Lebarkan Sayap, Garuda Ambil Alih Sriwijaya Air Group

- 8:03 PM
Lebarkan Sayap, Garuda Ambil Alih Sriwijaya Air Group

Garuda Ambil Alih Sriwijaya Air Group - Garuda Indonesia Group melalui anak usahanya PT Citilink Indonesia mengambil alih pengelolaan operasional Sriwijaya Air Group yang di dalamnya terdapat maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan NAM Air. Pengambil-alihan ini disepakati dalam bentuk Kerjsama Operasi (KSO). Hal ini diungkapkan CEO Sriwijaya Air, Chandra Lie.

"Namanya KSO, Mohon doa dan dukungannya," katanya, Rabu (14/11/2018).

Dengan adanya kesepakatan ini, ke depannya, seluruh operasional Sriwijaya Group termasuk finansial akan berada di bawah pengelolaan KSO tersebut. Adapun KSO yang dilakukan oleh Citilink dan Sriwijaya Group ditandatangani pada 9 November 2018.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., Ari Askhara, mengatakan bahwa alasan pengambil-alihan ini ditujukan untuk membantu Sriwijaya Air Group dalam memperbaiki kinerja operasinya, termasuk dalam pengelolaan keuangannya. Serta membantu Sriwijaya Air memenuhi komitmen dan kewajibannya terhadap pihak ketiga yang di antaranya ada pada lingkungan Garuda Indonesia.

Upaya Strategis Melawan Lion Air

Bersatunya dua aliansi maskapai ini dapat dibaca sebagai bentuk gebrakan untuk melawan Lion Air. Seperti diketahui bahwa saat ini pasar penerbangan domestik masih dikuasai oleh Lion Air. Ari Askhara bahkan mengatakan ini merupakan langkah strategis dalam mengelola pangsa pasar penumpang angkutan udara hingga 51%.

Di sisi lain, Candra Lie juga berkata senada. "Kami berharap dengan KSO yang akan dikelola oleh Citilink ini dapat membantu pemulihan Sriwijaya Air Group di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Kami yakin Garuda Indonesia Group mempunyai kapabilitas yang sangat baik dalam mengelola bisnis Airline,".
Author : Noval Irmawan Image : wikimedia.org

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search