Cara Menghilangkan Virus Iklan di Browser PC / Laptop (Panduan Lengkap)

- 6:26 AM
Cara Menghilangkan Virus Iklan di Browser PC / Laptop

Bagaimana cara menghilangkan virus iklan membandel di laptop atau komputer teman-teman? Kadang iklan juga bisa membuat kita terganggu saat akan melakukan aktivitas di layar komputer atau laptop.

Sebagai publisher iklan kita seharusnya membuat pengunjung tidak merasa terganggu, iklan yang mengganggu pengunjung web atau pengguna komputer biasanya seperti pop-up yang berkali-kali sehingga tab di browser penuh.

Akan tetapi hal ini masih bisa dikatakan menganggu yang tidak terlalu. Ada lagi yang membuat pengguna komputer atau laptop yang menggunakan windows tiba-tiba iklan muncul beranda desktop atau di semua tampilan browser kita, Sehingga aktivitas kitapun terganggu.

Panduan Lengkap Membasmi Virus Iklan

Jenis-jenis iklan yang menganggu pun berbeda-beda, seperti iklan yang ada di google crome yang membuka tab sendiri dan iklan yang sering muncul-muncul sendiri di browser padahal kita belum memasuki sebuah web atau blog milik seseorang.

Cara mengatasi virus iklan ini pun beragam caranya. mulai dari yang mudah sampai yang sulit, akan tetapi tenang saja, di sini akan dibahas semuanya sampai permasalahan temen-temen terhadap iklan yang menganggupun terselesaikan.

Penyebab Virus Iklan di Browser PC

Penyebabnya pun sangat beragam, akan tetapi munculnya virus iklan ini lebih banyak kita mendownload dan menginstal virus yang kita kira itu sebuah software yang apabila virus itu terinstall dan sudah terpasang pada laptop maupun komputer teman teman maka virus itu akan berjalan sendirinya, yang paling parah yaitu dia selalu membuka browser sendiri dan membuka tab-tab sendiri yang mana mengunjungi sebuah web iklan.

Terkadang virusnya pun membuka CMD sendiri dan menutup sendiri berulang-ulang sehingga membuat kita merasa terganggu saat sedang menggunakan laptop atau komputer kita. Browser mozila firefox dan crome pun terkadang bisa mengalami terkena virus. sehingga tutorial cara menghilangkan iklan di browser mozilla firefox dan google crome pun perlu dibahas bersama sama juga dipostingan ini.

Virus Iklan Pada Desktop

Dari sekian banyaknya iklan yang mengganggu seperti virus, biasanya iklan tersebut otomatis terpasang pada laptop kita disaat kita menginstal suatu software. Sebenernya banyak sekali jenis-jenis virus iklan yang sangat menganggu, hal ini bisa dikatakan tidak lazim, mengapa tidak lazim? ya karena seseorang yang menyebar virus spam yang mana tujuannya hanya untuk dirinya sendiri dan bisa saja merugikan orang lain.

Iklan-iklan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah virus iklan yang membuka cmd sendiri yang banyak sekali, lalu ada juga iklan yang menempel di desktop laptop atau komputer kita, iklan yang mana selalu membuka tab baru pada google crome sendirinya saat kita terkoneksi internet maupun tidak dan virus iklan pada browser lainnya seperti mozila firefox dan lain lainnya.

Masalah sebenarnya adalah bukan pada browsernya, melainkan akan kelalaian kita disaat mendownload sesuatu file atau software yang merupakan bajakan atau tidak berlicensi dan kita tidak tahu apakah yang kita download itu adalah file asli atau bahkan virus.

Untuk mengeceknya kita dapat melihat dari isi file tersebut. berapakah ukuran file aslinya tersebut, apabila temen temen disini mendownload sebuah software yang berat dan besar tentu saja ukuran file tersebut pastilah besar, akan tetapi jika sebaliknya itu adalah virus dan lebih baik jangan di install.
Sebenernya dengan cara mendownload file atau software dari website aslinya adalah solusi yang jitu untuk menghindari akan file yang terkena virus

Lalu bagaimana jika kita terlanjur sudah menginstal virus? virus ini pun berbagai macam dan variasi, mulai dari virus yang biasa aja dan sampai virus yang sangat nyebelin atau bisa disebut dengan menggangu aktivitas kita saat menjalankan laptop atau komputer kita.

Virus yang masih mending pada browser merupakan virus yang terinstall pada add ons browser kita, sebagaimana kita harus menginstall add ons tersebut dan menjalankannya. sehingga aktivitas kita di browser pun sedikit terganggung atas adanya virus itu. Sedangkan virus yang sangat menggangu adalah virus spam yang dimana saat beberapa menit sekali virus itu akan membuka tab jendela pada browser secara otomatis dan membuka sebuah website dan terjadi secara beruntun dan berulang-ulang.

Cara Membersihkan Virus Iklan Pada Browser

1. Virus Adds Ons

Apabila teman-teman menginstall add ons pada browser. maka langkah harus teman-teman lakukan adalah membuka browser > lalu pilih setting > add ons > dan uninstall Add ons jika menurut teman-teman yang menganggu.

2. Virus Browser Membuka Tab Sendiri

Jika teman teman merasa sangat lamban dan berat saat membuka browser dan terkadang browser masih saja membuka tab sendiri secara beruntun. lebih baiknya teman-teman menguninstall kembali browsernya.

Caranya : Search > control panel > Uninstall a program > lalu pilih program atau software yang temen temen akan di unsintall, dan saya sarankan kembali lagi untuk mendownlaod ulang browser pada website resminya.

Untuk permasalahan pada browser pun sudah selesai.

Sudah menginstall ulang browsernya kok masih terasa berat ya windows saya dan terkadang masih muncul iklan sendiri pada desktop di laptop dan komputer saya, bagimana cara mengatasinya?

Terkadang laptop kita pun terasa berat dan sesaat ngelag. Akan tetapi harus temen temen ketahui, bahwa penyebab lag atau hang pada laptop atau komputer anda ada banyak sekali. Lalu apa sajakah itu? mari kita simak berikut ini:

Cara Memperbaiki Virus Penyebab Lag (Lambat) Komputer

1. Laptop Lag dan Ada Virus Iklan di PC

Masalah pertama, apabila laptop temen-temen merasa lag, yang harus temen-temen lakukan pertama adalah mengeceknya dan melihat history pada saat sebelum lag, apakah temen-temen menginstall sesuatu dan sehabis itu lag atau tiba tiba lag saja?

Apabila laptop atau komputer temen temen merasa lag atau lambat setelah install sesuatu. dapat dicurigai penyebab utamanya adalah software yang temen temen download begitu besar dan spek laptop atau komputer temen temen tidak memadai sehingga saat menjalakan software tersebut, laptop atau komputer temen temen merasa lag dan lambat.

Akan tetapi jika sebaliknya, laptop atau komputer merasa lag dan lambat secara tiba tiba. dapat dicurigai itu adalah virus yang masuk saat temen temen dalam keadaan online. dapat diatasi dengan menscan seluruh hardisk temen temen menggunakan antivirus yang terbaru.

Baca juga :
 - 10 Antivirus Paling Ringan Terbaik Untuk PC (Komputer)

2. Komputer Lag Setelah Scan Menggunakan Antivirus

Apabila laptop temen teman masih saja mengalami lag atau lambat setelah cara di atas dilakukan dan tetap saja tidak ada perubahan. biasanya hal tersebut virus pada laptop anda sudah memasuki area sistem pada local data C. sehingga dia bersemayam di sana dan menguras tenaga laptop anda sampai laptop temen temen merasa berat dan terjadilah Lag.

Jika cara di atas tetap saja tidak bisa, lebih baik mimin untuk diinstal ulang kembali OS komputer temen temen, sebelum di Instal ulang, alangkah baiknya untuk membackup file file penting pada laptop temen temen, jika temen temen masih belum bisa menginstal ulang windows pada laptop. Alangkah baiknya untuk membawanya ke tempat teknisi komputer terdekat.

3. PC Lag dan Panas

Jika laptop temen temen merasakan panas dan tiba tiba lag, dapat dipastikan bahwa laptop temen temen mengalami masalah yang cukup serius. masalahnya bukan terdapat pada software maupun virus, melainkan adalah terhadap hardwarenya.

Sebenarnya masalah inipun termasuk mudah untuk ditangani, hanya saja temen temen harus mempunyai keahlian dan keberanian untuk mengatasi hal tersebut. Cara memperbaiki laptop panas dan Lag pun hanya membersihkan area kipas dan kipasnya saja yang tertanam di dalam motherboard laptop anda dan tambahkan sedikit pasta pada processor laptop temen temen.

Jika temen temen masih belum bisa membongkar laptop alangkah baiknya untuk membawanya ketempat teknisi terdekat.

Penyebab pada laptop panas dan lag secara tiba tiba adalah tersumbatnya aliran angin panas yang keluar pada laptop. biasanya sih temen temen di sini memainkan laptopnya di atas kasur atau benda benda yang empuk di bawah laptop sehingga angin keluar pun tertutup. Hal itu sangat membahayakan, lebih parahnya lagi laptop kesayangan temen temen bisa mati total dan tidak bisa hidup kembali.
Penulis : Apip Nur Iman Gambar : DroidViews.com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search