Ini 15 Menu Sarapan yang Sehat dan Praktis Untuk Pagimu

- 6:19 PM
15 Menu Sarapan yang Sehat dan Praktis

Gaya Hidup - Menu sarapan pagi yang sehat dan praktis menjadi pilihan utama ketika kita mulai disibukkan dengan hari yang padat. Kadang ini terjadi jika kita sebagai pekerja tidak sempat menyiapkan banyak makanan untuk sarapan. Padahal sarapan merupakan satu hal yang wajib jika ingin hari ini begitu bersemangat dan bertenaga.

Nah, daripada bingung-bingung mau masak apa pagi ini, dan tentunya menu makanan yang tidak repot, namun juga tetap sehat untuk tubuh. PortalSoho kasih daftar 15 menu sarapan yang sehat dan praktis untuk pagimu.

1. Telur Orak-Arik Sayuran

Menu sarapan sehat dan praktis telur orak-arik sayur (via perutgendut.com)

Menu sarapan yang sehat dan praktis yang pertama ada telur orak-arik sayur. Masakan yang biasa disebut juga dengan scrambled egg ini memanglah sangat praktis cara membuatnya. Tapi tentu saja tetap menyehatkan dan penuh dengan gizi.

Untuk membuat telur orak-arik kamu hanya butuh waktu 5 sampai 10 menit saja. Dan kamu boleh mencampurkan sayuran sesuai selera kamu, seperti wortel, jagung, jamur, atau lainnya.

Agar menambah kelezatan telur orak-arik buatan kamu, bisa juga ditambahkan parutan keju di atasnya, Hmmmm, yummii..

2. Sereal

menu sarapan yang sehat dan praktis sereal (via id.openrice.com)

Yang kedua ada sereal. Menu sarapan yang sehat dan praktis satu ini benar-benar sangat favorit dikalangan banyak orang. Tentu saja karena cara menyajikannya benar-benar praktis.

Kamu dapat memilih berbagai macam jenis sereal yang dapat kamu temukan dengan mudah di supermarket atau minimarket terdekat rumah kamu. Biasakan untuk menyimpan beberapa persediaan agar pagimu tidak lagi merepotkan.

Untuk menambah variasi, kamu boleh mengganti susu dengan yogurt dan boleh juga menambahkan beberapa potong buah-buahan agar lebih terasa segar dan bergizi.

3. Buah dan Keju

Menu sarapan sehat dan praktis buah dan keju (via beachbodyondemand.com)

Menu yang ketiga ini cocok buat pilihan kamu yang sedang melaksanakan program diet khusus nih. Cara menyajikannya gampang banget, cukup potong-potong buah yang kamu sukai, terus sajikan bersama keju cheddar.

Menu ini sangat sehat karena adanya asupan vitamin dari buah serta kalori dari keju. Dan ini cukup buat kamu menjalani aktifitas sampai siang nanti.

4. Smoothies

Menu sarapan yang sehat dan praktis Smoothies (via blog.margaritaville.com)

Menu sarapan sehat dan praktis yang satu ini juga hampir sama seperti buah. Untuk mendapatkan perpaduan yang cocok untuk sarapan kamu, dapat memadukan antara pisang dan stroberi. Dan jika ingin lebih mengenyangkan, kamu juga bisa menambahkan oatmeal atau buah beku ke dalamnya. Tinggal blender, dan menu sarapan pun siap disantap.

Smoothies ini dapat kamu dimana saja. Jika kamu memiliki pagi yang benar-benar sibuk maka smoothies adalah pilihan tepat, karena menikmatinya di dalam mobil sekali pun kamu tetap dapat asupan makanan yang cukup.

5. Roti Bakar

Menu Sarapan Sehat dan Praktis Roti Bakar (via jierowedangan.blogspot.com)

Selain menjadi camilan, roti bakar juga dapat kamu jadikan menu sarapan sehat dan pratis selanjutnya. Ada banyak protein yang kamu dapat dari roti untuk menunjang kegiatan kamu seharian sampai siang menjelang.

Membuat roti bakar sangatlah mudah, kamu hanya perlu menyediakan teflon yang sudah panas serta telah diolesi margarin, kemudian bakar rotinya dan jadi. Menu sarapan sehat siap disajikan. Untuk menambah cita rasa kamu dapat menambahkan toping berupa coklat, keju, atau lainnya.

6. Pancake

Menu sarapan sehat pancake (via www.krusteaz.com)

Pancake hampir sama dengan roti bakar. Kamu hanya perlu menyiapkan tepung terigu, telur, susu cair, dan margarin. Lalu campurkan semua bahan tersebut dan masak di atas teflon. Setelah masak, lumuri pancake dengan sirup gula atau madu.

Agar lebih terasa nikmat, jika kamu punya eskrim bisa juga menambahkan satu scoop eskrim di atasnya.

7. Sandwich

menu sarapan sehat sandwich (via http://www.gohealthclub.co.za)

Sandwich merupakan makanan yang cocok sekali untuk sarapan. Kandungan gizinya pun terbilang lengkap. Ini karena biasanya di dalamnya terdapat sayur, keju, telur dan daging. Salin untuk sarapan ternyata sandwich juga bagi sebagian orang biasa untuk bekal yang begitu praktis dan menyehatkan.

Dengan kelengkapan gizi dan kepraktisannya, Sandwich menjadi salah satu menu sarapan yang paling populer.

8. Onigiri

menu sarapan sehat onigir (via huffingtonpost.com)

Menu yang satu ini datang dari rumpun nasi-nasian.Ya, jika kamu merasa orang Indonesia dan belum kenyang jika belum makan nasi, maka mungkin kamu perlu coba yang satu ini, namanya Onigiri.

Jika di rumah sudah ada persediaan nasi, maka kamu tinggal membentunya saja dengan bentuk yang unik dan cantik. Di dalamnya bisa kamu isi dengan abon atau daging yang sudah masak. Terus untuk mengikatnya kamu dapat menggunakan rumput laut.

Kalo di Indonesia ini mungkin namanya arem-arem atau lemper kali yak.

9. Salad Buah

menu sarapan sehat salad buah (via http://www.kewpie.co.id)

Menu sarapan sehat yang satu ini juga hampir sama dengan buah dan keju sebelumnya. Untuk sarapan yang sehat dan praktis serta mengandung banyak vitamin dan gizi, kita boleh memanfaatkan berbagai macam buah segar. Kemudian untuk membuat salad buah kamu juga boleh menambahkan nata de coco.

10. Oatmeal

menu sarapan sehat oatmeal (via http://oatandsesame.com)

Penyajian oatmeal hampir sama dengan sereal. Bedanya, ada jenis oatmeal tertentu yang harus dimasak. Untuk menghemat waktu, pilihlah oatmeal yang hanya perlu diseduh dengan air panas.

Di Indonesia oatmeal belum populer karena rasanya yang hambar. Padahal, kandungan serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Untuk itu, Anda bisa menambahkan madu dan potongan buah untuk rasa yang lebih mengundang selera.

11. Frittata

menu sarapan sehat frittata (via taste.com.au)

Frittata merupakan menu sarapan yang memiliki bahan dasar telur, sama seperti telur orak-arik. Namun perbedaannya adalah pada cara memasaknya. Jika telur orak-arik di orak-arik, maka Frittata tidak. Masakan ini hanya dicampur kemudian dimasak seperti halnya membuat martabak manis.

12. Bubur Ayam

menu sarapan sehat bubur ayam (via http://www.eileenfebrianagojali.com)

Nah, kalau menu yang satu ini bisa jadi kamu tidak perlu membuatnya, karena biasanya di dekat rumah kamu banyak tuh yang jualan. Kamu tinggal pesan sama abang-abangnya. Bubur mengandung banyak sekali gizi, mulai dari karbohidrat, vitamin dan juga protein.

13. Telur Gulung

menu sarapan sehat telur gulung (via brilio.net)

Masih dengan aneka olahan telur, yang satu ini juga tidak kalah sehat dan praktis untuk sarapan, namanya telur gulung. Kamu hanya perlu menyediakan beberapa tusuk sate dan kamu masak deh telurnya sambil digulung-gulung.

14. Aneka Gorengan

menu sarapan sehat aneka gorengan (via wikimedia.org)

Siapa bilang aneka gorengan tidak sehat. Justru didalam gorengan banyak mengandung zat yang dibutuhkan tubuh kita, seperti protein nabati dari tahu dan tempe, aneka vitamin dari sayuran yang ada pada bakwan dan pisang goreng atau pisang molen.

15. Kentang Goreng

menu sarapan sehat kentang goreng (via uspca.com)

Menu masakan yang satu ini sering diidolakan banyak orang. Selain karena kandungan gizinya, rasa dan teksturnya yang lembut menjadi kentang goreng begitu dinikmati.

Dan buat kamu yang tidak sempat membuat masakan yang ribet ketika pagi, kentang goreng ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Penulis: Noval
Editor: Noval

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search