Apple Mulai Serius Bikin Chip Modem Sendiri, Pasang di iPhone?

- 6:08 AM
Apple Mulai Serius Bikin Chip Modem Sendiri, Pasang di iPhone?

Apple sepertinya sudah mulai serius mengembangkan chip modem selulernya sendiri. Hal ini diketahui setelah perusahaan pabrikan iPhone itu mulai memberikan pengarahan tentang rencana tersebut kepada seorang pengembangnya.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini Apple masih menggunakan modem seluler buatan pihak lain. Dimulai dari Qualcomm yang memproduksi chip modem untuk iPhone secara penuh di awal pengembangannya.

Kemudian seiring berjalannya waktu, Apple mulai mengkombinasikan sebagian secara sama rata antara Qualcomm dan Intel. Tahun ini bahkan mulai secara eksklusif Apple berkolaborasi dengan Intel.

Baca juga: Apple Miliki Paten Pengarsipan pada Teknologi Blockchain

Saat ini, Apple mulai serius memngembangkan chip modem selulernya secara mandri. Hal ini beriringan dengan komitmen perusahaan untuk lebih banyak memiliki komponen nirkabel yang eksklusif.

Contoh nyatanya seperti Bluetooth dan chip Wi-Fi yang ada pada earphone Apple Watch dan AirPod terbaru. Dengan demikian Apple sangat besar kemungkinan ingin membuat sendiri modem untuk iPhone. Setelah sebelumnya mereka membuat CPU dan GPU sendiri.

Namun, ini baru sebatas pengembangan. Konsumen belum bisa berharap dapat menikmatinya dengan segera, seperti halnya menyambut tahun baru 2019.

Baca juga: Ini Gadget Apple Terbaru yang Bakal Diluncurkan Akhir 2018

Karena bagaimanapun, kompleksitas inheren yang terlibat dalam proses pengembangan chip seperti itu, bisa memakan waktu kurang lebih selama tiga tahun. Barulah kemudian iPhone dapat benar-benar menggunakan chip modem seluler buatan dapurnya sendiri.

Perkiraan sementara mungkin akan mulai produksi awal tahun 2020. Atau paling lambat muncul di tahun 2021. Ini akan menjadi pertimbangan waktu yang baik guna menghadirkan produk baru di pasar.

Baca juga: Yang Baru dan Berbeda Dari iPhone XS, XS Max, XR Dibanding iPhone X
Penulis: Noval Irmawan
Editor : Noval Irmawan
Image : appleinsider(dot)com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search