Datum - Pertukaran Data Personal Pertama di Dunia

- 5:04 PM

Datum - Saat ini, di era yang serba teknologi, ada lebih dari 8,25 miliar perangkat mobile digunakan di seluruh dunia. Sementara di saat yang bersamaan ada lebih dari lima miliar pengguna aktif yang terus menghasilkan atau menerima banyak data. Data ini dihasilkan secara gratis dari setiap aktifitas manusia pada saat mereka menggunakan layanan internet di berbagai platform.

Perlu diketahui bahwa data ini sangat berharga bagi banyak bisnis di dunia. Dan saat ini, satu-satunya cara bagi entitas untuk memperoleh data ini adalah dengan membeli layanan dari perusahaan seperti Google, Facebook, Instagram, Airbnb, Uber dan banyak lainnya. Karena perusahaan-perusahaan inilah yang memiliki banyak pengguna sampai dengan bermilyar-milyar orang di seluruh dunia.

Lalu bagaimana jika perusahaan yang membutuhkan data, daripada harus membayar perusahaan-perusahaan pihak ketiga ini, individu bisa menjual data ini ke pembeli secara langsung? Bisa dibayangkan ekosistem yang akan diciptakan akan saling menguntungkan untuk semua pihak.

Tahukah, bahwa sebentar lagi ekosistem tersebut akan benar-benar terwujud dengan berdirinya Datum. Datum adalah perusahaan start up yang berusaha mengubah model saat ini dengan mengizinkan siapa pun yang memiliki ponsel untuk berbagi data dengan aman dan menguntungkan. Pengguna akan dibayar dengan model terdistribusi pada blockchain dalam bentuk token, token tersebut bernama DAT.

Datum sendiri adalah perusahaan yang terdaftar di BVI dan HK. Datum mengoperasikan penyimpanan data desentralisasi yang cepat sehingga memungkinkan pengguna menyimpan data terstruktur dengan aman yang dijalankan oleh kontrak cerdas.

Ketika pengguna memberikan data personalnya, mereka akan mendapatkan imbalan berupa token DAT. Kemudian token DAT ini dapat ditukarkan dengan mata uang kertas atau ditukarkan sebagai voucher hadiah dari perusahaan seperti Amazon, Alibaba dan lain-lain.

Roger Haenni sebagai CEO dan co-founder Datum Foundation mengatakan bahwa data adalah aset paling berharga di dunia, namun keberadaannya saat ini masih dikendalikan dan dieksploitasi oleh beberapa pemain besar saja. Di Datum Foundation, kami mengembalikan kepemilikan data kepada individu dan membiarkan mereka menjadi bagian dari ekonomi baru ini.

"Rata-rata orang yang terhubung ke Internet menghasilkan data 0,77 gigabyte per hari. Mengingat ada tiga miliar orang yang terhubung pada waktu tertentu di Internet, ada 2,5 QUINTILLION BYTES2 yang dihasilkan setiap hari." kata Daniel Sato, Advisor di Datum Foundation, CEO Red Robot. "Jika data adalah mata uang baru dari generasi berikutnya, ini akan membuka kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi masyarakat umum untuk menggunakan Jaringan Datum dan menghasilkan uang darinya."

Elemen Kunci Datum


  1. Data akan terdistribusi dalam toko yang terdesentralisasi dimana ini memungkinkan pengguna dapat menyimpan data terstruktur dengan aman karena dijalankan pada jaringan kontrak cerdas blokchain.
  2. Token DAT memungkinkan pengguna menyimpa dan berbagi data sesuai keinginan mereka
  3. Pasar Data memungkinkan individu untuk memonetisasi data mereka sesuai persyaratan mereka ajukan.

Penjualan Token DAT

Datum saat ini sedang melakukan penjualan token, yang akan berakhir pada tanggal 29 November 2017 mendatang. Dalam penjualan token ini Datum menawarkan pengadopsi awal untuk terlibat dengan layanan baru dan mata uang kripto.

Setelah ICO selesai, token DAT akan dikonversi menjadi mata uang DAT. Datum Foundation berencana untuk mengeluarkan token DAT sebanyak tiga miliar DAT. Dan untuk penjualan akan dikeluarkan sebanyak 1,530,000,000 DAT. Adapun harga saat penjualan (ICO) ini adalah 25,000 per 1 ETH.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang proyek dan perkembangan ICO Datum, Anda dapat mengunjungi website resminya di https://datum.org/. Atau anda juga bisa membaca whitepaper-nya dengan mengunduh di tautan berikut: https://datum.org/assets/Datum-WhitePaper.pdf

Informasi lain dapat anda temukan di:
Bitcointalk threads: https://bitcointalk.org/index.php?topic=2049312.0
Twitter: https://twitter.com/datumnetwork
Telegram: https://t.me/datumnetwork
Facebook: https://fb.me/datumnetwork

Penulis: asrinur
Bitcointalk Profile: https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1114528

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search