Wisata Kuliner Banyumas? Coba 6 Makanan Lezat Ini

- 3:28 AM
Wisata Kuliner Banyumas via travelingyuk.com

Wisata Kuliner Banyumas - Wisata kuliner biasanya jadi salah satu dari sekian tujuan ketika kita lewat atau mampir di suatu daerah. Nah, kalau kalian ke Banyumas tapi nggak icip-icip wisata kuliner berikut nih, hmmm, kurang lengkap deh gengs. Yuk intip daftar menunya.

1. Gethuk Goreng Sokaraja

Wisata Kuliner Gethuk Goreng Sokaraja via http://gathotthiwulyutum.com

Yang pertama ada Gethuk goreng Sokaraja nih gengs. Gethuk merupakan makanan berbahan dasar singkong yang dicampur dengan gula jawa. Gethuk termasuk makanan yang nggak tahan lama, paling Cuma bisa bertahan 1-2 hari aja.

Jadi gini nih asal mula gethuk goreng Sokaraja. Dahulu kala ada seorang penjual gethuk di Sokaraja (Sokaraja merupakan salah satu kecamatan di Banyumas), yang risau karena gethuknya tidak laku dan ditakutkan akan jadi basi. Nah, beliau punya ide untuk menggoreng gethuknya, eh ternyata enak juga kalau digoreng.

Karena takut tidak laku lagi, penjual tersebut kemudian membagikan gethuknya ke tetangga. Nggak disangka, ternyata tetangga menyukai gethuk tersebut. Akhirnya si penjual menjual gethuk goreng tersebut, karena si penjual berasal dari Sokaraja maka nama Gethuk goreng berubah nama menjadi Gethuk Goreng Sokaraja.

Oh iya, Gethuk goreng yang paling terkenal dan memang merupakan pelopor gethuk goreng Sokaraja adalah gethuk goreng H. Tohirin. Dijamin asli dan rasanya, eumhhhh, ciamikkk banget deh gengs. So, tunggu apa lagi, jangan lupa beli gethuk goreng Sokaraja ya kalau mampir ke Banyumas.

2. Tempe Mendoan

Wisata Kuliner Banyumas Tempe Mendoan via liputan6.com

Mendoan merupakan makanan berbahan dasar tempe lembaran, kemudian digoreng dengan campuran tepung beras, daun bawang, garam dan bawang putih. Saat ini, Mendoan sudah tersebar hingga Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, dan Kebumen. Tapi tapi tapi, mendoan udah dipatenkan sebagai makanan khas Banyumas lho.

Beda mendoan sama tempe goreng tepung apa yah? Bedanya, kalau mendoan itu digoreng dengan cara Mendo alias setengah mateng. Jadi kandungan minyaknya lebih tinggi daripada tempe goreng. Mendoan sangat cocok dimakan ketika masih hangat, kalau yang suka pedes bisa juga tuh ditambah pakai cabai atau sambel kecap.

3. Sate Bebek

Wisata Kuliner Banyumas Sate bebek via http://www.netralnews.com

Sate nih? Ah sate kan udah biasa, hampir di seluruh wilayah Indonesia tercinta kita bisa ketemu sama yang namanya sate. Emh, tunggu dulu. Kalau sate asal Kecamatan Tambak dan Kecamatan Sumpiuh beda dari yang lain. Biasanya kan sate terbuat dari daging ayam atau kambing, nah sate dari dua kecamatan tersebut terbuat dari bebek.

Daging bebek diolah sedemikian rupa dengan aneka bumbu rahasia, duhela main rahasia-rahasiaan nih ceritanya. Hehe. Empuknya daging bebek yang manis pedas dicampur dengan nasi bakalan memanjakan lidah kamu deh gengs.

Bagi kalian yang sering atau pernah melewati jalur Selatan ketika mudik atau bepergian pasti akan melewati Tambak dan Sumpiuh. Sepanjang jalur tersebut berjejer warung-warung yang menyajikan sate bebek. Silahkan dipilih deh mau makan di warung yang mana.

Lihat juga: Telaga Warna Dieng Wonosobo, Kecantikan Alam yang Tuhan Berikan

4. Keripik Tempe

Wisata Kuliner Banyumas Keripik Tempe via cemilanmaeten3.blogspot.com

Namanya juga keripik tempe, pasti berbahan dasar tempe. Tapi bukan tempe lembaran kayak medoan yak. Kripik tempe terbuat dari tempe memanjang berbentuk tabung yang diiris tipis-tipis, dilumuri tepung, lalu digoreng deh. Makanan yang satu inih cocok banget buat ngemil di waktu santai. Kalian bisa membeli kripik tempe per kemasan atau kiloan. Tinggal pilih aja, enaknya si beli kiloan. Dapet banyak dan harganya lebih murah.

5. Nopia dan Mino

Wisata Kuliner Banyumas Nopia Mino via bukalapak.com

Nopia dan Mino merupakan makanan berupa kue bulat-bulat namun sedikit padat yang memiliki banyak varian rasa. Kalau yang rasa original itu isinya berbahan dasar gula merah. Kulitnya keras tapi isinya lembut dan meleleh deh di lidah. Bedanya nopia sama mino apa ya? Bedannya Cuma di ukuran aja gengs, Mino berukuran kecil sementara Nopia lebih besar.

6. Soto Sokaraja

Wisata Kuliner Banyumas Soto Sokaraja via http://resephariini.com

Soto juga sama kayak sate, banyak tersebar di mana-mana. Kan ada tuh soto betawi, soto lamongan, soto padang, dan soto-soto lainnya. Bedanya soto Sokaraja sama soto-soto yang lain yaitu soto yang satu ini menggunakan kacang goreng yang telah ditumbuk, potongan atau suwiran  daging ayam/sapi, tauge mentah, serta kaldu ayam atau kaldu sapi. Dingin-dingin makan soto Sokaraja, eumhh, pasti nikmatnya luar biasa.

Udah nih segitu aja wisata kuliner di Banyumas? Eits, sebenarnya masih ada lagi gengs. Tapi sengaja nggak dikasih tau, biar penasaran. Hehe. Langsung aja main ke Banyumas ya, biar icip-icip wisata kuliner khas Banyumas. Salam ngapak nggo sedulur kabeh.

Lihat juga: 6 Destinasi Wisata Alam di Solo yang Super Keren

Penulis: Anggita Aprilia Sari
Editor: Noval Irmawan

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search