Cara Chatting WhatsApp Sambil Nonton Video di PiP Mode

- 3:29 AM
Cara Chatting WhatsApp Sambil Nonton Video di PIP Mode

WhatsApp merilis fitur baru dalam aplikasi mobile-nya bagi mereka yang gemar nonton video, baik dari Youtube, Instagram, maupun Facebook. Mereka menamakan fitur tersebut picture-in-picture (PiP). Sebelumnya, layanan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna iOS saja, namun kini, fitur tersebut juga sudah tersedia di Android, walaupun masih dalam versi beta 2.18.301.

Seperti diberitakan, WhatsApp memperkenalkan fitur PiP pertama kali di konferensi Facebook F8 di California, Amerika Serikat pada Mei lalu. Menilik perjalannya sepanjang 2018, WhatsApp telah menghadirkan banyak layanan dan fitur baru untuk platform-nya, mulai dari aplikasi mandiri WhatsApp Business, fitur video call grup, penambahan fungsi admin, hingga beri tanda "forward" untuk pesan terusan.

Fitur PiP atau PiP mode memungkinkan pengguna menonton langsung video dari Instagram, Facebook, dan YouTube, tanpa harus keluar dari jendela WhatsApp. Video bakal terputar otomatis di jendela (layar) kecil, sehingga pengguna bisa menonton sambil chatting dengan teman, keluarga, atau orang terkasih.

Dengan adanya fitur ini dapat mempermudah pengguna ketika diharuskan membuka pesan WA namun tidak ingin meninggalkan video yang sedang ditontonnya. Chatting bisa lebih seamless dan real-time karena tak ada jeda untuk keluar-masuk aplikasi.

Untuk video di Instagram, hanya video di linimasa saja yang mendukung PiP mode. Sedangkan video di Stories belum bisa muncul di jendela kecil ketika membuka WA.

Baca juga :
3 Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor HP

Cara Menggunakan Fitur PiP WhatsApp

Cara Menggunakan Fitur PiP WhatsApp

Hal pertama yang harus dilakukan agar fitur PiP WhatsApp bisa digunakan adalah dengan (1) membagikan tautan video Instagram, Facebook, atau YouTube ke teman chatting pengguna.

Kemudian, untuk memunculkan jendela kecil pengguna hanya cukup (2) menekan link video yang dibagikan tadi.

Jika sudah, pengguna bisa mengeser atau memperbesar jendela video sesuai keinginan, tanpa perlu keluar dari aplikasi WhatsApp. Selain itu, pengguna juga bisa bisa melakukan berbagai tindakan atas video yang dibagikan, mulai dari jeda (pause), putar (play), dan berhenti (stop).

Perbedaan Fitur PiP di iOS dan Android

Di iOS, video yang tengah diputar pada jendela kecil akan tetap berjalan ketika pengguna menutup jendela obrolan atau berpindah dari satu obrolan ke obrolan lain. Video tersebut hanya akan berhenti ketika pengguna yang melakukannya saja secara manual.

Sementara di Andorid, video akan otomatis berhenti berputar atau tertutup jendelanya ketika pengguna berpindah obrolan dengan teman lain yang tidak terkait dengan video yang dibagikan.

Dilansir dari berbagai sumber, belum jelas apakah perbedaan fitur PiP di Android dan iOS akan selamanya berbeda, atau mungkin bakal sama ketika versi di Android sudah resmi dirilis ke publik, bukan versi beta.

Baca juga :
Keunggulan e-Chat Dibandingkan Aplikasi Perpesanan Lainnya
Penulis : Noval Irmawan Gambar : 9to5google.com & ytimg.com

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search