Satu Juta Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor

- 7:03 PM
Satu Juta Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor

Indonesia termasuk salah satu negara dengan kebocoran data Facebook terbesar. Menurut Facebook, data milik lebih dari satu juta pengguna media sosial tersebut di Tanah Air telah bocor ke Cambridge Analytica.

Indonesia duduk di urutan ketiga dalam hal ini, setelah Amerika Serikat dengan kebocoran data 70,6 juta pengguna Facebook dan Filipina dengan kebocoran data 1,1 juta pengguna Facebook. Negara-negara lain dalam daftar lokasi kebocoran data pengguna Facebook termasuk Inggris, Meksiko, Kanada, India, Brasil, Vietnam, dan Australia yang masing-masing paling tidak mencatat angka ratusan ribu.

Kendati demikian, pihak Facebook mengatakan tidak mengetahui persis data apa saja yang dibocorkan ke Cambridge Analytica. Jumlah pengguna dalam grafik di atas merupakan perkiraan yang dinilai terbaik untuk mencakup angka maksimal dari akun yang terdampak.

"Kami tidak tahu persis data apa yang dibagikan aplikasi Cambridge Analytica atau tepatnya berapa banyak orang yang terdampak. Menggunakan metodologi seluas mungkin, ini merupakan perkiraan terbaik kami dari jumlah maksimum akun yang langsung memasang aplikasi ini dan juga orang-orang yang datanya mungkin telah dibagikan melalui aplikasi oleh teman-teman mereka," kata Facebook dalam pernyataan resminya.

Informasi ini disampaikan Facebook melalui website resminya. Dalam postingan itu, Chief Technology Officer, Mike Schroepfer mengungkapkan data baru dan mengatakan bahwa Facebook berencana untuk membatasi akses data pada platform media sosialnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, Facebook terancam kena sanksi administrasi dan sanksi pidana jika terbukti melanggar aturan mengenai data pribadi. Ancaman sanksi tersebut terkait kebocoran data sebagian pengguna Facebook, termasuk data pengguna di Indonesia, ke perusahaan pihak ketiga bernama Cambridge Analytica.

Oleh sebab itu, kementeriannya bakal memastikan terlebih dahulu apakah ada regulasi yang dilanggar Facebook atau tidak.

"Kita memastikan mereka sesuai dengan peraturan menteri tentang data pribadi, kalau tidak bisa ada dua sanksi hukumnya, sanksi administrasi maupun sanksi pidana. Pidana ada dua, yaitu hukuman badan sampai 12 tahun maupun denda sampai Rp 12 miliar," ujar Rudiantara di Kompleks Istana Presiden, Kamis (5/4/2018).

=== PORTAL SOHO ===
Penulis: Noval
Editor: Asrinur
Gambar: Recode

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search