10 Antivirus Paling Ringan Terbaik Untuk PC (Komputer)

- 4:02 AM
10 Antivirus Paling Ringan Terbaik Untuk PC (Komputer)

Antivirus yang ringan dan memiliki kecepatan scan cepat merupakan salah satu faktor utama dalam memilih untuk dipasang di PC atau komputer Anda. Karena penggunaan RAM yang berlebihan akan senantiasa membuat PC kamu menjadi lemot, sehingga kegiatan bekerja menggunakan PC akan terganggu. Termasuk juga kesehatan PC kamu lama kelamaan akan menjadi tidak baik jika terus menerus harus menanggung beban berat.

Seperti dilansir dari GeckoAndFly, antivirus berjalan terus menerus dan memakan performa komputer. Kalau Anda memakai antivirus yang terlalu berat dan spesifikasi komputer Anda bisa dikatakan rendah, hasilnya tentu saja akan mempengaruhi kenerja komputer.

Baca juga :
- 15 Aplikasi Antivirus dan Anti-Malware Android Terbaik dan Ringan

Nah, untuk menjadi rekomendasi kamu, kali ini Popo mau kasih kamu rekomendasi 10 daftar antivirus untuk komputer (PC) yang memiliki penggunaan RAM ringan namun tetap memiliki performa kecepatan scan yang terbaik.

10 Antivirus Paling Ringan Terbaik Untuk PC (Komputer)

1. Avast Antivirus Pro



Antivirus paling ringan terbaik pertama ditempati oleh Avast Antivirus Pro. Antivirus ini memang sudah kawakan, Avast sudah ada sejak tahun 1988. Diketahui dari hasil testing, Avast hanya menggunakan kapasitasRAM sebesar 6,6 MB saja.

Dengan menggunakan kapasitas RAM yang sangat kecil ini, Avast memiliki performa kecepatan scan data yang cukup maksimal, hingga 20 MB/s. Hal ini menjadikan Avast antivirus ringan terbaik pertama yang ada di dunia.

2. Panda Antivirus Pro



Di posisi kedua ada Panda Antivirus Pro. Meski namanya tidak terlalu tersohor seperti Avast, Namun antivirus ini memiliki performa terbaik untuk komputer (PC) anda. Panda antivirus pro berjalan runtime di komputer dengan hanya memakai kapasitas RAM sebesar 9,8 MB saja. Dengan kapasitas RAM kecil itu, Panda mampu bekerja melakukan scan dengan kecepatan hingga 16,4 MB/s.

3. Norton Antivirus



Urutan ketiga ada Norton Antivirus. Performa antivirus ini cukup mumpuni dengan hanya memakai kapasistas RAM komputer sebesar 9,9 MB saja. Kecepatan performa scannya dapat mencapi hingga 36,3 MB/s.

Walaupun Norton Antivirus cukup ringan, namun performanya tidak main-main, karena ini merupakan salah satu antivirus tercepat yang menangani kasus ransomware WannaCry yang sempat menghebohkan dunia beberapa waktu lalu. Tidak heran, jika akhirnya banyak orang yang menjadikan Norton sebagai antivirus favorit.

4. BitDefender Antivirus Pro



Antivirus ini juga mungkin kurang familiar di telinga pengguna komputer. BitDefender merupakan antivirus dengan performa terbaik keempat yang ada di dunia. Ini dibuktikan dengan penggunaan RAM yang kecil, hanya 15,7 MB. Untuk kecepatan scan datanya, BitDefender bisa bekerja hingga 35,9 MB/s.

5. Avira Antivirus Pro



Di posisi lima ada Avira, antivirus yang terkenal galak ini ternyata seangkatan dengan Avast, yaitu dikembangkan sejak tahun 1988. Hingga saat ini antivirus ini masih dikembangkan, sehingga menjadikan Avira salah satu antivirus terbaik. Penggunaan RAM hanya 22,9 MB, sementara kemampuan scan data hingga 35,7 MB/s.

6. Kaspersky Antivirus



Kaspersky menggunakan kapasitas RAM sebesar 23.0 MB dengan kecepatan scan mencapai 34.4 MB/s.

7. AVG Antivirus



AVG Antivirus menggunakan kapasitas RAM sebesar 29.6 MB dengan kecepatan scan mencapai 32.4 MB/s.

8. Trend Titanium Antivirus



Trend Titanium Antivirus menggunakan kapasitas RAM sebesar 42.2 MB dengan kecepatan scan mencapai 27.2 MB/s.

9. F-Secure Antivirus



F-Secure Antivirus menggunakan kapasitas RAM sebesar 42.6 MB dengan kecepatan scan mencapai 23.1 MB/s.

10. McAfee Antivirus Plus



McAfee Antivirus Plus menggunakan kapasitas RAM sebesar 53.2 MB dengan kecepatan scan mencapai 27.9 MB/s.

Penutup

Ini adalah daftar 10 antivirus paling ringan dengan performa terbaik yang disarikan dari GeckoAndFly. Mungkin di antara Anda ada yang menggunakan salah satunya, atau baru mau memasangnya di komputer (PC). Daftar antivirus paling ringan terbaik ini dapat menjadi referensi bagus untuk Anda, dan semoga bermanfaat.

Penulis: Noval
Editor: Asrinur

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search