Tips Pintar Memilih Asuransi Agar Keuangan Tetap Stabil

- 8:42 AM
Tips Pintar Memilih Asuransi Agar Keuangan Tetap Stabil

Tips Pintar Memilih Asuransi Agar Keuangan Tetap Stabil : Asuransi adalah suatu hal penting yang dapat menjadikan hidup Anda lebih terasa mudah. Berbagai macam jenis asuransi banyak tersedia dan bisa dinikmati oleh semua orang, mulai dari asuransi jiwa, pendidikan, barang berharga, dan bahkan asuransi untuk jaminan hari tua Anda.

Namun, berbagai kebaikan asuransi tersebut terkadang tertutupi oleh stigma masyarakat umum bahwa asuransi adalah barang yang mahal dan membuang-buang uang saja. Selain itu, ada juga orang yang beranggapan bahwa program asuransi tidak diperlukan dikarenakan realita kehidupan akan berjalan normal sebagaimana mestinya. Baik itu buruk maupun baik.

Pada dasarnya, asuransi tidak akan memberatkan penggunanya jika memang mereka selektif dalam memilihnya. Dengan menggunakan asuransi Anda juga bisa terhindar dari kemungkinan terburuk dari sebuah peristiwa buruk yang menimpa. Contohnya ketika Anda sakit dan Anda membutuhkan banyak uang untuk biaya berobat. Di saat yang bersamaan kondisi keuangan Anda sedang tidak sehat. Maka, di sinilah asuransi berperan. Hal ini juga berlaku untuk jenis asuransi lainnya.

Jadi, bagaimana cara kita memilih asuransi agar keuangan kita tetap stabil alias tidak mengganggu biaya sehari-hari?

Tips Pintar Memilih Asuransi Agar Keuangan Tetap Stabil


1. Memilih Jenis Asuransi yang Paling Dibutuhkan

Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sama pentingnya bagi rumah tangga. Jika terpaksa memilih, maka dahulukan kepemilikan asuransi kesehatan. Program BPJS Kesehatan dapat membantu, namun akan lebih baik jika dilengkapi oleh asuransi jiwa.

Setelah minimal memiliki BPJS Kesehatan, maka berikutnya Anda sebaiknya membeli Asuransi Jiwa. Asuransi kerugian seperti asuransi rumah dan asuransi kendaraan baik dimiliki setelah Anda memiliki asuransi kesehatan dan jiwa.

2. Sesuaikan Dengan Kemampuan dan Kebutuhan Dana

Untuk asuransi kesehatan, saya sarankan untuk mengambil manfaat minimal yang sesuai dengan kemampuan membayar premi.

Sedangkan, untuk asuransi jiwa maka besaran untuk menentukan uang pertanggungan pada umumnya dihitung berdasarkan jumlah kebutuhan biaya hidup tanggungan selama 5 tahun ke depan. Harapannya, pasangan yang ditinggalkan mampu untuk berpenghasilan di tahun-tahun berikutnya.

3. Menentukan Jasa Asuransi yang Tepat

Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan produk asuransi. Pilihan dapat dijatuhkan untuk perusahaan yang memberikan manfaat lebih untuk premi yang lebih rendah, kemudahan melakukan klaim, dan jaringan yang luas.

Tanyakan pada teman atau kerabat yang bisa memberikan rekomendasi, dan lakukan perbandingan juga dari beberapa agen asuransi dari perusahaan asuransi yang berbeda.

4. Pilih Jasa Asuransi yang Telah Bekerjasama Dengan Rumah Sakit Langganan

Tentunya Anda memiliki rumah sakit favorit yang sudah menjadi langganan keluarga. Kalau Anda sakit, akan lebih nyaman untuk pergi ke rumah sakit langganan karena sudah kenal dengan dokter dan rekam medis sudah tercatat.

Anda juga bisa memperoleh referensi dari bagian administrasi rumah sakit, asuransi mana yang terbaik. Kerjasama yang baik antara rumah sakit dan perusahaan asuransi, akan membuat proses administrasi juga lebih sederhana.

5. Utamakan Jasa Asuransi yang Memiliki Fasilitas Cash-less

Pastikan asuransi kesehatan yang dimiliki bersistem cash-less atau tanpa jaminan uang tunai. Dengan demikian, kekhawatiran Anda akan berkurang dengan fasilitas kenyamanan yang ditawarkan.

Kesimpulan

Pada dasarnya masih banyak faktor yang bisa menentukan bagaimana kita bisa memilih asuransi agar keuangan tetap stabil. Namun, saya rasa kelima tips pintar di atas cukup merepresentasikan masalah utama yang sering muncul dalam kehidupan kita sehari-hari.

Inti dari tips tersebut adalah bagaimana cara kita untuk lebih selektif memilih jenis asuransi maupun jasa asuransinya, ditambah juga harus menyeseuaikan dengan keadaan keuangan kita. Apakah dengan menggunakan asuransi akan lebih memudahkan hidup kita, atau justru akan membebani.
Author : Noval Irmawan Image : www.petersterlacci.com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search