7 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

- 5:51 AM
7 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh (via kore.am)

Gaya Hidup - Manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh sebenarnya banyak sekali. Namun banyak beranggapan bahwasannya tidur siang itu merupakan kerjaan orang yang malah. Hal ini karena di benak mereka berfikiran bahwa siang hanya dapat digunakan untuk beraktifitas. Padahal, beberapa diantara mereka (termasuk banyak juga dokter) mewajibkan tidur siang.

Nah, daripada kamu penasaran apa saja manfaat dari tidur siang, langsung saja Portal Soho rangkum khusus buat kamu 7 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh.

1. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Manfaat tidur siang meningkatkan daya ingat otak (via 305startup.net)

Bagi anda yang banyak melakukan kegiatan dengan mempekerjakan otak terus menerus, mungkin harus secara rutin tidur siang. Hal ini juga termasuk untuk lansia yang telah banyak menyimpan memori masa lalu. Dengan melakukan tidur siang, otak secara alami akan menyegarkan fungsi otak dalam mengingat sesuatu hal.

Tidur siang juga sangat bermanfaat bagi anak usia sekolah. Karena pada masa-masa ini biasanya anak diharuskan untuk menghafal beberapa mata pelajaran.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

manfaat tidur siang meningkatkan kewaspadaan (via cewekbanget.grid.id)

Sebuah studi dari NASA mengungkapkan bahwa tidur siang selama 40 menit akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Selain itu, penelitian lainnya juga menemukan bahwa tidur siang selama kurang lebih 20 menit akan lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga.

Dan ternyata ini sudah dibuktikan juga lewat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa seorang pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

3. Mengurangi Stres

Manfaat tidur siang mengurangi stress (via http://www.koogle.tv)

Neurotransmitter serotonin mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu.

Menurut Mednick, “Tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif.”

4. Meningkatkan Kreatifitas

manfaat tidur siang meningkatkan kreatifitas (via http://claremountcreche.com)

Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak kamu.

5. Mengatasi Insomnia

manfaat tidur siang mengatasi insomnia (via http://www.naturesintentionsnaturopathy.com)

Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia. Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari ini tidak baik bagi kesehatan. Tubuh pun perlu istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jika hal sepele ini diabaikan maka bersiap kamu akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Dan jika kamu pengidap insomnia, maka tidur siang bisa dijadikan pengganti tidur malam kamu, sehingga tubuh anda pun tidak kekurangan istirahat.

6. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

manfaat tidur siang mencegah penyakit jantung dan stroke (via huffingtonpost.com)

Tidur siang pun ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung, bayangkan jika kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur, padahal mata sudah terasa begitu berat pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu yang lebih parah lagi jika anda memaksakan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein tentu pasti berakibat buruk.

Jika melakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap harinya, kamu akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.

7. Mencegah Penyakit Kronis

manfaat tidur siang mencegah penyakit kronis (via arah.com)

Kurang tidur menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, membantu kita dalam respon anggota tubuh.

Kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh, Mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh kita akan membantu mencegah hal ini. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Penulis: Noval
Editor: Noval

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search