Header Ads

Indonesia Memimpin di Asia Timur dan Pasifik dalam Kemajuan Inklusi Keuangan


Indonesia Memimpin di Asia Timur dan Pasifik dalam Kemajuan Inklusi Keuangan

Indeks Global Financial Inclusion Index (“Findex”) terbaru yang dirilis pada 20 April 2018 menemukan bahwa inklusi keuangan Indonesia telah membuat kemajuan terbesar, di Asia Timur dan Pasifik, dalam membawa warganya ke dalam sistem keuangan formal dalam tiga tahun terakhir, khususnya wanita.

Sekitar separuh dari orang dewasa di Indonesia saat ini telah memiliki rekening bank, yang mencerminkan titik balik sejati dalam perjalanan negara untuk mendorong inklusi keuangan. Ini juga mencatat peningkatan yang ditandai dari 36 persen kepemilikan akun pada tahun 2014 dan 20 persen pada tahun 2011.

Antara tahun 2014 dan 2017, Indonesia juga melihat peningkatan kepemilikan akun terbesar dari setiap ekonomi yang muncul di kawasan Asia Timur dan Pasifik.

Indonesia juga mendorong dengan kuat penggunaan akun untuk menabung, mendaftarkan 10 poin persentase lebih tinggi dari rata-rata dunia yang sebanding. 42 persen dari pemilik akun menabung di lembaga keuangan formal seperti bank atau lembaga keuangan mikro.

“Dimasukkannya orang Indonesia yang tidak memiliki rekening bank telah menjadi prioritas utama bagi negara kami dalam beberapa tahun terakhir, dan kami semakin berani dengan pengakuan global atas kemajuan kami, meningkatkan standar bagi seluruh wilayah kami." Kata Wakil Menteri koordinator Ekonomi Makro dan Keuangan, yang juga Ketua Sekretariat Dewan Nasional Financial Inclusion untuk Republik Indonesia, Iskandar Simorangkir.

"Kami sangat bangga dengan langkah kami dalam menutup jurang perbedaan gender - hari ini, perempuan lebih mungkin daripada laki-laki untuk memiliki rekening bank di Indonesia. Kami berutang keberhasilan sebagian besar untuk transisi kami ke pembayaran digital dan berharap bahwa lebih banyak negara akan melihat ke digitalisasi untuk membantu warga keluar dari kemiskinan, mengurangi kesenjangan sosial, dan membantu pemerintah menjadi lebih efisien.” katanya.

Secara global, 69 persen orang dewasa memiliki rekening bank. Kepemilikan akun bank memberi orang akses ke alat keuangan penting, menyediakan cara yang aman untuk menyimpan uang dan membangun tabungan untuk masa depan. Mereka juga mempermudah pembayaran tagihan, akses kredit, melakukan pembelian, dan mengirim atau menerima pengiriman uang.

Kemajuan Inklusi Keuangan Indonesia dalam Kesetaraan Jender

Di Indonesia, wanita lima persen lebih mungkin dibandingkan pria untuk memiliki akun bank. 51 persen wanita memiliki akun, melawan 46 persen pria. Namun, perempuan dan laki-laki memiliki kemungkinan yang sama untuk memiliki akun aktif.

Peluang digital untuk membantu Indonesia tidak memiliki rekening bank

Dengan sekitar 60 juta orang dewasa yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia menggunakan telepon seluler saat ini, ada peluang besar untuk penetrasi pembayaran dan transaksi mobile yang lebih besar di Indonesia.

=== PORTALSOHO ===
Penulis: Noval
Editor: Asrinur
Gambar: BeriTagar

Tidak ada komentar

*Budayakan untuk meninggalkan jejak komentar

Diberdayakan oleh Blogger.