Peluang Bisnis Online Hanya Bermodal Instagram

- 3:55 PM
Peluang Bisnis Online Hanya Bermodal Instagram

Peluang bisnis online tidak hanya berlaku bagi mereka yang mengerti coding untuk membuat website atau aplikasi, namun juga pengguna instagram. Saat ini media sosial seperti instagram telah menjelma menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Kebanyakan dari mereka bahkan memulai usahanya secara kebetulan.

Larisnya instagram tidak lepas dari fakta bahwa jejaring sosial satu ini memiliki jumlah pengguna terbanyak ke tujuh di dunia. Dimana Indonesia berada di posisi tiga besar dengan 55 juta pengguna aktif. Sementara di urutan teratas masih ada Amerika Serikat dengan 110 juta pengguna.

Tidak heran jika instagram selain sebagai jejaring sosial untuk berbagi foto, juga digunakan untuk memasarkan produk bisnis.

Nah, jika demikian, kenapa kita sendiri tidak memanfaatkannya sebaik mungkin. Ada banyak peluang bisnis online yang hanya butuh modal akun instagram. Apa saja?

1. Berjualan Barang di Instagram

Instagram adalah media sosial berbasis foto, dimana tampilannya tak ubahnya sebuah etalase toko online. Kita dapat memajang gambar produk dagangan dengan rapih dan menarik, sedikit keterangan (caption) dapat menjadi pemikat bagi calon pembeli.

Walaupun ini adalah cara yang paling umum dan banyak dilakukan oleh pengguna lain. Tapi toh keefektifannya tidak pernah diragukan. Kaum milenial jaman now bahkan banyak yang lebih memilih berbelanja di instagram dari pada di toko online biasa. Alasannya tentu karena media sosial ini lebih praktis. kita tidak perlu menginstal banyak aplikasi untuk dapat melihat sebuah produk.

Selain itu, berjualan barang di instagram dapat memudahkan kita untuk menentukan target pasar. Sebagai contoh kita hendak memulai usaha berjualan busana anak muda di instagram, maka kita dapat menargetkan agar memiliki followers anak muda.

Adapun barang-barang yang bisa dijual di instagram antara lain: pakaian, aksesoris, gadget, perlengkapan elektronik, dan masih banyak lagi. Tidak ada batasan barang yang dapat dijual. Bahkan banyak juga yang menjual obat di Instagram.

2. Menawarkan Jasa di Instagram

Hampir sama dengan berjualan barang di instagram, menawarkan jasa juga cukup menjanjikan. Bedanya, jika berjualan barang kita memajang produk, namun jika menawarkan jasa kita bisa memajang portofolio atau hasil dari jasa tersebut yang pernah dikerjakan.

Sebagai contoh: Kita jago di bidang desain grafis, maka yang harus dipajakan adalah contoh-contoh logo yang pernah dibuat, atau desain dan gambar-gambar vector, dan lain sebagainya.

Atau bisa juga, jika kita ahli di bidang bangunan, kita dapat memajang foto atau arsitektur yang pernah kita kerjakan. Tidak ada batasan jasa yang bisa dipromosikan lewat instagram. Semakin banyak dan bagus portofolio yang kita unggah. Maka semakin menarik perhatian konsumen untuk menggunakan jasa tersebut.

3. Menjadi Endorser di Instagram

Untuk peluang bisnis online yang ketiga ini, kita tidak membutuhkan barang atau jasa apapun. Yang kita harus punyai hanyalah followers yang banyak. Semakin banyak followers yang kita miliki, maka akan semakin menarik perhatian pemilik produk (mungkin penjual barang dan penawar jasa seperti contoh nomor 1 dan 2).

Artinya, endorser berbisnis dengan model business to business (B2B). Kita akan memperoleh pendapatan dari bisnis orang lain karena telah mempromosikannya.
Penulis: Noval Irmawan
Editor : Noval Irmawan
Image : webfriendly.com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search