Header Ads

9 Destinasi Wisata Malam Yogyakarta yang Keren Banget


9 Destinasi Wisata Malam Yogyakarta via thetravelingnomad.com

Destinasi Wisata Malam Yogyakarta - Selain menjadi ikon kota pendidikan di Indonesia. Yogyakarta juga sepertinya menjadi salah satu dari sekian banyak kota yang menyandang surga wisata di Indonesia. Tentu saja ini karena banyak sekali desnitasi wisata di kota sekaligus daerah istimewa ini. Termasuk destinasi wisata malamnya.

Jika anda kebetulan sedang berlibur di Jogja. Namun barangkali waktu liburnya cukup singkat dan hanya dapat menikmati waktu malamnya saja. Maka anda tidaklah perlu risau dan berkecil hati. Karena, selain siang yang begitu ramai, malam hari di Jogja pun tidak kalah seru dan keren.

Dalam hal ini PortalSoho merangkum 9 Destinasi Wisata Malam di Yogyakarta yang keren banget. Dan dijamin setelah nanti kamu meninggalkan kota ini. Perasaan kangen yang mendalam akan langsung menyerang. Ini dia daftarnya:

1. Jembatan Kali Code atau Gondolayu


Jembatan Kali Code - Gondolayu - Destinasi Wisata Malam Yogyakarta
Jembatan Kali Code - Gondolayu - Yogyakarta via panduanwisata.id

Jembatan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman ini menjadi daftar pertama untuk destinasi wisata malam Jogja. Sebutan Gondolayu (jembatan cantik dalam bahasa Jawa) atau merupakan satu jembatan yang berada di atas sungai (kali) Code ini para wisatawan dapat menikmati pemandangan yang cantik langsung dari lampu-lampu pemukiman warga.

Pemukiman padat yang berada di bibir sungai yang dari setiap rumahnya memancarkan cahaya lampu menjadi satu pemandangan tersendiri yang begitu mempesona. Dari sini anda juga dapat melihatnya sembari menikmati segelas kopi hangat ditemani beraneka gorengan dan makanan kecil lainnya.

Hidangan-hidangan tersebut banyak disediakan di warung-warung yang ada di Gondolayu, termasuk banyak juga angkringan khas Jogja.

2. Tugu Yogya yang Ikonik


Tugu Yogya - Destinasi Wisata Malam Yogyakarta
Tugu Yogya malam hari via dutawisata.id

Ikon Yogyakarta yang sangat fenomenal adalah Tugu Yogya ini. Tidak lengkap rasanya jika kamu ke Jogja namun belum sempat mengunjungi Tugu Yogya. Ini adalah satu destinasi wisata malam Yogyakarta yang rekomended banget. Selain karena ikoniknya, tugu ini juga menjadi salah satu spot nongkrong anak-anak muda.

Tengok saja di sepanjang trotoar di sekitar Tugu Yogya. Pasti kamu akan menemukan banyak orang yang menghabiskan waktu malam di sini. Kebanyakan dari mereka biasa berselfie ria atau banyak juga yang hanya sekadar duduk-duduk menikmati malam.

Baca juga: 9 Tips Liburan Akhir Pekan di Karimunjawa

3. Kopi Jos Khas Jogja


Kopi Jos - Destinasi Wisata Malam Yogyakarta
Kopi Jos legendaris via visitingjogja.com

Destinasi wisata malam Yogyakarta selanjutnya kita beranjak ke Jalan Wongsodirjan. Setibanya di jalan ini kita akan menjumpai sederet penjual kopi legendaris di Kota Yogyakarta, yakni kopi jos.

Sepanjang jalan ini setiap malam tak pernah sepi oleh wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Mereka biasanya datang kesini untuk menikmati Kopi Jos yang legendaris. Kopi Jos adalah salah satu kopi yang mungkin hanya kamu temukan di Jogja saja. Kopi ini tersaji segelas lengkap dengan arang panas di dalamnya. Rasanya? Coba aja sendiri. Pasti akan ketagihan.


4. Jalan Malioboro


Jalan Malioboro - Destinasi Wisata Malam Yogyakarta
Jalan Malioboro malam hari - via zunamilla.wordpress.com

Dari Kopi Jos kita bergeser sedikit ke Jalan Malioboro. Disini jika siang hari suasananya sangat ramai oleh pengunjung. Baik pengunjung yang ingin berbelanja berbagai sofenir, maupun pengunjung yang hanya ingin melihat-lihat saja.

Namun, tidak hanya siang hari. Jalan Malioboro malah hari pun tidak kalah ramainya. Jalan ini begitu syahdu untuk wisatawan. Di sepanjang jalan anda akan menemui banyak kursi taman yang bisa digunakan untuk duduk berduaan sembari menikmati malam. Selain itu juga banyak perubahan yang nampak jika kita bandingkan dengan siang harinya. Penasaran?

5. Titik Nol Kilometer Yogya


Titik Nol Kilometer Jogja - Destinasi Wisata Malam Yogyakarta
Titik Nol Kilometer Jogja via jogjaempatroda.blogspot.com

Selain tugu Jogja, ada juga ikon kota Jogja yang lain, yaitu titik nol kilometer Jogja. Di perempatan jalan ini banyak sekali wisatawan yang datang walaupun cuma sekadar kongkow di kawasan ini. Biasanya mereka memesan kopi dari pedagang asongan untuk dinikmati bersama malam yang syahdu, apalagi suasana Jogja biasanya begitu sejuk.

6. Komplek Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta malam hari - Destinasi Wisata Malam Yogyakarta
Keraton Yogyakarta malam hari via sukasukadee.com

Keraton sepertinya sudah menjadi hal yang khas Jogja. Jika pergi ke Yogyakarta rasanya belum lengkap jika belum menyambangi komplek keraton. Di malam hari anda dapat bermain-main disini.

Adapun jika ingin melakukan hal romantis anda dapat menyewa becak berlampu yang banyak disediakan oleh para penyewa disini. Anda dapat menyewanya untuk berkeliling di daerah wisata Tamansari di Jalan Tamanan.

7. Alun-alun Kidul atau Alkid


Alun-alun kidul Jogja - Destinasi Wisata Malam Yogyakarta
Alun-alun kidul Jogja via yogjo.com

Biasa disebut dengan Alkid, Alun-alun Kidul memang memiliki daya tarik tersendiri bagi traveler yang datang. Ada banyak hal yang bisa traveler lakukan di sini, di antaranya adalah menjajal mobil-mobilan hias, berjalan dengan penutup mata melewati dua beringinnya, terakhir adalah nongkrong di lesehan sekitar Alkid.

8. Plengkung Gading


Plengkung Gading via flickr.com

Bisa dibilang ikon ini adalah batas komplek Keraton Yogya yang tak jauh dari Alkid. Saat malam tiba lokasi yang amat identik Yogya ini tak luput dari kunjungan traveler. Anda hanya perlu membayar parkir Rp 2000 untuk bisa memotret sepuasnya di sini.

9. Jembatan Sayidan

Jembatan Syaidan - Destinasi Wisata Malam Yogyakarta
Jembatan Sayidan Jogja via robbydeka.wordpress.com

Inilah ikon Yogya terakhir yang bisa traveler kunjungi. Jembatan ini sungguh ikonik dan ada di dalam lagu salah satu band lho. Sudah tahu?

Itulah sembilan ikon Yogya yang bisa traveler kunjugi saat wisata semalam saja. Masih banyak lokasi lain yang patut dikunjungi namun berbeda wilayah dan lokasi yang agak jauh dari kota.

Penulis: Noval Irmawan
Editor: Noval Irmawan

Tidak ada komentar

*Budayakan untuk meninggalkan jejak komentar

Diberdayakan oleh Blogger.