Header Ads

6 Destinasi Wisata Alam di Solo yang Super Keren


6 Destinasi Wisata Alam di Solo yang Super Keren via nurannisaa7.wordpress.com

Wisata Alam Solo - Kalian hobi jalan-jalan? Atau hanya ingin sekedar melepas penat dengan cara berkunjung ke tempat wisata? 6 tempat wisata alam di Kota Solo yang super keren berikut ini wajib banget kalian kunjungi. Pemandangan alam yang asri dan alami dijamin bisa memanjakan mata kalian. Yuk simak.

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Solo via blog.reservasi.com

Grojogan Sewu berlokasi di kawasan wisata Tawangmangu yang sudah tidak diragukan lagi keindahan dan kesejukannya. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 37 km. Grojogan Sewu merupakan nama lain dari air terjun di Solo yang airnya mengalir deras bagai seribu air terjun. Tingginya mencapai 81 meter. Begitu sampai di lokasi, kalian akan disambut dengan hijaunya pepohonan, suara gemercik air terjun, dan tingkah menggemaskan para monyet jinak. 

Di sekitar grojokan sewu, menjulang tebing bebatuan yang semakin melengkapi liburan bernuansa alam kalian. Berkunjung ke tempat ini tanpa berfoto atau selfie di jembatan penyebrangan dengan background air terjun rasa-rasanya belum afdol deh. So, jangan lupa take picture yak.

2. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Solo via areasoloraya.blogspot.com

Selanjutnya ada air terjung Jumog yang nggak kalah menariknya dengan grujukan sewu. Untuk sampai di lokasi, kalian bisa mengambil jalur tawangmangu dengan jarak tempuh terdekat yaitu 40 km dari pusat kota Solo.

Terdapat banyak fasilitas di wisata alam yang satu ini, antara lain yaitu kolam renang dan area bermain anak. Jadi, kalian tidak perlu khawatir jika membawa anak-anak berwisata ke sini ya. Selain bisa menikmati kesejukan air terjun, kalian juga bisa mengajak anak bermain dengan aman.

Puas bermain di wahana, kalian juga bisa mengajak keluarga dan kerabat merasakan segarnya air di kolam renang dengan ukuran yang lumayan besar. Setelah berenang, biasanya perut keroncongan. Tenang, kalian nggak mungkin kelaparan kok karena di wisata ini tersedia rest area dan warung-warung yang menyediankan beraneka makanan.

3. Air Terjun Girimanik

Air Terjun Giri Manik Solo via azwisata.com

Masih ada satu lagi nih air terjun andalan kota Solo, yaitu air terjun Girimanik. Seperti air terjun pada umumnya, kawasan air terjun Girimanik juga didominasi oleh bebatuan dan tumbuhan hijau.

Menariknya, di kawasan ini terdapat tiga air terjun yaitu air terjun Manik Moyo, Condromoyom dan Tinjomoyo. Wah, keren ya? Kalian bisa menikmati 3 air terjun sekaligus. Air terjun Manik Moyo merupakan air terjun yang paling tinggi diantara yang lain, tingginya mencapai 70 meter. Dari kejauhan, air terjun ini nampak bertingkat. Pemandangan di kawasan air terjun Girimanik juga menjadi salah satu recommended spot bagi anda yang hobi hunting foto.

4. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Solo via dwiswastri98.blogspot.com

Kalian pecinta olahraga snorkling? Tempat wisata ini wajib banget kalian kunjungi. Pemandangan bawah airnya bikin nagih deh. Ikan warna warni dan beraneka tumbuhan air yang hidup didalamnya semakin mempercantik pemandangan bawah air yang dalamnya hanya 2.5 meter.

Nama Umbul Ponggok itu sendiri diambil dari nama desa Ponggok yang mulanya memiliki sebuah mata air yang terlihat seperti kolam.

Kondisi air yang jernih membuat kalian dapat berfoto-foto di bawah air dengan menggunakan kamera underwater yang dapat disewa di tempat ini. Tidak hanya kamera underwater, di sini juga disediakan peralatan snorkling, berupa dari kaki katak, masker, ataupun juga pelampung khusus bagi anda yang kurang mahir berenang.

5. Gua Gong

Gua Gong Solo via travel.tribunnews.com

Puas dimanjakan oleh wisata air terjun, sekarang waktunya berkunjung tempat wisata alam di sekitar Solo yang sedikit berbeda, yaitu goa Gong. Goa ini memiliki staktilit dan stakmilitnya yang sangat indah.

Di dalam gua terdapat 7 buah mata air yang jernih dan lampu beraneka. Efek cahaya yang mengenai dinding dan atapnya akan terlihat berkilau seperti emas yang akan menambah keindahan gua. Akses masuk ke Gua cukup mudah karena sudah dilengkapi dengan tangga permanen.

Penulis: Anggita Aprilia Sari
Editor: Noval Irmawan

Tidak ada komentar

*Budayakan untuk meninggalkan jejak komentar

Diberdayakan oleh Blogger.