Telaga Warna Dieng Wonosobo, Kecantikan Alam yang Tuhan Berikan

- 11:43 AM
Telaga Warna Dieng Wonosobo, Kecantikan Alam yang Tuhan Berikan via mytrip123.com

Telaga Warna Dieng, Wonosobo - Jika anda adalah salah satu traveler yang suka dengan danau atau telaga. Maka belum lengkap jika belum menikmati indahnya Telaga Warna di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Ini adalah salah satu destinasi wisata favorit yang di kawasan wisata Dieng.

Telaga Warna merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga Warna sendiri merupakan nama yang diberikan karena salah satu keindahan dan keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini. Warna air dari telaga tersebut diketahui sering berganti-ganti seiring waktu.

Adapun biasanya telaga ini memiliki warna antara lain hijau, kuning dan atau terkadang berwarna warni mirip seperti pelangi. Fenomena alam ini terjadi ditengarai karena airnya mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sehingga ketika ada sinar matahari yang masuk, maka warna air telaga menjadi berwarna warni.

Berada di sekitar kawasan dataran tinggi Dieng, Telaga Warna diketahui berada di ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Posisinya dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi, sehingga semakin menambah pesona keindahan alamnya. Keindahan Telaga Warna ini akan lebih bisa dinikmati jika wisatawan naik ke salah satu bukit yang berada di sekitar telaga.

Untuk menikmati kesempurnaan ciptaan Tuhan ini, disarankan kamu untuk datang di pagi hari sampai siang. Karena jika sudah memasuki sore hari, maka kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga warna.

Baca juga: Mengintip Keindahan Maladewa yang Menggoda

Selain karena keindahan alamnya, alasan lain yang tidak boleh kamu lewatkan untuk datang ke Telaga Warna ini adalah harmonisasi alamnya dengan udara yang sejuk dan bersih. Suasana Telaga Warna Dieng yang seperti ini akan begitu memikat wisatawan. Selain itu, wisatawan juga akan merasakan suasana mistis yang hening, apalagi disempurnakan oleh adanya kabut putih dan pepohonan yang sangat rindang.

Adapun tempat-tempat lain di sekitar Telaga Warna yang bisa sekalin kamu kunjungi adalah beberapa gua, seperti Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati. Di depan gua ini wisatawan akan menemukan arca wanita yang membawa kendi. Ada mitos yang mengatakan bahwa jika wisatawan membasuh badan dengan air dari kolam kecil yang ada di gua ini, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit jadi lebih cantik.

Selain gua Semar, ada juga Gua Sumur Eyang Kumalasari, serta Gua Jaran Resi Kendaliseto da ada pula Batu Tulis Eyang Purbo Waseso. Gua-gua yang berada di sekitar Telaga Warna sering dijadikan sebagai tempat meditasi oleh warga sekitar.

Beda wisatawan beda lagi warga sekitar. Jika wisatawan datang untuk menikmati keindah Telaga Warna. Maka warga sekitar memanfaatkan keberadaan Telaga Warna ini sebagai sumber irigasi untuk mengairi tanaman kentang yang menjadi komoditas utama di Dieng.

Jika sudah tidak sabar untuk mengunjungi Telaga Warna, Wisatawan dapat langsung berangkat dari pusat Kota Wonosobo. Kamu dapat menggunakan kendaraan umum dari terminal Kota Wonosobo, kemudian menempuh jarak sekitar 30 kilometer, atau sekitar 45 menit untuk sampai. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Kamu harus memastikan kendaraan dalam keadaan baik. Karena kamu akan melewati medan jalan yang cukup berliku dan menanjak. Selain itu, di sisi kanan dan kiri jalan seringkali berbatasan langsung dengan jurang yang cukup curam.

Baca juga: Rute Jalan Lengkap Menuju Dieng, Wonosobo

Penulis: Noval Irmawan
Editor: Noval Irmawan

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search