Destinasi Wisata Jogja yang Cocok Dikunjungi Saat Liburan Natal

- 3:33 AM
Destinasi Wisata Jogja yang Cocok Dikunjungi Saat Liburan Natal

Mengunjungi beragam destinasi wisata Jogja (Yogyakarta) bisa menjadi pilihan terbaik menikmati liburan Natal. Setelah disibukkan dengan bergbagai aktivitas di hari-hari biasa, saatnya memanjakan diri dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Baca juga: Tren Traveling Naik Tinggi, Startup Baru Banyak Bermunculan

Destinasi Wisata Jogja Terbaik

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang layak untuk dikunjungi, mengingat banyak sekali destinasi wisata natal yang bisa kalian sambangi di akhir tahun ini.

Berikut ini adalah destinasi wisata natal yang ada di Yogyakarta.

1. Telaga Biru Semin

Destinasi Wisata Jogja - Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin terletak di dusun Ngemplak, desa Candirejo, kecamatan Semin Gunung Kidul, Yogyakarta. Telaga ini merupakan lokasi bekas tambang batu yang nampak seperti telaga dengan air yang berwarna biru kehijauan.

Anda akan dibuat kagum dengan keindahannya yang tidak kalah dengan Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur.

Terdapat tiga telaga di Semin yang masing-masing memiliki warna yang berbeda. Perbedaan warna tersebut diperkirakan karena dipengaruhi oleh kandungan tanah.

Menikmati libur natal di obyek wisata yang masih terbilang baru ini bersama orang terkasih akan sangat menyenangkan. Sensasi berada di Danau Kelimutu benar-benar akan terasa.

Bagi Anda yang hobi berenang, Anda bisa menikmati segarnya air di telaga Biru Samin. Jika Anda sekadar ingin berkeliling telaga, menyentuh airnya yang biru kehijauan dan menikmati indahnya pola lapisan tebing telaga, maka Anda bisa menyewa rakit untuk berkeliling telaga.

Berbagai spot foto menarik akan Anda temui di lokasi ini. Masing-masing telaga menyuguhkan spot foto yang berbeda-beda. Siapkan kamera Anda, dan abadikan momen liburan natal tahun ini.

Baca juga: Telaga Warna Dieng Wonosobo, Kecantikan Alam yang Tuhan Berikan

2. Flying Fox Mertelu

Destinasi Wisata Jogja Flying Fox Mertelu

Flying Fox Mertelu berlokasi di desa Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di kawasan Green Village.

Panjang lintasan flying fox mencapai 625 meter. Start-nya berada tepat di puncak Green Village, sedangkan ujungnya berada di sebelah timur kawasan Green Village.

Anda bisa merasakan sensasi meluncur dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam sambil menikmat keindahan wilayah Klaten dari ketinggian.

Meskipun baru diresmikan pada Agustus 2017, Anda tidak perlu ragu dengan keamanan dan kenyamanan flying fox yang satu ini.

Karena fasilitasnya berstandar internasional dengan mengadopsi tekonologi dari Prancis. Tidak tanggung-tanggung, tali lintasannya bahkan diimpor langsung dari Inggris.

Mengajak orang terkasih berlibur natal di tempat yang aman dan nyaman memanglah menjadi suatu keharusan. Agar keselamatan terjamin dan liburan berjalan dengan penuh suka cita.

Untuk bisa menikmati flying fox Mertelu, Anda cukup membayar Rp. 150.000 saja per orang. Jika Anda ingin mengabadikan momen spesial libur natal, pihak pengelola telah menyediakan kamera khusus yang bisa Anda sewa dengan harga Rp. 50.000 saja.

3. Desa Wisata Kalibiru

Destinasi Wisata Jogja Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Kalibiru merupakan sebuah hutan dengan ketinggian 450 mdpl yang kemudian disulap menjadi wisata alam.

Menghabiskan libur natal di desa wisata Kalibiru, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada, antara lain outbound yang terdiri dari flying fox dan jembatan monyet. Fliying fox hanya bisa digunakan pada hari Minggu saja, yaitu dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk bisa merasakan sensasi flying fox di tempat ini, Anda cukup membayar 10.000 per orang untuk dewasa, dan Rp. 5.000 per orang untuk anak-anak.

Selanjutnya ada jembatan monyet yang merupakan jembatan gantung, terbuat dari kayu yang dirangkai dengan tali. Jembatan tersebut terhubung dari satu pohon ke pohon yang lain.

Dari atas jembatan, Anda bisa menikmati kenindagan waduk Sermo yang lokasinya memang tidak jauh dari desa wisata Kalibiru.

Selain itu terdapat juga fasilitas tracking atau jelajah dengan jarak rute yang beragam, yaitu 1,5 km, 3 km, 5 km, dan 7 km. Anda bisa memilihnya sesuka hati.

Bagi Anda yang ingin menginap, tidak perlu khawatir karena di lokasi ini terdapat penginapan yang nyaman dan tentunya bernuansa alam. Atau Anda juga bisa mendirikan tenda di camping ground.

Bermalam di tenda menikmati nuansa natal yang kudus, akan memberikan kesan tersendiri di libur natal Anda kali ini.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, terdapat juga menara pandang. Dari atas menara ini Anda bisa menikmati hijaunya perbukitan Kalibiru, dan jika beruntung, Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Baca juga: Mengintip Keindahan Maladewa yang Menggoda

4. Puncak Kosakora

Destinasi Wisata Jogja Puncak Kosakora

Puncak Kosakora berlokasi Timur Pantai Drini, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke lokasi, Anda harus berjalan kurang lebih selama 30 menit dari Pantai Drini.

Meskipun terbilang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 50 mdpl, namun pemandangan dari atas puncak ini bisa memanjakan mata Anda. Jika melihat ke arah Timur, Anda akan disuguhi keindahan pantai Kukup, sedangkan di arah barat terhampar birunya Pantai Drini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset. Libur natal akan semakin syahdu tak kala Anda bersama orang terkasih bisa menikmati indahnya alam dari atas Puncak Kosaroka.

Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini yaitu pagi hari sebelum matahari terbit atau sore sebelum matahari terbenam. Bagi Anda yang ingin bermalam, lokasi ini juga bisa diguakan sebagai camping groud.

Bawalah perbekalan dari rumah, karena di lokasi ini tidak terdapat penjual makanan. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan. Jadikanlah libur natal sebagai wujud cinta kasih dan kepedulian terhadap alam serta lingkungan.

Baca juga: 9 Destinasi Wisata Malam Yogyakarta yang Keren Banget
Penulis: Anggita Aprilia S.
Editor : Noval Irmawan
Image : ksmtour(dot)com superadventure(dot)co(dot)id jogjawis(dot)blogspot(dot)com arwini(dot)com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search