kenyamanan untuk anak. Jangan sampai anak merasa jauhnya perjalanan menjadi satu hal yang sangat membosankan.

2. Selalu Berkomunikasi Dengan Anak

Ceritakanlah sebuah kisah anak atau ajak mereka tahu apa yang ada di perjalanan. Seperti tempat-tempat menarik dan lain sebagainya. Jangan pernah sampai membuat anak merasa dicuekin. Hal ini akan membuat mereka semakin jenuh dan akhirnya rewel.

3. Jadikanlah Mudikmu adalah Liburanmu

Tidak ada salahnya untuk sesekali berhenti di tempat-tempat wisata yang ada di sepanjang jalur mudik. Selain akan membuat anak senang, hal ini juga akan membuat orang tua tidak ikut merasa jenuh dan lelah selama perjalanan ke kampung halaman. Jadikanlah seolah-olah perjalanan mudik ini adalah perjalanan liburan yang menyenangkan.

Mudiklah Dengan Gembira dan Selalu Hati-hati Selama Perjalanan

Itulah tiga tips dan cara sederhana yang selalu bisa dilakukan orang tua ketika melakukan perjalanan mudik. Bersama dengan seluruh anggota keluarga akan sangat menyenangkan. Tetap berhati-hati saat berkendara, dan semoga selamat sampai tujuan. Selamat hari raya idul fitri.
Penulis: Noval Irmawan Gambar : via Zara Cute Youtube Channel

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search