Cara Ampuh Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Dengan Baik dan Benar

- 7:22 AM
Cara Ampuh Memperbaiki Kartu SD yang Baik dan Benar

Kartu SD (memori eksternal) seringkali kita gunakan untuk menambah storage di smartphone yang tidak cukup hanya dengan memori internalnya saja. Namun apa jadinya jika kartu SD tersebut rusak? Bagaimana cara memperbaikinya?

Banyak kasus yang menjadi penyebab rusaknya kartu SD, ada yang rusak sejak pertama beli, atau rusak karena virus atau hal lain yang mengakibatkannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa contoh rusaknya kartu SD tersebut mengharuskan kita memperbaikinya, apalagi jika di dalamnya terdapat file penting yang harus diselamatkan.

Untuk membantu kamu yang mengalami masalah terkait kartu SD yang rusak, disini kami akan memberikan sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara memperbaiki kartu SD (memori eksternal) yang rusak dengan cara yang benar.

5 Trik Jitu Memperbaiki Kartu SD yang Rusak


1. Membersihkan Konektor Kartu SD yang Tidak Terbaca

Membersihkan Konektor Kartu SD yang Tidak Terbaca

Membersihkan konektor kartu SD bisa kamu lakukan jika menemukan masalah terhadap kartu SD yang tidak terbaca maupun terdeteksi saat dimasukkan ke dalam gadget yang kamu miliki. Langkah yang bisa kamu lakukan dapat dimulai dengan :

  1. Mengeluarkan kartu SD dari perangkat gadget, baik itu smartphone, kamera maupun actioncam.
  2. Bersihkan lempengan tembaga (warna kekuningan) yang terdapat pada kartu SD. Lempengan ini berfungsi sebagai konektor. Kamu dapat menggunakan penghapus atau bahan pembersih khusus dengan cara menggosok-gosok secara perlahan sampai dirasa cukup bersih dari debu atau kotoran lainnya.
  3. Setelah selesai, coba masukkan kembali ke dalam gadget milikmu. Jika berhasil terbaca maka masalah selesai, namun, jika tidak maka mungkin faktornya bukan itu.

2. Coba Pasangkan Kartu SD Pada Perangkat Lain

Coba Pasangkan Kartu SD di Perangkat Lain

Setelah mencoba langkah pertama dan belum berhasil, kita coba berasusmi bahwa bukan kartu SDnya yang rusak, melainkan ada faktor lain. Coba pasangkan kartu SDmu pada perangkat lain, baik yang serupa seperti smartphone ke smartphone atau kamera ke kamera, maupun ke perangkat yang berbeda namun tetap harus memungkinkan, seperti kamera ke laptop atau kamera ke smartphone.

Silahkan cek apakah kartu SD tersebut dapat terdeteksi dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak jika dipasang di perangkat yang berbeda. Jika ternyata masih tetap saja sama, maka mungkin masih ada faktor lain yang menyebabkan kartu SD kamu tidak berfungsi dengan baik.

3. Cek Kerusakan Dengan Bantuan Laptop/ PC

Cek Kerusakan Dengan Bantuan Laptop/ PC
Untuk memastikan apakah ada kerusakan dalam sistem kartu SD kamu, maka kamu dapat mengeceknya menggunakan komputer/ laptop. Cara ini bisa kamu lakukan jika masalah pada kartu SD tersebut tidak bisa di-format.

  1. Masukkan kartu memori ke dalam smartphone dan hubungkan ke PC/laptop dengan menggunakan kabel data, atau bisa juga langsung memasukannya ke slot memori yang ada di laptop.
  2. Jika sudah terhubung, untuk smartphone ubah terlebih dahulu mode dari Media transfer mode (MTP) ke dalam mode Mass storage mode (MSC).
  3. Selanjutnya buka Explorer (Windows + E) lalu klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu hingga proses selesai. Lihat gambar di atas.
  4. Jika terdapat error, pilih perbaiki (repair) pada menu yang tersedia.
  5. Kalau sudah selesai, eject kartu SD dan cek pada smatphone/ kamera apakah sudah kembali normal atau belum.

4. Format Kartu SD

Cara Format Kartu SD Pada Android dan Komputer

Setelah ketiga cara sebelumnya dilakukan untuk memperbaiki kartu SD eksternal kamu dan belum membuahkan hasil, maka kemungkinan selanjutnya adalah kamu harus merelakan file yang ada didalamnya dengan cara memformat. Atau jika masih memungkinkan kamu bisa membackup terlebih dahulu sebelum memformatnya.

Cara Format Kartu SD Eksternal Pada Android

  1. Pertama, pastikan kartu SD sudah terhubung dengan smartphone Android yang kamu gunakan. Lalu pergi ke menu Settings > Storage > Portable storage dan pilih drive kartu SD kamu.
  2. Selanjutnya pilih menu Storage settings > Format > Erase & format. Tunggu proses hingga selesai.
  3. Terakhir, kamu tinggal cek kartu SD apakah sudah terformat dan kembali berfungsi normal atau belum.
Catatan : Cara format kartu SD di setiap perangkat android mungkin akan berbeda-beda, tergantung dari merek, tipe dan lainnya.

Cara Format Kartu SD Pada Komputer/ Laptop

  1. Hubungkan kartu SD menggunakan card reader dan tunggu hingga terhubung.
  2. Buka Explorer (Windows + E) lalu pilih pada drive kartu SD. Klik kanan lalu pilih menu Format.
  3. Lakukan langkah format kartu SD dan tunggu hingga proses selesai. Jika sudah, cek dan pastikan apakah sudah bisa dipakai atau belum.

5. Ganti Kartu SD Lama Dengan yang Baru

Cara Ampuh Memperbaiki Kartu SD yang Baik dan Benar

Langkah Terakhir yang pasti ampuh adalah mengganti Kartu SD lama kamu yang rusak dengan yang baru. Tentu ini bukan lelucon, karena jika keempat cara di atas sudah kamu lakukan, maka kecil kemungkinannya untuk bisa diperbaiki. Cara satu-satunya adalah dengan menggantinya.

Kesimpulan

Itulah 5 Cara Ampuh untuk memperbaiki kartu SD kamu yang mengalami eror atau rusak. Kelima cara tersebut hanyalah saran dari kami, dan jika kamu memiliki pengalaman yang berbeda dan solusi yang berbeda dan terbukti berhasil, kamu dapat berbagi dengan teman-teman lainnya melalui kolom komentar di bawah. Jika kami rasa itu cukup membantu, maka akan kami masukan ke dalam bagian artikel ini. Demikian, semoga bermanfaat.

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search