Kasus War Riders Dihapus Dari App Store: Indikasi Apple Bersih-Bersih Kripto?

- 4:21 AM
War Riders Dihapus Dari App Store, Indikasi Apple Bersih-Bersih Kripto

War Riders, sebuah video game yang segera muncul ke publik dan telah ditampilkan di aplikasi iOS Coinbase Wallet tiba-tiba ditarik kembali oleh Apple dari App Store. Berita ini tampaknya mengindikasikan bahwa Apple sedang bersih-bersih kripto dalam toko aplikasinya. Pengguna iPhone dimungkinkan tidak dapat memiliki akses ke koleksi kripto kesukaannya ini dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, bahwa War Riders adalah permainan yang memungkinkan pemainnya berkendara di sekitar gurun apokaliptik, kemudian membangun pasukan kendaraan yang itu ditandai oleh Non-Fungible Token (NFT) pada blockchain.

Seperti dikutip oleh CoinDesk, staf Coinbase mengatakan kepada Cartified, perusahaan di balik permainan, melalui Discord:

"Segera tarik (aplikasinya) - kami akan menghapus dari versi iOS karena kami tidak dapat menyoroti dapps yang memfasilitasi pembelian barang digital." tulisnya

Sementara itu, juru bicara Coinbase menjelaskan bahwa War Riders adalah satu-satunya aplikasi yang terdaftar dalam dompet yang menjual NFT.

Di sisi lain, CryptoKitties, aplikasi desentralisasi (dapp) yang dikenal untuk digunakan membeli dan membiakkan kucing secara digital, bahkan tidak ditampilkan di iOS. Padahal War Riders dan aplikasi lainnya tetap terdaftar di versi Android dari aplikasi Coinbase Wallet.

Merunut pengalaman sebelumnya, Apple memang telah lama memiliki hubungan yang rumit dengan kripto di App Store-nya. Seperti aplikasi Coinbase yang pernah dihapus di awal kemunculannya, sampai kemudian kembali ditampilkan oleh Apple. Ada lagi Plus, pencetus game yang memungkinkan penggunanya mendapatkan bitcoin dengan bermain juga dihapus.

Dalam kasus ini, Viktor Radchenko, CEO dari Trust Wallet, menulis tweet tentang masalah yang sama pada bulan Juni lalu.


"Pengalaman dengan Apple sangat buruk," katanya kepada CoinDesk "Tidak ada komunikasi dari mereka tentang cara bekerja dengan NFT atau bahkan dengan cryptocurrency."

Beberapa kasus tersebut sebenarnya tidak tercantum secara jelas dalam pedoman ulasan App Store Apple, apakah dilarang atau tidak. Tidak ada bahasa khusus yang melarang NFT secara mengerucut. Namun, Radchenko mengatakan bahwa Apple melarang beberapa aplikasi tersebut di bawah naungan aturan "In-App Purchase".

Baca juga : Apple Miliki Paten Pengarsipan pada Teknologi Blockchain

Kronologi Penghapusan War Riders

Kontroversi dimulai hari Senin setelah Coinbase mengaktifkan hosting asli dari NFT dapp di aplikasinya.

Itu adalah hari pertama War Riders mendapat dukungan asli untuk NFT di Coinbase, yang berarti pengguna tidak hanya dapat menemukan game berdasarkan nama, tetapi juga, jika mereka membeli NFT, itu akan muncul di Coinbase Wallet, seperti dikatakan Vlad Kartashov, CEO dari Cartified.

Pada akhir Selasa malam, Kartashov menginformasikan bahwa War Riders tidak lagi muncul sebagai "fitur dapp" dalam Coinbase Wallet sama sekali.

Sementara Cartified belum secara resmi menjelaskan gameplay, saat ini menjual kendaraan premium, di mana hanya ada 30.000 kendaraan premium dari maksimum 1.180.000 kendaraan di seluruh permainan.

Menurut Kartashov, itu bukan karena kurangnya minat bahwa permainan telah dihapus.

"Kami memiliki komunitas yang sangat berkembang di Discord, dan orang-orang telah membentuk klan meskipun klan belum diumumkan secara resmi," katanya.

Selain itu, permainan ini tampaknya cocok untuk menarik penggemar game pasca-apokaliptik, bahkan yang lelah dengan desain lama yang sama.

"Kendaraan-kendaraan ini juga akan dimodernisasi dan tidak akan berasal dari tahun 70-an seperti itu di sebagian besar game pasca-apokaliptik," katanya.

Baca juga Violate patents, Samsung paid US $ 539 million to Apple

Fungsionalitas Token NFT

Selain NFT, pemain War Riders juga akan menggunakan token ERC-20 yang disebut benzene (BZN) dalam permainan sebagai uang. BZN akan dirilis ke pemain melalui cache yang akan dihasilkan secara algoritme oleh gim dalam dunianya.

Tapi ada sentuhan di sini. BZN akan berfungsi sebagai cryptocurrency yang lebih tradisional di luar permainan, tetapi pemain yang memperoleh token dalam game harus menggunakan kendaraan mereka untuk dengan aman mengembalikan BZN ke garasi mereka untuk menggunakannya di dunia nyata. Pemain lain akan dapat mencurinya di jalan.

NFT premiumnya juga akan dilengkapi dengan "tank" penuh BZN, sehingga akan tersedia di pasar dalam jumlah kecil sebelum game mulai ditayangkan.

Berbicara kepada misi Cartified untuk BZN, Kartashov berkata, "Tidak ada BZN yang akan dijual. Tidak ada ICO atau semacamnya. Kami hanya menjual token yang tidak dapat ditukar."

Direkomendasikan hanya menjalankan pra-penjualan NFT sekarang. Pembeli belum menerima token yang sebenarnya.

Kartashov belum bisa mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang keberatan spesifik dari Apple ke aplikasinya, tetapi ia menyimpulkan:

"Aku tidak yakin apa yang benar-benar buruk dengan orang-orang yang ingin bermain game."

Author: Noval Irmawan
Image: CryptoBitGames

Donation:
ETH (ERC-20) Address: 0x86Ad36da59310683CfE8C2c66e798D2e636413fF
Bitcoin Address: 16DcB1iCq9rQ4PKQZUU8XhNcQ5qRCPmGsZ

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search