Header Ads

G20 Summit 2018 Akan Membahas Secara Khusus Fenomena Kripto



Berita Bitcoin - Fenomena kripto (crycurrency/ cryptoasset) dan teknologi yang mendasarinya, yaitu blockchain akhir-akhir ini telah menyedot banyak perhatian dunia, termasuk pemangku kepentingan tertinggi di antara negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Dalam hal ini, Indonesia yang merupakan anggota G20 juga sedang memikirkan hal-hal apa saja yang akan dilakukan untuk menyikapi fenomena kripto ini.

Dalam sebuah acara talkshow di salah satu stasiun televisi swasta, petinggi Bank Indonesia mengatakan bahwa sikap Indonesia terhadap kripto akan bergantung pada hasil pertemuan dan pembahasan yang akan dilakukan oleh anggota G20.

G20 akan mengadakan dua diskusi terpisah tentang mata uang kripto minggu depan dalam upaya untuk mencari perwakilan yang disebut "tanggapan bersama" mengenai peraturan.

Perwakilan media untuk pertemuan puncak minggu depan, yang akan diselenggarakan oleh Argentina, yang saat ini memegang jabatan presiden G20, mengatakan bahwa pertemuan pertama akan berlangsung Senin. Perundingan tersebut akan menampilkan Sekretaris Jenderal Menteri Perdagangan Argentina Nicolás Dujovne dan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) José Angel Gurría, di antara pemangku kepentingan lainnya.

Sementara itu diskusi kedua akan terjadi pada hari Selasa. Agenda dan poin pembicaraan untuk kedua diskusi tersebut belum sebutkan secara jelas. Namun, dari beberapa pemberitaan media international menunjukkan bahwa diskusi akan berkisar seputar implikasi kripto dan aplikasi potensial dari teknologi dasarnya.

"Masalahnya adalah item penting dalam agenda rapat, delegasi akan mempertimbangkan respons bersama yang dapat mengurangi risiko tanpa mengecilkan hati inovasi," sebut salah satu petugas penyelenggara.

Baca juga: Pemerintah Luncurkan Petro, Mata Uang Kripto Resmi Venezuela

Dokumen yang tersebar di media tersebut mencatat bahwa blockchain "memiliki potensi untuk mempromosikan inklusi keuangan." Namun, terus dikatakan bahwa "penting untuk menganalisis implikasinya terhadap stabilitas keuangan, penghindaran pajak dan aktivitas ilegal keuangan."

Pejabat keuangan dari A.S., Jerman, Prancis dan Jepang meminta agar diskusi berlangsung dalam bulan-bulan menjelang KTT G20.

Menteri Keuangan A.S. Steven Mnuchin mengatakan bahwa kekhawatirannya berkisar seputar penggunaan kripto di aktivitas ilegal seperti pencucian uang, sementara pejabat keuangan Prancis dan Jerman menulis surat pada bulan Februari yang membunyikan alarm atas risiko potensial bagi investor.

=== PORTAL SOHO ===
Penulis: Noval
Editor: Asrinur

No comments

*Budayakan untuk meninggalkan jejak komentar

Powered by Blogger.