Agar Awet, Begini Tips dan Cara Isi Baterai Smartphone yang Baik dan Benar

- 4:53 PM
Agar Awet, Begini Tips dan Cara Isi Baterai Smartphone yang Baik dan Benar

Baterai smartphone yang tidak awet alias cepat habis seringkali menjadi keluhan para pengguna. Terlebih di era sekarang ini dimana setiap saat hampir semua orang tidak bisa lepas dari gadget mereka. Untuk itu, tips dan cara isi baterai smartphone yang baik dan benar sangat dibutuhkan agar aktifitas sehari-hari tidak terganggu gara-gara baterai smarphone yang cepat habis.

Pengguna smartphone sangat disarankan untu merawat baterai smartphone mereka guna memperanjang usia baterai. Selain dari memanfaatkan fungsi powerbank tentunya. Salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan melakukan proses pengisian baterai dengan benar.

Tips dan Cara Isi Baterai Smartphone yang Baik dan Benar

1. Jangan Gunakan Smartphone Saat Mengisi Baterai

Menggunakan smartphone saat mengisi baterai

Di era sekarang, kita memang tidak terbiasa jika di sela-sela waktu luang tidak memainkan smartphone. Namun cobalah untuk sejenak menyingkirkan tangan Anda dari gadget tersebut ketika sedang mengisi baterai. Karena penggunaan smartphone saat mengisi daya akan memperberat kerja baterai, sehingga membuatnya menjadi tidak berumur panjang.

Sebaliknya, tidak masalah jika Anda tertidur semalaman dan meninggalkan baterai terus terisi. Sebab, baterai smartphone dan pengisi daya saat ini sudah cukup pintar untuk mengatur daya yang masuk ke dalam perangkat agar tidak berlebihan. Selain itu, mengisi baterai smartphone semalaman lebih baik dibandingkan mengisi daya sambil memainkannya.

2. Isi Baterai Setiap Ada Kesempatan

Isi Baterai Setiap Kali Ada Kesempatan

Jika Anda senang bepergian dan sering menggunakan smartphone untuk berkomunikasi atau mengabadikan momen. Maka masalah terbesar yang harus dihadapi adalah kurangnya waktu untuk mengisi baterai smartphone.

Ketika Anda hanya punya waktu sedikit dan tidak memungkinkan mengisi penuh daya baterai gadget Anda, menurut sebagian orang akan berdampak buruk pada performa beterai. Namun menurut Battery University, tidak menjadi masalah jika pengguna mencolok dan mencabut beberapa kali sehari saat ponsel mengisi daya.

3. Jaga Suhu Baterai Agar Tetap Dingin

Menjaga Suhu Baterai Smartphone Agar Tetap Dingin

Menjaga suhu baterai agar tetap dingin saat pengisian wajib hukumnya, salah satu caranya dengan tidak sambil memainkannya. Karena yang menjadi bahaya saat pengisian baterai berlangsung bukan lah seberapa lama pengguna mengisi daya baterai, melainkan panas yang dirasakan oleh baterai.

Perlu diketahui bahwa baterai smartphone sangat sensitif terhadap panas, bahkan salah satu brand smartphone ternama seperti Apple, menyarankan para penggunanya untuk melepaskan casing ponsel yang dapat mengisolasi panas saat mengisi daya baterai. Selain itu, pengguna sebaiknya melindungi ponsel saat berada di bawah panas sinar matahari, hal ini akan memelihara kesehatan baterai ponsel.

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Orang Sering Gonta-Ganti Nomor HP

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search