Ini Rute Jalan Menuju Dieng Culture Festival (DCF) 2017

- 1:31 AM
Ini Rute Jalan Menuju Dieng Culture Festival (DCF) 2017 via wisatadiengplateau.com

Jalan Menuju Dieng Culture Festival (DCF) 2017 - Kamu berkeinginan pergi ke Dieng Culture Festival (DCF) 2017? Jika iya maka kamu harus tahu dulu rute jalan yang bisa dilalui agar bisa sampai di sana. Seperti diketahui, ada dua alternatif rute perjalanan darat yang bisa dilalui dan menjadi pertimbangan wisatawan yang berencana datang ke agenda tersebut.

Dieng via Wonosobo


Pertama, bagi Anda yang datang dari arah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), perjalanan ke Dieng akan menempuh jarak sekitar 116 kilometer. Dimana rute terdekat yang bisa dilalui adalah melalui jalur Magelang.

Sementara itu, bagi wisatawan yang datang dari arah kota Semarang, jarak yang ditempuh ke Dieng sekitar 98 kilometer. Dimana rute terdekat yang dapat diambil melalui Ungaran-Ambarawa.

Baik wisatawan yang datang dari arah Semarang maupun arah Yogyakarta akan bertemu di Secang, Magelang. Setelah itu akan searah menuju Simpang Pasar Kretek, Wonosobo. Dan kemudian tinggal ambil arah menuju Kota Wonosobo sampai ke jalan lingkar Wonosobo. Sesampainya di sana kamu tinggal mengikuti petunjuk arah saja, ke utara hingga sampai ke Dieng.

Kondisi Medan ke Dieng via Wonosobo


Kondisi medan menuju Dieng jika melalui jalur Wonosobo, jalanannya cenderung menanjak dan agak sedikit berliku. Namun, jalur Wonosobo merupakan yang paling populer dilewati wisatawan. Karena aksesnya terbilang lebih mudah dan kondisi jalan cukup halus.

Baca juga: Tips Liburan Akhir Pekan di Karimunjawa

Dieng via Banjarnegara


Kemudian yang kedua, bagi Anda yang datang dari arah kota Purwokerto dapat menggunakan jalur lain via Banjarnegara. Jalur ini memang cenderung lebih ekstrem dibandingkan via Wonosobo. Namun untuk menghindari penumpukan arus kendaraan di rute Wonosobo-Dieng, diperlukan pembagian jalur oleh dan bagi wisatawan.

Jalur ini sendiri bisa ditempuh dari Alun-alun Banjarnegara menuju ke arah Utara. Atau masuk Jalan Sunan Gripit. Setelah itu, kamu mengikuti jalur utama Jalan Raya Petambakan hingga bertemu Simpang Banjarmangu. Dari sana ambil arah ke Karangkobar kemudian ikuti petunjuk jalan yang tersedia hingga sampai ke Kecamatan Batur, Dieng.

Transportasi Umum ke Dieng


Selain dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Kamu juga bisa menggunakan alternatif kendaraan umum. Dan bagi Anda yang menggunakan moda transportasi umum dapat berhenti di Terminal Wonosobo. Di Terminal ini banyak tersedia bus mikro yang siap mengantar anda ke Dieng setiap satu jam sekali. Ongkos yang harus dikeluarkan juga tidak banyak, hanya sekitar Rp 12.000 saja.

Namun perlu diingat, jika ingin menggunakan transportasi umum seperti bus mikro. Pastikan kamu datang tidak terlalu sore apalagi malam. Sebab trayek dari Terminal Wonosobo-Dieng sudah mulai sepi dari mulai pukul 17.00 WIB.

Penumpukan Kendaran ke Dieng


Menjelang Dieng Festival Culture (DCF) yang digelar setiap tahunnya ini. Biasanya akan terjadi penumpukkan kendaraan. Dan untuk mengantisipasi kemacetan panjang, pada tahun ini menjelang perayaan Dieng Festival Culture (DCF) 2017, Kasat Lantas Polres Wonosobo, AKP SS Udiyono akan menurunkan puluhan personel untuk berjaga di sejumlah titik rawan. Titik-titik tersebut dimulai dari Pasar Garung, Pasar Kejajar hingga Gardu Pandang dan Simpang Dieng.

Selain personelnya, Kasat Lantas Polres Wonosobo juga akan menyiagakan tim pengurai kemacetan yang akan dipimpin langsung oleh Kapolres. Kemduian ada juga penempatan mobil derek di sejumlah titik rawan mogok kendaraan.

“Penyebab kemacetan paling utama malah mobil mogok. Dan itu tidak memandang mobil baru atau lama, tapi soal keahlian berkendara sopir. Soalnya jalur ke Dieng memang susah, nanjak dan berkelok,” ungkap AKP SS Udiyono yang dikuti dari KompasTravel, Jumat (4/8/2017).

Penulis: Noval Irmawan
Editor: Noval Irmawan

Submit Public Comment Here
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search