Fungsi dan Fitur Smadav Antivirus Terbaru (Pro vs Free)

- 3:43 PM

Membicarakan antivirus, tentu kita tidak boleh melewatkan Smadav beserta fitur-fitur unggulannya, baik untuk versi free maupun pro. Smadav sendiri adalah antivirus kebanggaan Indonesia karena dibuat dan dikembangkan oleh anak bangsa sendiri. Software untuk komputer (PC) ini pun beda dari yang lain, karena berfokus sebagai proteksi tambahan, bukan proteksi utama di dalam sistem.

Menutur keterangan resmi di situs Smadav, di versi terbarunya mereka mengunggulkan fungsi utamanya sebagai antivirus, yaitu sebagai antivirus flashdisk (FD), lapisan pertahanan kedua, dan anti-ransomware. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

Fungsi Utama Smadav Antivirus

1. Antivirus USB Flashdisk

Jika bukan Smadav, kita akan kesulitan menemukan fungsi sejenis di software antivirus lainnya. Karena tentu saja para pengembang aplikasi lainnya lebih mengkhususkan pada pembersihan di dalam sistem komputer.

Kenapa fungsi Smadav berfokus ke flashdisk?

Seperti kita tahu sebuah istilah yang berbunyi "lebih baik mencegah daripada mengobati", mungkin ini menjadi dasar filosofis pengembang yang diterapkan sehingga Smadav fokus untuk mencegah virus masuk dari luar (utamanya dari flshdisk) agar tidak mejangkiti komputer.
Ya, flshdisk memang sering berpindah tempat, dari satu colokan PC/ Laptop ke colokan PC/ Laptop lainnya. Dari sinilah virus ditularkan layaknya virus (penyakit) pada manusia.
Fungsi utama Smadav pada flashdisk adalah mendeteksi virus lebih awal sebelum masuk ke komputer. Smadav mempunyai teknologi khusus untuk pencegahan virus yang menyebar melalui USB Flashdisk. Smadav mempunyai cukup banyak signature virus yang menginfeksi flashdisk, dan mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database Smadav.

Tidak hanya pencegahan, Smadav juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut. Antivirus ini sangat baik digunakan untuk komputer yang jarang atau bahkan tidak terkoneksi ke internet. Smadav tidak perlu melakukan update sesering antivirus lainnya. Smadav tidak terlalu tergantung pada signature/ database virusnya, tapi lebih bergantung kepada teknik deteksi behavior, heuristic, dan whitelisting.

2. Lapisan Pertahanan Kedua

Selaras dengan keunggulan sebagai antivirus USB flashdisk, smadav adalah tipe antivirus yang didesain sebagai proteksi tambahan, sehingga kompatibel dan dapat berjalan dengan baik bersamaan dengan antivirus lain yang terinstal di komputer sebagai proteksi utama.

Smadav mempunyai caranya sendiri (behavior, heuristic, dan whitelisting) dalam mendeteksi dan membersihkan virus sehingga akan lebih meningkatkan keamanan di komputer tersebut.

Karena penggunaan resource Smadav yang sangat kecil, sebagian besar kasus saat aktif hanya memerlukan memori di bawah 5 MB, dan penggunaan CPU yang sangat kecil (dibawah 1%). Smadav tidak akan menambah berat kinerja komputer Anda dalam penggunaannya. Jadi, dengan perpaduan proteksi antara Smadav dan antivirus yang sudah terinstall di komputer, akan semakin memperkuat pertahanan komputer Anda dari infeksi virus.

Baca juga : 10 Antivirus Paling Ringan Terbaik Untuk PC (Komputer)

3. Anti-Ransomware

Tidak hanya proteksi terhadap virus, Smadav juga berguna sebagai proteksi tambahan untuk ransomware. Adapun fitur ini hanya tersedia di dalam paket versi PRO.

Fitur-Fitur Smadav Antivirus Terbaru

1. Scanner


Fitur pertama dan yang utama pada sebuah antivirus seperti Smadav adalah Scanner. Fitur ini memberikan pilihan scan otomatis sekali klik berupa scan cepat yang mengedepankan bagian penting saja untuk pengecekan rutin dan juga scan semua untuk memindai secara menyeluruh setiap file yang ada di komputer dari virus.

Di bagian scanner Anda juga akan melihat laporan hasil dari pemindaian (scan) virus berupa jenis virus, registry dan menampilkan file yang tersembunyi akibat virus.

2. Protect


Untuk bagian fitur Protect atau proteksi, Anda akan mendapati pengaturan untuk Anti-ransomware. Dimana pilihan untuk pengaturan ini antara lain adalah pengizinan atau memblokir Windows Script, Program tidak dikenal di USB Falshdisk, dan pemblokiran sharing file/ printer pada jaringan lokal.

Fitur utama di bagian Protect adalah pengaturan Enable/ Disable untuk proteksi di perangkat komputer Anda. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat pada gambar di atas.

3. Tools


Bagian fitur Tools lebih dikhususkan bagi Anda pengguna Smadav Pro. Beberapa tools yang dapat digunakan pada Smadav Pro untuk membersihkan virus secara manual yaitu :

  • One-Virus By-User, untuk menambahkan file virus dan membersihkannya secara manual
  • Process Manager, untuk mengatur proses dan program yang berjalan di PC.
  • System editor, untuk memperbaiki pengaturan sistem yang diubah virus.
  • Win-Force, untuk membuka program manajemen sistem di Windows.
  • Smad-Lock, untuk memperkuat pertahanan drive komputer dari infeksi virus.

4. Settings


Bagian Settings berisi pengaturan dasar untuk Smadav versi Free, dan pengaturan tambahan untuk Smadav versi Pro. Pengaturan yang dimaksud seperti General Settings, Scanner Settings dan Quarantine.

5. Pro


Untuk bagian ini hanya sebagai bonus saja dan tidak dibahas terlalu dalam, karena hanya berisi perbedaan fitur-fitur yang ada di Smadav versi Free dan Smadav versi Pro. Keterangan lainnya termasuk dengan cara beralih dari versi Free ke versi Pro.

Kesimpulan

Sebagai akhir dari pembahasan ini, sudah selayaknya kita menarik benang merah. Bahwa Smadav sangat dianjurkan untuk Anda semua sebagai proteksi tambahan di PC (Komputer) agar lebih aman dan terhindar dari virus. Seperti yang dianjurkan oleh pihak Smadav sendiri, bahwa Anda sebaiknya menginstal antivirus lain sebagai proteksi utama komputer dan menyandingkannya dengan Smadav.

Beberapa fitur dan fungsi yang tersedia, baik itu untuk versi Free dan versi Pro tidak begitu memengaruhi kinerja antivirus ini di komputer Anda. Smadav Free & Pro mempunyai kemampuan deteksi yang sama. Bedanya hanya pada fitur update otomatis dan fitur tambahan lainnya saja.
Author : Noval Irmawan
Donation :
ETH (ERC-20) Address: 0x86Ad36da59310683CfE8C2c66e798D2e636413fF
Bitcoin Address: 16DcB1iCq9rQ4PKQZUU8XhNcQ5qRCPmGsZ

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search