PT INKA Akan Bangun Pabrik Kereta di Banyuwangi, Terbesar di Indonesia

- 12:07 AM
PT INKA Akan Bangun Pabrik Kereta di Banyuwangi, Terbesar di Indonesia

Pembangunan pabrik kereta api di Kabupaten Banyuwangi bakal menjadi yang terbesar di Indonesia. Ke depannya, ini akan menjadi industri kereta api terintegrasi berorientasi ekspor yang dikerjakan oleh PT Industri Kereta Api (INKA).

Pembangunannya sendiri dimulai (groundbreaking) pada pertengahan Desember 2018. Sementara saat ini PT INKA masih menyelesaikan proses penunjukan kontraktor pelaksana.

"Kami baru saja bertemu jajaran direksi BUMN PT Industri Kereta Api atau INKA. Infonya groundbreaking pertengahan Desember 2018. Mereka masih menyelesaikan proses penunjukan kontraktor pelaksananya, infonya seminggu ke depan selesai dan siap groundbreaking," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat ditemui awak media, Jumat (7/12/2018).

Dalam hal ini, Bupati Banyuwangi memiliki harapan pengembangan industri kereta api bisa menjadi stimulan baru bagi ekonomi warganya. Mengingat pertumbuhan ekonomi bertumbuh posistif, namun sekaligus juga terdapat tantangan yang semakin banyak.

"Alhamdulillah ekonomi terus tumbuh. Di tengah banyaknya tantangan ekonomi, pengembangan industri kereta api menjadi stimulus baru untuk semakin mengangkat ekonomi lokal sekaligus membawa sektor perkeretaapian nasional semakin berjaya," kata Anas.

Baca juga: Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik Resmi Diluncurkan BPPT, Disini Lokasinya

Penyerapan Tenaga Kerja Untuk Banyuwangi

Dalam setiap industri, pastilah ada penyerapan tenaga kerja yang menyertainya. Bupati Anas mengatakan PT INKA memiliki komitmen untuk terus mendorong penyerapan tenaga kerja lokal di The Sunrise of Java ini.

Anas percaya, dengan adanya pabrik kereta api terbesar di Indonesia ini akan mampu meningkatkan kualitas SDM generasi muda Banyuwangi. PT INKA, kata Anas, akan menggandeng SMK-SMK dan Politeknik Negeri Banyuwangi yang akan diberi pengenalan teknologi perkeretaapian.

Baca juga: Banyaknya SMK Tidak Berkualitas Karena Belum Ada Standar yang Jelas

"Kami juga mengapresiasi INKA yang menyelipkan unsur budaya lokal pada desain arsitektur bangunan pabrik baru tersebut. Sehingga nanti menjadi landmark baru sekaligus destinasi wisata," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro mengatakan, industri baru di Banyuwangi ini, nantinya akan menyerap banyak tenaga kerja. Baik di level manajerial maupun teknisi operasional. Diperkirakan total tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 3500 orang.

"Kebutuhan tenaga kerja pastinya kami utamakan bisa dipenuhi dari sekolah vokasi di Banyuwangi. Kami juga sudah bekerja sama dengan beberapa SMK untuk membuka kelas perkeretaapian," katanya.

Baca juga: Berhenti Kejar PNS, Sekarang Tenaga Digital Lebih Menguntungkan dan Dibutuhkan
Penulis: Wahyono
Editor : Noval Irmawan
Image : alinea(dot)id

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search