Mengintip Laboratorium Tester Smartphone Honor di Cina

- 2:10 AM
Mengintip Laboratorium Tester Smartphone Honor di Cina

Ketika ada kesempatan untuk melihat laboratorium tester smartphone Honor/Huawei di Cina, kami tidak menyiakannya. Smartphone memanglah temuan teknologi canggih yang memiliki proses manufaktur, pengembangan, dan pengujian yang menarik.

Semua perusahaan besar memiliki pusat pengujian mereka sendiri. Di mana mereka memastikan produk smartphonennya bisa dijamin kualitasnya ketika sudah sampai di tangan kita sebagai konsumen.

Kali ini, kami mendapat kesempatan untuk mengunjungi Laboratorium Perangkat di pusat R&D bersama Huawei / Honor di Beijing untuk melihat bagaimana pengujian produk mereka dilakukan.

Alat Penguji 1: Twist Tester

Twist Tester Smartphone Honor

Pengujian pertama yang harus dilewati setiap smartphone Honor, yakni Twist Tester. Di sini smartphone diberikan tekanan dari segala arah. Tujuannya bukan untuk mematahkan gadget itu, melainkan untuk melihat apakah ia melengkung ke batas yang diizinkan tanpa mempengaruhi kinerjanya.

Ketika semuanya terlihat baik-baik saja, maka smartphone akan menuju ke stasiun pengujian berikutnya.

Alat Penguji 2: Connector Durability Tester

Connector Durability Tester Smartphone Honor

Dari namanya sudah cukup jelas, Connector Durability Tester. Alat ini menguji setiap koneksi yang tersambung melalui konektor yang jumlahnya lebih dari seribuan. Setiap konektor akan disambungkan dan dicabut kembali.

Selain itu, tes juga dilakukan dengan posisi yang hampir salah ke konektor yang terpasang. Hal ini dilakukan untuk memastikan setiap alat tidak ada yang pecah. Termasuk USB-C dan jack audio diuji untuk memastikan kedua konektor ini akan tetap bekerja bahkan dalam kondisi ekstrem sekali pun.

Ketika melihat konektor USB-C disambungkan dengan cara yang tidak biasa. Tim penguji Honor bisa memastikan hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kinerja smartphone, bahkan tidak akan ada kejutan yang merugikan dalam penggunaan sehari-hari.

Alat Penguji 3: Tes Jatuh

Alat Penguji Tes Jatuh Smartphone Jatuh

Tentu saja, ada tes jatuh. Tidak seperti semua video YouTube, yang agak tidak ilmiah dan dengan sedikit pengulangan, Honor mengirimkan perangkat secara terkontrol menggunakan mesin khusus. Seorang pekerja memasang telepon pada sudut tertentu dan menjatuhkannya dari ketinggian tertentu. Ini dilakukan berkali-kali pada sudut yang berbeda untuk memastikan tidak ada titik lemah pada konstruksinya.

Pekerja itu tidak menjatuhkan teleponnya sendiri, sebuah mesin mempercepat handset ke balok marmer dan melepaskannya pada saat-saat terakhir untuk memastikan telepon tidak berputar di udara dan mengenai tanah sesuai sudut yang diinginkan. Fakta menyenangkan - pengujian sangat ketat sehingga blok itu sendiri perlu diganti setiap tiga bulan.

Baca juga: Yang Baru dan Berbeda Dari iPhone XS, XS Max, XR Dibanding iPhone X

Alat Penguji 4: Tes Suhu Dengan Oven

Penguji Suhu Smartphone Honor dengan Oven

Selanjutnya adalah oven yang digunakan untuk alat pengujian. Bagian dalamnya dipanaskan hingga 55 derajat Celcius dengan kelembaban hingga 90% - skenario kehidupan nyata di beberapa bagian dunia. Ponsel menghabiskan berhari-hari di dalam untuk memastikan mereka tidak mengalami kerusakan internal dalam kondisi seperti itu.

Alat Penguji 5: Tes Debu dan Air

Penguji Air dan Debu Smartphone Honor

Tentu saja ada juga tes biasa di lingkungan yang berdebu dan basah. Smartphone tidak harus memiliki nilai IP67 atau IP68 untuk mengatasi kabut atau hujan dan musim panas - setiap perangkat dari semua segmen harga akan melalui pengujian yang diwajibkan oleh regulator di China dan beberapa pasar lainnya.

Alat Penguji 6: Tes RFI

Penguji RFI Smartphone Honor

Laboratorium tes RFI adalah sesuatu yang cukup. Ponsel ini dipasang pada kepala kuning yang mensimulasikan konsistensi kepala manusia dengan konduktivitas, ukuran, orientasi handset, dll. Ruangan ini sepenuhnya terisolasi sehingga kekuatan sinyal dapat dikontrol dengan tepat untuk memastikan penerimaan hingga par.

Alat Penguji 7: Audio

Penguji Audio Smartphone Honor

Aula berikutnya adalah ruang audio. Ini memiliki dinding busa besar dan sangat tenang sehingga Anda dapat mendengar detak jantung Anda. Lengan mekanis oranye terhubung ke speaker dan lubang suara, mengukur suara dan suara-suara di sekitarnya.

Ada speaker besar di sekitar pengaturan, peledakan semua jenis suara - getaran kota, gunung, badai petir. Lingkungan terkendali ini memastikan semuanya bekerja dengan baik, bahkan jika beberapa kondisi tidak ada di dunia nyata.

Anda biasanya tidak melihat atau mendengar tentang ruang dan langkah pengujian ini sampai salah satu komponen gagal secara besar-besaran. Tapi ada baiknya untuk mengetahui bahwa produsen benar-benar memperhatikan daya tahan dan ketika ada sesuatu yang gagal itu karena desain outlier yang entah bagaimana tampil berbeda dalam kehidupan nyata daripada di laboratorium daripada karena kelalaian.

Baca juga: 10 Smartphone Gaming Terbaik yang Sering Digunakan Profesional
Sumber: gsmarena(dot)com Image : gsmarena(dot)com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search